Mengenal Jenis Iklan Serta Contohnya Secara Lengkap

2 min read

Jenis Jenis Iklan

Iklan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, jadi Anda perlu mengetahui tentang jenis jenis iklan tersebut. Iklan bisa dikategorikan menurut media, jenis produk, dan sebagainya. Tidak ada metodologi sederhana untuk membedakan berbagai jenis iklan. Keberadaan iklan sangatlah penting karena merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kwalitas dan kwantitas suatu perusahaan/organisasi.

Produk atau layanan terhebat di dunia tidak akan menghasilkan uang kecuali konsumen tahu bahwa produk itu memang ada.  Ketika berbicara tentang periklanan, Anda harus ingat bahwa ada banyak pendekatan yang berbeda. Periklanan menyediakan jalur komunikasi langsung ke pelanggan yang sudah ada dan calon pelanggan tentang produk atau layanan Anda.

Pengertian Iklan

Jenis Jenis Iklan
Jenis Jenis Iklan

Iklan adalah kegiatan promosi yang bertujuan untuk menjual atau menginformasikan produk atau layanan kepada target audiens. Ini adalah salah satu bentuk pemasaran tertua yang berupaya memengaruhi konsumen untuk membeli, menjual, atau melakukan sesuatu yang spesifik. Menggunakan pesan yang disesuaikan, iklan dapat berupa ceruk (target audiens kecil) atau umum (target audiens besar).

Periklanan jauh lebih tua daripada kebanyakan kegiatan pemasaran lainnya seperti pemasaran email dan pemasaran mesin pencari. Karena internet telah menjadi norma, periklanan telah dibagi menjadi dua bidang: periklanan tradisional dan periklanan digital. Iklan tidak hanya mengatasi fakta bahwa produk-produk ini ada.

Tetapi iklan juga membantu memberi perusahaan sebuah ‘brand’ reputasi tertentu dalam hal produk atau layanan yang mereka tawarkan. Tanpa menggunakan iklan berbayar, akan sangat sulit untuk mencapai tujuan tertentu, karena iklan itu layaknya menanamkan merek berkualitas tinggi secara halus ke dalam benak konsumen. Jadi, iklan berbeda dari jenis pemasaran lainnya karena dibayar.

Selain itu juga karena pembuat iklan memiliki kontrol total atas konten dan pesan. Iklan merupakan metode yang dijamin dapat menjangkau konsumen. Dengan iklan yang menarik dan pengeluaran yang cukup untuk menjangkau banyak pengguna, iklan dapat berdampak langsung pada bisnis. Efek ini dapat dilihat dalam peningkatan perdagangan atau peningkatan pengenalan brand.

Jenis Jenis Iklan

Berikut beberapa jenis iklan dan contohnya:

1. Berdasar isi

Opsi periklanan yang paling cocok untuk Anda akan tergantung pada kebutuhan Anda dan apa cara yang paling efektif untuk menjangkau sebanyak mungkin konsumen/target. Adapun jenis iklan berdasarkan isinya yakni:

Iklan pemberitahuan/pengumuman

Contoh jenis-jenis iklan pemberitahuan/pengumuman adalah:

  • Iklan seminar
  • Iklan berita duka cita
  • Iklan lelang
  • Iklan reuni akbar
  • Iklan lowongan pekerjaan

Iklan layanan masyarakat

Contoh jenis-jenis iklan layanan masyarakat adalah:

  • Iklan bahaya merokok
  • Iklan menghemat energi listrik
  • Iklan penyalahgunaan narkoba

Iklan penawaran/niaga

  • Iklan produk (Iklan pakaian, iklan handphone, iklan tas, iklan sepatu, dll.)
  • Iklan jasa (Iklan jasa kurir, iklan jasa penjahit, iklan jasa pijat, dll.)

Baca juga : Penempatan Iklan Google Adsense Terbaik 

2. Berdasar internet

Iklan yang berdasar/bersumber dari internet masuk dalam kategori jenis jenis iklan online. Berada di internet dapat menjadi cara yang hemat biaya untuk menarik pelanggan baru. Anda dapat menjangkau khalayak global dengan biaya rendah. Banyak pelanggan meneliti bisnis online sebelum memutuskan dari siapa membeli. Situs web yang dirancang dengan baik dapat menarik pelanggan untuk membeli produk Anda. Ada sejumlah cara untuk dapat mempromosikan bisnis Anda secara online melalui iklan berbayar atau untuk meningkatkan peringkat search engine Anda.

Cara lain untuk mengiklankan bisnis Anda secara online adalah mempromosikan produk atau layanan Anda di situs media sosial, blog dan search engine/mesin pencari dan situs web lain yang dikunjungi konsumen Anda.

3. Berdasar tujuan

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan
Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan

Berikut jenis iklan berdasarkan tujuannya:

Iklan komersial

Hal ini juga disebut sebagai iklan bisnis. Seperti namanya iklan tersebut semata-mata dimaksudkan untuk mempengaruhi peningkatan penjualan. Contoh iklan komersial adalah:

  • Iklan industri — ini hanya digunakan untuk menjual produk industri.
  • Iklan perdagangan — iklan yang berkaitan dengan perdagangan.
  • Iklan profesional — dilakukan oleh orang-orang profesional seperti dokter, akuntan, dll.
  • Iklan pertanian – digunakan untuk menjual produk pertanian seperti pupuk, insektisida, alat pertanian, dll

Iklan non-komersial

Ini biasanya diterbitkan oleh lembaga amal dan lebih disukai untuk meminta bantuan umum dan keuangan (misal pengumpulan sumbangan atau penjualan tiket).

  • Iklan perusahaan

Ini mengidentifikasi kekuatan klien dan menyoroti mereka dengan cara yang benar. Dengan memilih media yang tepat, itu membuat identitas perusahaan klien menjadi bersinar. Segala sesuatu yang dilakukan oleh agen iklan untuk klien mulai dari strategi hingga konsep kreatif dan sampai ke perencanaan media, memenuhi kebutuhan mendasar klien untuk dikenali oleh audiens targetnya sesuai pilihan perusahaan.

Periklanan telah berkembang menjadi bentuk komunikasi yang sangat kompleks dengan ribuan cara berbeda bagi bisnis untuk menyampaikan pesan kepada konsumen. Pengiklan saat ini memiliki beragam pilihan dan jenis jenis iklan yang tersedia untuk mereka.

Email Marketing
Email Marketing

Salah satu metode iklan yang terbukti ampuh sampai sekarang ini adalah layanan email marketing. Layanan ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan iklan/promosi kepada konsumen secara langsung melalui email, menurut data saat ini dari Statista ada sekitar 4.3 miliar pengguna email di dunia. Ini menjadi peluang untuk melakukan iklan/promosi dengan lebih tertarget, untuk itu Anda perlu membutuhkan tools Email Marketing Indonesia dari MailToGo. Cukup dengan biaya 66.000/bulan Anda sudah bisa menikmati layanan email marketing dari Qwords untuk bisnis Anda.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *