Cek Fakta Kapan Ulang Tahun Google Yang Benar

3 min read

Kapan Ulang Tahun Google

Banyak orang yang bertanya-tanya sebenarnya kapan ulang tahun Google yang benar? Karena banyak referensi yang menyebutkan bahwa Google tidak konsisten dalam merayakan ulang tahunnya. Mesin pencari terbesar di dunia ini tahun 2020 sudah menginjak usia 22 tahun. Usia seperti ini sudah termasuk dalam kategori usia dewasa, bukan anak-anak lagi.

Sejarah Google

Dalam sejarah Google, mesin pencari buatan dari Sergey Brin dan Larry Page mahasiswa dari Stamford University ini bisa menjadi besar sampai seperti ini, bahkan Google telah beroperasi di seluruh dunia dengan mendukung lebih dari bahasa 10 yang berbeda.

Pada awalnya Google ini adalah proyek untuk siswa PhD dua mahasiswa, saat itu pada tahun 1999 keduanya pernah mencoba untuk menjual Google dengan harga $1 juta atau sekitar 15 miliar, tetapi saat itu tidak ada yang berminat bahkan harganya diturunkan sekalipun. Hingga sekarang ini Google menjelma menjadi raksasa dengan harga mencapai ribuan triliun dan nilainya meningkat seiring berjalannya waktu.

Menurut Wikipedia, Google didirikan pada tanggal 4 September 1998 bertepatan dengan Google secara resmi didirikan menjadi sebuat perusahaan. Namun pada tahun 2003 saat perayaan ulang tahun ke-5, Google merubah ulang tahunnya menjadi tanggal 8 September dari awalnya 7 September. Pada tahun 2004 Google kembali berulah dengan merubah tanggal ulang tahunnya menjadi 7 September.

Pada tahun 2005, Google kembali merubah hari ulang tahunnya menjadi tanggal 26 September dan akhirnya sejak tahun 2006, ulang tahun Google menjadi tanggal 27 September hingga sekarang ini. Jadi jika dijumlahkan ada empat ulang tahun Google dan semua bulannya sama.

Kapan Ulang Tahun Google?

Kapan Ulang Tahun Google
Kapan Ulang Tahun Google

Jadi, ulang tahun Google sebenarnya jatuh pada tanggal berapa? Nah dari pertanyaan tersebut bisa diambil jawaban bahwa ulang tahun Google sekarang ini diperingati pada tanggal 27 September, jadi sebentar lagi saat artikel ini ditulis Google akan melaksanakan ulang tahunnya yang ke-2 tahun.

Berikut urutan ulang tahun Google sejak pertama hingga sekarang ini:

  1.   7 September 1999
  2.   7 September 2000
  3.   7 September 2001
  4.   7 September 2002
  5.   8 September 2003
  6.   7 September 2004
  7.   26 September 2005
  8.   27 September 2006
  9.   27 September 2007
  10.   27 September 2008
  11.   27 September 2009
  12.   27 September 2010
  13.   27 September 2011
  14.   27 September 2012
  15.   27 September 2013
  16.   27 September 2014
  17.   27 September 2015
  18.   27 September 2016
  19.   27 September 2017
  20.   27 September 2018
  21.   27 September 2019
  22.   27 September 2020

 

Dalam perayaan ulang tahunnya, Google bisanya memajang kue ulang tahun menjadi Google Doodle. Tidak hanya saat ulang tahun Google saja, biasanya saat ada peringatan hari-hari penting Google menambahkan doodles pada logo mesin pencarinya.

10 Fakta Tersembunyi Google

Setelah Anda mengetahui tanggal 27 September menjadi hari ulang tahun Google, kami akan memberikan 13 fakta tersembunyi tentang Google yang belum banyak orang ketahui. Apa saja itu? silahkan simak pembahasannya dibawah ini:

  1.       Memiliki 4 ulang tahun berbeda
Google
Google

Google pernah memiliki tanggal ulang tahun yang berbeda-beda tetapi masih dalam bulan yang sama yaitu 7, 8, 26 dan 27 September. Akhirnya sudah beberapa tahun ini Google menetapkan bahwa tanggal ulang tahunnya tanggal 27 September.

  1.       Hasil proyek PhD

Larry Page dan Sergey Brin adalah mahasiswa PhD dari Stamford University yang sedang mengerjakan proyek Google sejak awal berdirinya hingga bisa sampai sebesar sekarang ini.

  1.       Arti nama Google

Tahukah Anda arti nama Google? Google adalah ejaan dari pelajaran matematika “googol” untuk menyebut 1 diikuti dengan 100 nol. Ada kisah yang menyebutkan bahwa Google lahir dari salah eja seorang teknisi atau mahasiswa, akhirnya nama Google dipakai hingga sekarang ini.

  1.       ‘Backrub’ atau pijat punggung

Sebelum diberi nama Google, sebenarnya kedua pendiri Google sudah memberikan nama “backrub”. Perlu diketahui bahwa backrub adalah alat pijat punggung. Nama ini diambil karena merujuk pada sistem pencarian dan pengurutan halaman berdasarkan link balik, ini bisa dianalogikan seperti alat pijat punggung.

  1.       Jokes Google

Ternyata Google memiliki jokes yang jarang diketahui orang, coba Anda tuliskan kata “askew” pada kolom pencarian dan lihat apa hasilnya.

  1.       Kambing pemotong rumput

Google mendukung kampanye Go Green, salah satu caranya dengan mengganti alat pemotong rumput dengan kambing. Di kantor Googleplex Mountain View, California, Anda akan bisa menyaksikan sekitaran 200 mesin potong rumput dari kambing.

  1.       Bisnis yang selalu berkembang
Google Drive File Sharing
Google Drive File Sharing

Google memiliki banyak sekali layanan dengan berbagai fungsi yang berbeda. Rata-rata dalam satu minggu Google bisa mengakuisisi satu perusahaan. Contoh layanan Google seperti Gmail, Youtube, Google Drive, Chrome dan masih banyak lainnya.

  1.       Doodle art

Google selalu menggunakan doodle art untuk setiap ada event penting pada logo Google.

  1.       Pernah tidak laku

Google pada awalnya pernah dijual dengan harga 1 juta dollar, tetapi saat itu tidak ada yang mau bahkan harga diturunkan pun tidak ada yang mau membelinya. Tetapi sekarang ini banyak orang yang berminat ingin membeli Google.

  1.   Semboyan
Sejarah Google Berdiri
Sejarah Google Berdiri

Google memiliki semboyan yang unik yaitu “Don’t be evil” atau “jangan jadi jahat”.

  1.   Pentingnya makanan

Pendiri Google sudah memberikan peraturan bahwa kantor Google tidak boleh berjarak dari makanan dan minuman lebih dari 60 meter. Jadi untuk karyawan Google sudah terjamin dalam hal konsumsi makanan selama bekerja.

  1.   Sahabat Google

Para karyawan yang bekerja di Google diperbolehkan membawa binatang anjing ke kantor. Syaratnya anjing sudah terlatih dengan pemiliknya dan tidak meninggalkan kotoran selama ikut ke kantor.

  1.   Penguasa dunia digital
Mengenal Pendiri Google
Mengenal Pendiri Google

Fakta Google yang terakhir adalah Google menjadi penguasa digital internet di dunia. Banyak aplikasi dan layanan semuanya menggunakan Google, jadi Google sekarang ini menguasai dunia digital.

Kesimpulan

Nah bagaimana apakah Anda sudah menemukan jawaban dari kapan ulang tahun Google? jawabnya setiap 27 September. Selain itu ada fakta-fakta menarik tentang Google yang menarik bisa Anda baca pada pembahasan diatas.

Bagi Anda yang membutuhkan layanan website untuk berbagai keperluan agar bisa tampil di halaman Google, kami memiliki rekomendasi pembelian domain hosting murah di Qwords. Qwords telah berpengalaman puluhan tahun untuk urusan domain hosting, tidak perlu lagi pesan sekarang juga dan dapatkan promo gratis domain untuk pembelian hosting.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *