Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Catat Jadwal Imsakiyah & Buka Puasa Ramadan 1442 H

4 min read

Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 1442 H

Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling ditunggu bagi umat islam diseluruh dunia. Pada bulan ini umat islam berkewajiban untuk melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

Pada bulan Ramadan umat islam juga berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah sunah salah satunya dengan melaksanakan sholat tarawih berjamaah.

Menurut perkiraan tanggal, bulan puasa akan jatuh pada pertengahan bulan April 2021. Berarti tinggal menghitung hari lagi kita semua akan memasuki bulan yang paling ditunggu oleh umat Islam.

Tetapi untuk bulan puasa tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu terjadinya wabah pandemi virus Corona atau Covid 19, semoga pandemi ini bisa segera berakhir.

Data Corona Virus dari WHO
Data Corona Virus dari WHO

Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi sekarang ini sedunia juga terkena wabah Corona, semoga kita semua tetap diberikan kesehatan untuk melaksanakan puasa Ramadan 1442 H dan ibadah-ibadah lainnya.

Dalam menjalankan puasa Ramadan, ada satu waktu yang semua orang selalu ditunggu yaitu waktu berbuka puasa.

Bahkan banyak orang yang sudah rela menyiapkan makanan dan minuman untuk menyambut buka puasa dari setelah sholat ashar.

Ada juga yang selalu mengecek jadwal buka puasa Ramadan 2021 dengan menempel jadwalnya pada dinding rumah atau melihat jadwal buka puasa lewat smartphone masing-masing.

Tips Sehat Menjalankan Puasa

Tips sehat berpuasa
Tips sehat berpuasa

Agar puasa sukses selama 30 hari full, Kami memiliki rekomendasi tips sehat menjalankan puasa. Apa saja itu? berikut pembahasan tips menjalankan puasa.

1. Makan Secukupnya

Makanlah saat berbuka puasa dan sahur secukupnya, justru makan yang terlalu banyak akan mengganggu metabolisme tubuh.

Apalagi saat waktu berbuka puasa langsung makan dengan porsi banyak, maka bisa menyebabkan kantuk dan sholat tarawih tidak nyaman karena terlalu kenyang.

2. Perbanyak Air Putih

Untuk menghindari dehidrasi saat puasa, usahakan untuk selalu minum air putih yang cukup selama puasa Ramadan. Kebutuhan air dalam tubuh untuk orang dewasa sekitar 2-2,5 liter/hari.

Dikutip dari website Halodoc, ada rumus minum air putih saat puasa yang baik yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari dan 2 gelas saat sahur.

Tantangan orang puasa yang terbesar adalah menahan rasa haus, untuk itu kebutuhan cairan tubuh harus selalu terpenuhi.

3. Pola Makan yang Sehat

Makanan Sehat
Makanan Sehat

Pola makan yang sehat adalah yang memenuhi semua kebutuhan tubuh 4 sehat 5 sempurna mulai dari karbohidrat, protein dan lemak.

Hindari makanan yang banyak mengandung minyak dan rasa manis yang kurang baik untuk kesehatan. Perbanyak makan sayur dan buah selama bulan puasa.

4. Minum Vitamin

Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan, tubuh kita akan rentan terkena serangan penyakit karena kurangnya nutrisi dalam tubuh.

Untuk memperkuat kekebalan tubuh Anda bisa menambah dengan mengkonsumsi vitamin selain dari buah dan sayur.

5. Sempatkan Sahur

Tips sehat berpuasa yang terakhir adalah selalu menyempatkan untuk sahur. Walaupun masih terasa kenyang, Anda perlu bangun untuk melakukan sahur, paling tidak minum air putih.

Makanan yang Anda konsumsi saat sahur akan menjadi sumber energy untuk menjalani kegiatan sampai waktu berbuka puasa. Jika tidak ada energi yang dibakar maka tubuh biasanya terasa lemas.

Syarat Sah Puasa

Bulan Ramadan
Bulan Ramadan

Perlu sahabat Qwords ketahui bahwa syarat sahnya puasa selain menahan makan dan minum sebelum adzan magrib, ternyata masih ada lagi.

Bilamana syarat sah ini tidak dipenuhi, maka gugur kewajiban seseorang untuk menjalankan puasa. Berikut syarat sahnya menjalankan puasa:

1. Beragama Islam

Puasa adalah kewajiban untuk umat islam. Dalam rukun islam puasa menempati urutan ketiga setelah melaksanakan Syahadat dan Shohat. Jadi syarat sah puasa yang pertama adalah beragama islam.

2. Sudah Baligh

Syarat sah puasa yang kedua adalah sudah baligh. Artinya puasa ini diwajibkan baik untuk laki-laki dan perempuan yang sudah baligh.

Ukurannya untuk laki-laki adalah sudah mimpi basah dan perempuan sudah haid.

3. Tidak Gila

Untuk orang yang gila tidak berkewajiban melaksanakan puasa. Gila disini yang dimaksud adalah cacat mental yang menyebabkan orang tidak bisa berfikir secara normal.

4. Mampu

Syarat sah yang keempat adalah mampu menjalankannya.

Puasa ada kemurahan untuk orang yang sudah tua, sakit dan ibu menyusui tetapi kesemuanya berkewajiban untuk mengganti waktu lain hari.

Khusus untuk yang sudah tua bisa membayar fidyah untuk pengganti puasa Ramadan.

5. Melihat Hilal/Bulan

Awal Bulan Ramadan
Awal Bulan Ramadan

Nah syarat sah puasa yang terakhir adalah melihat hilal/bulan.

Untuk kita yang saat ini tinggal di Indonesia dalam penentuan awal bulan Ramadan biasanya dilaksanakan rukyat hilal oleh kementrian agama.

Selain itu Anda juga bisa download jadwal imsakiyah dan buka puasa Ramadan 1441 H sebagai acuan waktu dalam melaksanakan Ibadah puasa.

Ketentuan Waktu Buka Puasa

Secara umum jadwal berbuka puasa adalah ketika adzan maghrib sudah berkumandang.

Namun untuk tepatnya pukul berapa setiap hari pasti ada perbedaan, perlu diketahui pula jadwal buka puasa Jakarta dengan jadwal buka puasa Surabaya memiliki selisih waktu.

Meskipun selisihnya tidak banyak, namun waktu berbuka puasa antar kota di Indonesia pasti berbeda-beda.

Nah untuk Anda yang membutuhkan jadwal buka puasa Ramadan 2021, Kami sudah menyiapkan posternya akhir artikel ini, silahkan baca sampai habis terlebih dahulu.

Untuk sahabat Qwords yang peka terhadap peluang, waktu buka puasa bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan berjualan aneka takjil dan menu berbuka.

Karena masih dalam era pandemi, Anda perlu menyikapinya dengan mencoba berjualan lewat group-group WhatsApp, aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram bahkan lewat website.

Rekomendasi kami Anda bisa memilih website untuk tempat berjualan. Kelebihannya Anda bisa mengkustomisasi tampilan, detail produk, proses pemesanan dan pembayaran dalam satu tempat.

Untuk memulainya murah saja kok, Anda hanya perlu membeli hosting dan domain saja. Tenang saja di Qwords.com Anda bisa membeli hosting murah dan domain murah mulai dari puluhan ribu saja.

Baca juga : 10 Peluang Ide Bisnis Rumahan Hasil Menjanjikan

Ketentuan Waktu Imsakiyah

Imsakiyah adalah batasan waktu untuk berhenti melakukan makan dan minum waktu sahur.

Biasanya orang-orang banyak mengakhirkan waktu sahur, tujuannya agar tidak cepat lapar pada siang harinya. Agar Anda tidak kebablasan melewati waktu imsak, Anda perlu tahu kira-kira jam berapa waktu imsak.

Dalam Alquran, waktu imsak adalah ketika terbitnya fajar shodiq atau ketika sudah memasuki waktu sholat subuh.

Untuk budaya di beberapa wilayah, masjid-masjid akan memberikan pengumuman saat memasuki waktu imsak.

Baca juga : 15 Ide Bisnis Kuliner Paling Laris di Bulan Ramadan

Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadan 1442 H

Jadwal puasa tahun 2021 jika mengacu pada kalender masehi Insya allah jatuh pada hari Selasa tanggal 13 April 2021. Sedangkan untuk hari raya Idul Fitri 1442 H akan jatuh hari Rabu tanggal 12 Mei 2021.

Tetapi kita semua masih menunggu sidang isbat dari pemerintah terlebih dahulu untuk jadwal pastinya. Berikut Kami lampirkan untuk Jadwal Imsakiyah Jakarta 2021.

Anda bisa mendapatkan juga untuk jadwal imsakiyah kota lainnya seperti Bandung, Surabaya dan Yogyakarta, untuk lengkapnya silahkan buka website ramadan.id

Silahkan simpan gambarnya berikut ini:

Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Jakarta
Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Jakarta
Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Surabaya
Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Surabaya
Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Bandung
Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Bandung
Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Yogyakarta
Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Yogyakarta

Semoga jadwal imsakiyah dan Ramadan tahun 2021 ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Untuk Anda pada bulan Ramadan 2021 masih melaksanakan work from home, Kami memiliki rekomendasi untuk menggunakan layanan Diego VPN agar koneksi lebih aman untuk pengiriman data-data penting pekerjaan Anda.

Selain itu dengan VPN Anda bebas akses salah satunya layanan Netflix atau website yang diblokir lainnya. Jangan lupa share info tentang jadwal imsakiyah dan buka puasa 2021 kepada teman-teman Anda.

Terima kasih

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Review Qwords, Provider Hosting dengan Layanan…

Provider hosting yang memiliki layanan lengkap adalah Qwords, sudah lama membangun reputasi sebagai penyedia layanan hosting dengan keunggulan layanan yang lengkap dan berkualitas. Sebagai...
Eril Obeit Choiri
5 min read

6 Tips Menjadi Wirausaha Sukses dari…

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan fleksibel dan mudah. Salah satunya adalah menjalankan bisnis dari rumah. Mundur tiga hingga empat...
Jordy Prayoga
2 min read

Review Qwords, Hosting Cloud Cepat, Aman…

Qwords, mungkin ada dari beberapa pembaca blog ini yang belum mengenal secara detail tentang Qwords.  Qwords memiliki layanan utama penjualan domain hosting dengan berbagai...
Eril Obeit Choiri
2 min read

2 Replies to “Catat Jadwal Imsakiyah & Buka Puasa…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *