Joint venture adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kerjasama antara dua atau lebih perusahaan dalam bidang bisnis. Perusahaan yang melakukan kerjasama biasanya perusahaan lokal dan luar negeri, yang tujuannya untuk membangun sebuah hubungan yang menguntungkan kedua pihak.

Joint venture pun telah memiliki dasar hukum yaitu pada UU No.25 Tahun 2007 yang menjelaskan bahwa joint venture adalah suatu bentuk aktivitas penanaman modal perusahaan asing yang tujuannya adalah agar perusahaan yang menanamkan modalnya kepada perusahaan induk mendapatkan keuntungan bersama.

Apa itu Join Venture?

Apa Itu Joint Venture Inilah Penjelasan Lengkap Join Venture (1)
Apa Itu Joint Venture Inilah Penjelasan Lengkap Join Venture (1)

Joint venture adalah sebuah kesepakatan yang dibentuk antara dua atau lebih perusahaan dalam mencapai suatu tujuan bersama. Kesepakatan tersebut pun tidak bersifat selamanya, artinya kesepakatan antara kedua pihak perusahaan yang ingin menggabungkan unit bisnisnya memiliki jangka waktu tertentu.

Baca juga: Menilik Peluang Bisnis Jual Beli Nama Domain Unik

Joint venture memiliki perbedaan dengan bentuk kerjasama lainnya, contohnya seperti bentuk kerjasama joint operation. Perbedaan joint venture dan joint operation adalah pada jangka waktu kerjasama. Joint venture memiliki jangka waktu kerjasama yang lebih singkat jika dibandingkan dengan joint operation. Perbedaan lainnya dapat dilihat dari jumlah pihak yang bekerjasama.

Joint venture dapat bekerjasama dengan dua atau lebih unit bisnis yang dapat digabungkan, sedangkan joint operation hanya dapat menggabungkan satu unit bisnis dengan pendirinya yang dapat berjumlah dua atau lebih. Sebelum melakukan joint venture, Anda perlu memperhatikan beberapa aspek penting di dalam penggunaannya.

Tujuan Khusus

Perusahaan yang melakukan joint venture perlu memberikan tujuan perusahaannya di dalam proses kesepakatan yang dilakukan sebelum perusahaan-perusahaan tersebut memulai kerjasama.

Kesepakatan

Semua perusahaan yang terlibat di dalam proses joint venture perlu membuat kesepakatan dalam bentuk tertulis yang berisi tentang hak dan kewajiban serta rasio pembagian keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan nantinya dari proses joint venture.

Durasi Tertentu

Jika kesepakatan yang telah dibuat di awal telah tercapai, pihak perusahaan yang bekerjasama memiliki hak untuk tidak memperpanjang kerjasama bisnis tersebut, kecuali jika pada kesepakatan awal pihak perusahaan dapat bekerjasama kembali walaupun tujuannya telah tercapai.

Pembagian Keuntungan

Pada proses joint venture,masing-masing pihak perusahaan yang telah setuju untuk membuat kesepakatan tentang pembagian hasil keuntungan. Jika tidak ada kesepakatan mengenai hal itu, maka keuntungan yang didapat akan dibagi rata kepada masing-masing pihak perusahaan.

Struktur Usaga

Pihak perusahaan yang bekerjasama melakukan pengumpulan uang secara bersama-sama yang kontrolnya pada salah satu aspek antara aktiva, operasi atau entitas bisnis.

Perusahaan-perusahaan yang harus melakukan joint venture di unit bisnisnya adalah seperti perusahaan pelabuhan, produksi, telekomunikasi, pelayanan, hingga media massa. Joint venture harus dilakukan oleh perusahaan asing untuk menanamkan modalnya di perusahaan dalam negeri karena bisnis adalah aspek yang penting bagi negara dan memberikan pengaruh yang besar terhadap banyak orang.

Beberapa perusahaan besar telah berhasil melakukan proses joint venture agreement ini, contohnya pada perusahaan ASUS dan Gigabyte. ASUS dan Gigabyte bekerjasama dalam membuat produk dalam bidang komputer, seperti motherboard, Graphics Card, dan beberapa produk lainnya.

Selain itu, perusahaan SHARP dan SONY bekerjasama dalam membuat produk panel dan modul LCD yang memiliki ukuran cukup besar jika dibandingkan dengan produk panel dan LCD perusahaan lainnya.

Kapan Waktu Joint Venture yang Tepat

Waktu yang tepat jika Anda ingin melakukan joint venture yaitu saat Anda ingin memperluas cakupan bisnis yang sedang Anda jalani dengan melakukan kerjasama terhadap pihak lain. Strateginya adalah dengan menerapkan sistem modal bersama dengan perusahaan asing yang tertarik dalam mendapatkan keuntungan di unit bisnis Anda.

Keuntungan Joint Venture

kesepakatan kerjasama
kesepakatan kerjasama

Terdapat beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika membentuk joint venture, berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Menggabungkan Sumber Daya

Sebuah unit bisnis perlu sumber daya yang banyak dalam menjalankan operasionalnya. Maka dari itu, proses joint venture dapat menggabungkan sumber daya yang dimiliki beberapa perusahaan menjadi satu untuk menghasilkan keberhasilan di dalam bisnisnya. Dengan menggabungkan sumber daya yang dimiliki, akan membuat unit bisnis menjadi lebih besar.

  • Menggabungkan Keahlian

Masing-masing perusahaan pasti memiliki keahliannya pada setiap bidang yang digelutinya. Dengan menerapkan proses joint venture, Anda akan menggabungkan keahlian yang dimiliki masing-masing perusahaan sehingga perusahaan nantinya akan memiliki banyak keahlian di dalam unit bisnisnya.

Sudah banyak perusahaan yang menerapkan joint venture mengalami keberhasilan terhadap produk hasil dari penggabungan beberapa keahlian perusahaan.

  • Menghemat Pengeluaran

Terdapatnya beberapa gabungan perusahaan tentunya akan menghemat pengeluaran untuk biaya operasional di masing-masing perusahaan. Biaya pengeluaran dari suatu perusahaan joint venture tidak dibebankan kepada satu perusahaan saja, tapi dibebankan kepada setiap perusahaan yang bekerja sama di dalam proses joint venture.

Baca juga: Membahas Tentang Konsep Pemasaran Dalam Bisnis

Pada dasarnya joint venture adalah suatu perusahaan yang terdiri dari gabungan beberapa perusahaan yang berbeda dari segi tujuan maupun bidang usaha. Hasil keuntungan yang didapatkan nantinya akan dibagi ke masing-masing perusahaan sesuai kesepakatan awal. Walaupun menggabungkan perusahaan menjadi satu, masing-masing perusahaan berhak mempertahankan identitas perusahaan mereka.

Nah, bagaimana menurut Anda? Semoga informasi di atas bisa membantu bagi Anda yang saat ini ingin mengembangkan usaha baik di bidang online maupun offline. Artikel ini juga merupakan bentuk komitmen dari Qwords.com cloud hosting Indonesia yang selama 14 tahun ini setia mendukung kemajuan bisnis online di Indnesia. Temukan produk-produk dan layanan menarik, mulai dari nama domain, sertifikat SSL, server, platform email marketing, hingga VPN (Virtual Private Server) dengan harg terjangkau hanya di Qwords.com.

Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *