Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Jenis Perusahaan di Indonesia dan Contohnya

3 min read

Jenis Perusahaan di Indonesia

Bicara masalah perusahaan, maka kita tidak akan lepas dengan urusan bisnis. Memang perusahaan sangat erat dengan kegiatan produksi, pemasaran, manajerial dan berbagai macam kegiatan lainnya. Agar Anda lebih memahami tentang seluk beluk perusahaan, berikut definisi perusahaan, jenis-jenisnya beserta dengan contoh perusahaannya.

Apa Itu Perusahaan

Jika mengacu pada penjelasan dari Wikipedia, perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi.

Dalam Undang-Undang No 13 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 6, pengertian perusahaan adalah setiap bentuk badan usaha yang berbadan hukum atau berbadan usaha, dimiliki oleh perorangan, persekutuan atau dimiliki badan hukum dari swasta maupun milik negara yang mempekerjakan pekerja/buruh dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lainnya.

Jenis Perusahaan di Indonesia
Jenis Perusahaan di Indonesia

Pengertian Perusahaan Menurut Para Ahli

  • Molengraff

Secara singkat, Molengraff mendefinisikan perusahaan sebagai keseluruhan kegiatan yang dilakukan dengan terus menerus untuk memperoleh penghasilan dengan cara memperjualbelikan, menyerahkan barang atau melakukan perjanjian perdagangan.

  • Komar Andasasmita

Komar Andasasmita menyimpulkan bahwa perusahaan adalah mereka yang secara teratur dan terbuka dalam bertindak dengan tujuan utama memperoleh keuntungan bagi mereka sendiri.

Jika disimpulkan kesemuanya diatas, pengertian perusahaan adalah segala bentuk kegiatan usaha yang memiliki badan hukum atau tidak dengan tujuan utama untuk memperoleh keuntungan bisnis. Di Indonesia saat ini, ada berbagai jenis perusahaan yang secara resmi terdaftar di pemerintah dan ada juga perusahaan yang tidak terdaftar di pemerintah.

Sekarang ini disaat era semua menggunakan teknologi digital, semua jenis perusahaan dituntut untuk bisa menggunakan media online salah satunya dengan website perusahaan. Kabar baiknya untuk bisa membuat website perusahaan tidak perlu membutuhkan modal yang banyak, tinggal Anda hubungi saja di Qwords.com dan temukan hosting bisnis murah untuk perusahaan Anda.

Jenis-Jenis Perusahaan

  1.       Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjalankan lini bisnisnya bergerak dalam bidang jasa, dimana keuntungan yang didapatkan setelah terjadi penjualan jasa. Untuk jenis perusahaan jasa yang tersedia juga banyak jenisnya, nah berikut Kami berikan contoh perusahaan jasa yang terkenal di Indonesia.

  • Perusahaan Jasa Transportasi
Perusahaan Jasa Transportasi
Perusahaan Jasa Transportasi

Jasa transportasi merupakan jasa yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Karena kebutuhan manusia akan berpindah tempat tentu membutuhkan layanan transportasi baik darat laut dan udara. Contoh penyedia transportasi seperti Bus Damri, Kapal Ferry, Pesawat Garuda Indonesia.

  • Perusahaan Jasa Kesehatan

Jasa kesehatan juga tidak kalah penting dengan transportasi. Kesehatan dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat baik itu pengobatan, fasilitas kesehatan dan obat-obatan. Untuk contoh perusahaan jasa kesehatan di Indonesia seperti : RS Pusat Pertamina, PT. Kimia Farma dan lain sebagainnya.

  • Perusahaan Jasa Pegadaian

Pegadaian merupakan jasa yang bergerak dalam bidang keuangan. Pegadaian memiliki layanan gadai untuk barang-barang berharga yang dimiliki oleh masyarakat. Contohnya PT. Pegadaian.

  • Perusahaan Jasa Konstruksi

Jasa perusahaan ini khusu dalam bidang konstruksi bangunan. Banyak sekali jasa konstruksi yang ada di Indonesia, termasuk perusahaan plat merah seperti Wijaya Karya, Hutama Karya, Adhi Karya dan masih banyak lainnya.

  • Perusahaan Jasa Pendidikan

Sector pendidikan juga tidak kalah menarik, banyak peluang yang bisa digali dari sektor ini. Contoh perusahaan yang bergerak dalam bidang pendidikan adalah lembaga bimbingan belajar, tempat pelatihan kerja dan lainnya.

  • Perusahaan Jasa Pembuatan Website
Bikin Website
Bikin Website

Nah yang terakhir adalah jasa pembuatan website. Jasa pembuatan website sekarang ini sedang banyak sekali dibutuhkan oleh para konsumen. Nah untuk itu bagi Anda yang memiliki skill pemrograman bisa membuka jasa ini, tetapi jangan lupa kalau butuh domain hosting langsung pesan di Qwords.com.

Baca juga : Tips Memilih Nama Perusahaan yang Unik

  1.       Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang menjalankan bisnis dengan menjual produk tanpa mengubah wujud asli produk tersebut. Biasanya produk didapatkan dari supplier atau langsung dari produsen. Semakin banyak produk yang terjual, maka semakin besar pula keuntungan yang akan didapatkan.

Tidak hanya menjual saja, perusahaan dagang perlu melakukan strategi marketing kepada konsumen agar tertarik dengan produk yang dijual.

  1.       Perusahaan Agraris

Menurut penjelasan, agraris adalah berhubungan dengan tanah pertanian, jadi pengertian perusahaan agararis adalah perusahaan yang berhubungan dengan pertanian. Apalagi di Indonesia saat ini memiliki julukan negara agraris dengan banyak lahan pertanian yang tersebar di berbagai wilayah.

Tidak hanya dalam bidang pertanian saja, perusahaan agraris meliputi beberapa bidang lain:

  • Pertanian
  • Perikanan
  • Peternakan
  • Perkebunan

Beberapa contoh perusahaan agraris di Indonesia seperti : perkebunan kopi, perkebunan karet, perkebunan tebu, tambak perikanan dan lain sebagainnya.

  1.       Perusahaan Industri Manufaktur
Perusahaan Manufaktur
Perusahaan Manufaktur

Perusahaan industri adalah perusahaan yang menjalankan bisnisnya dengan mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Di Indonesia banyak sekali ditemui perusahaan industri. Contoh perusahaan industri seperti perusahaan otomotif, perusahaan tekstil, perusahaan kerajinan dan masih banyak lagi.

  1.       Perusahaan Ekstraktif

Jenis perusahaan yang terakhir adalah ekstraktif. Perusahaan ekstraktif adalah perusahaan yang bergerak dalam ekstraksi atau mengambil benda yang ada di alam secara langsung untuk diolah.

Beberapa contoh bidang usaha ekstraksi di Indonesia seperti:

  • Usaha pertambangan (minyak bumi, besi, baja, timah, batu bara)
  • Penangkapan ikan di laut
  • Penebangan kayu
  • Tambak garam

Nah bagaimana sudah mengetahui jenis-jenis perusahaan dengan contohnya? Jika sudah semua contoh diatas bisa menjadi kiblat untuk Anda yang ingin membangun perusahaan dari awal.

Agar perusahaan Anda semakin dikenal dan mudah ditemukan oleh banyak orang, Anda bisa memanfaatkan website sebagai medianya. Website memungkinkan diakses selama 24 jam non stop dari berbagai wilayah di dunia. Jika tertarik langsung saja pesan hosting bisnis dari Qwords dengan nama domain perusahaan Anda. Pesan sekarang juga dan dapatkan promo-promo menarik selama bulan ini.

Terima kasih

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Review Qwords, Provider Hosting dengan Layanan…

Provider hosting yang memiliki layanan lengkap adalah Qwords, sudah lama membangun reputasi sebagai penyedia layanan hosting dengan keunggulan layanan yang lengkap dan berkualitas. Sebagai...
Eril Obeit Choiri
5 min read

6 Tips Menjadi Wirausaha Sukses dari…

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan fleksibel dan mudah. Salah satunya adalah menjalankan bisnis dari rumah. Mundur tiga hingga empat...
Jordy Prayoga
2 min read

Review Qwords, Hosting Cloud Cepat, Aman…

Qwords, mungkin ada dari beberapa pembaca blog ini yang belum mengenal secara detail tentang Qwords.  Qwords memiliki layanan utama penjualan domain hosting dengan berbagai...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *