Anda memiliki keahlian di bidang IT? Jik iya, Anda tentunya akan tertarik untuk mencari informasi mengenai lowongan kerja IT Support maupun bagian lainnya terkait keahlian tersebut. Memiliki keahlian IT memang menguntungkan, selain bisa digunakan untuk mencari pekerjaan dengan gaji yang lumayan. Keahlian ini juga bisa digunakan untuk membantu diri sendiri, keluarga, maupun orang lain yang membutuhkan.

Salah satu pekerjaan di bidang IT ini adalah IT Support, yang meski tidak terdengar glamor karena pamornya tidak sesanter profesi manajer maupun direktur perusahaan namun tenaga IT ini sangat berperan penting dalam berjalannya sebuah perusahaan, terutama di era digital seperti sekarang.

Membantu Anda menimbang baik buruknya menjadi seorang tenaga IT, maka tidak ada salahnya untuk mengenal profesi ini secara mendalam. Berikut adalah penjelasannya.

 

Apa Itu IT Support?

Pengertian dan Job Desk Seorang IT Support
Pengertian dan Job Desk Seorang IT Support

Secara umum IT Support memiliki arti sebagai seorang teknisi di dalam sebuah organisasi maupun perusahaan yang bertanggung jawab pada apapun yang berhubungan dengan teknologi. Profesi ini memiliki tugas utama untuk melakukan instalasi, mengevaluasi, maupun meningkatkan kinerja dari tiga hal. Yakni perangkat komputer, software atau perangkat lunak, dan juga pengembangan sistem jaringan.

Pengemban profesi ini memiliki banyak tuntutan, yakni diharuskan memiliki multitalenta atau multi keahlian. Misalnya saja keahlian dalam memperbaiki perangkat komputer yang rusak, melakukan instalasi ke komputer yang digunakan bekerja oleh karyawan, setting email, setting mesin finger print, dan lain sebagainya.

Baca juga: Manfaat Email Colaboration Untuk Menunjang Aktivitas Bisnis

Banyaknya tuntutan keahlian membuat tugas IT Support cukup kompleks dan sangat beragam. Keahlian yang dimiliki pun dituntut untuk terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini. Perusahaan pun akan memiliki sistem yang kuat berkat dukungan teknisi IT yang multitalenta ini, sehingga tidak ragu untuk memberikan nominal gaji yang tinggi.

 

Job Desk IT Support

Berhubung tuntutan keahlian yang wajib dimiliki teknisi ini cukup beragam, maka saat membahas mengenai job desk pun akan menjumpai banyak poin. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Wajib memastikan komputer yang digunakan oleh karyawan atau user dapat berfungsi dengan normal.
  2. Memastikan komputer tidak hanya berfungsi namun juga terhubung dengan jaringan sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan berkomunikasi sebagaimana mestinya.
  3. Memastikan semua aplikasi yang digunakan oleh karyawan perusahaan berjalan dengan baik.
  4. Memastikan keamanan data yang tersimpan di dalam komputer karyawan perusahaan sehingga tidak mudah dicuri oleh pihak luar.
  5. Berusaha untuk memperbaiki segala bentuk kerusakan komputer karyawan dalam waktu sesingkat mungkin, agar bisa segera digunakan bekerja kembali.
  6. Melakukan update berkala untuk semua software yang terinstal di komputer seperti sistem operasi dan aplikasi apapun di dalamnya, agar berjalan dengan normal tanpa masalah.
  7. Melakukan setting untuk proses backup data perusahaan agar mudah untuk dicari ketika sewaktu-waktu diperlukan dan mencegah resiko data penting hilang.
  8. Berusaha untuk mengembalikan data yang hilang dari backup yang dilakukan pada saat sistem komputer maupun jaringan mengalami masalah.
  9. Memastikan semua pendukung sistem baik itu printer, scanner, maupun yang lainnya berfungsi dengan baik.
  10. Melakukan instalasi dan juga konfigurasi anti virus ke perangkat komputer maupun perangkat digital lain yang dimiliki perusahaan.
  11. Melakukan scanning secara berkala untuk memastikan komputer bersih dari virus.
  12. Membuat dokumentasi teknis bila memang diperlukan.
  13. Mengecek sekaligus melakukan perbaikan terhadap jaringan komputer yang mengalami masalah.
  14. Memasang UPS dengan baik agar berjalan sebagaimana mestinya.
  15. Mengatur settingan pada browser supaya berfungsi dengan baik dalam menunjang kinerja karyawan saat menjalankan tugasnya.
  16. Memahami dengan baik bagaimana sistem kerja switch user dan juga hub maupun router agar bisa melakukan setting dengan tepat.
  17. Seorang IT Support juga perlu memahami bagaimana membuat kabel network atau disebut juga dengan istilah kabel data.
  18. Memiliki kemampuan untuk membedakan mana kabel data yang masih berfungsi dengan baik dan mana yang rusak agar bisa segera diganti.
  19. Memahami dasar-dasar ilmu mengenai jaringan komputer dan bisa mempraktekannya langsung di lapangan.
  20. Mengerti sekaligus menguasai aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, Power Point, dan lain sebagainya.
  21. Memahami masalah email, mulai dari pembuatan akun sampai proses setting untuk berbagai keperluan perusahaan.

Selain daftar di atas, salah satu job desk yang juga tak kalah penting dari seorang IT Support kekinian adalah mampu mengelola dan mengatur server perusahaan. Agar pekerjaan Anda semakin mudah, solusinya Anda bisa memanfaatkan layanan Manage The Box dari Qwords.com sehingga tidak perlu menjaga kinerja server selama 24 jam.

 

Gaji IT Support

Melihat banyaknya tugas dan keahlian yang perlu dikuasai oleh seorang IT Support, maka akan muncul banyak pertanyaan. Mulai dari kisaran gaji IT Support tersebut sampai masalah latar belakang pendidikan yang disyaratkan perusahaan. Berbicara mengenai gaji, memang teknisi IT seperti ini mendapatkan nominal yang lumayan. Sekitar Rp 6 sampai Rp 7 jutaan, dan besarnya gaji tentu disesuaikan dengan kebijakan perusahaan yang bersangkutan.

Sedangkan untuk latar belakang pendidikan yang dibutuhkan, biasanya minimal lulusan D3 maupun S1 untuk jurusan di bidang IT. Hanya saja beberapa perusahaan kerap kali menerima teknisi IT ini dari lulusan SMK, sehingga kembali lagi kepada kebijakan perusahaan itu sendiri.

Baca juga: Email Cloud Collaboration Suite, Layanan Email Profesional Baru

Dari uraian di atas, meskipun dituntut untuk memiliki banyak keahlian dan bertanggung jawab terhadap banyak job desk. Namun bisa dikatakan sepadan dengan gaji yang didapatkan, dan biasanya pekerjaan harian seorang IT Support juga santai. Mengingat tidak melulu sistem atau komputer error, sehingga menarik untuk dipertimbangkan.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk bekerja sebagai seorang IT Support?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *