Cara Mudah Aktifkan Instagram Dark Mode di Android dan iOS

2 min read

Cara Mudah Aktifkan Instagram Dark Mode di Android dan iOS

Kabar baik bagi pengguna setia Instagram. Dark mode kini sudah hadir di aplikasi Instagram, dan bisa diaktifkan di perangkat iOS maupun android lho! Nah sesuai namanya, fitur yang juga akrab disapa dengan mode gelap ini hadir dengan tampilan latar belakang hitam dan teks berwarna putih. Dark mode sebelumnya juga telah diperkenalkan oleh Apple di perangkat iOS 13. 

Fitur ini tentu saja banyak ditunggu-tunggu oleh para pengguna Instagram. Karena selain bisa membantu Anda menghemat penggunaan baterai smartphone, dark mode juga akan membuat mata Anda lebih nyaman ketika scrolling Instagram dalam waktu yang lama. 

Tertarik untuk mencobanya? Yuk lanjutkan membaca untuk mengetahui cara-cara gampang untuk mengaktifkan fitur tersebut.Cara Mudah Aktifkan Instagram Dark Mode di Android dan iOS

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode Di Android

Bagi Anda pengguna Android, mengaktifkan fitur dark mode di perangkat Anda tidaklah sulit. Mari kita bahas!  

Melalui Pengaturan Ponsel

Berikut langkah-langkah mengubah tampilan Instagram Anda melalui menu pengaturan ponsel:

  1. Pastikan terlebih dahulu kalau ponsel Anda telah memenuhi syarat untuk upgrade ke mode ini, yakni mendukung sistem operasi Android 10. Namun ketentuan ini tidaklah mutlak. Pasalnya, Anda juga bisa mengaktifkan Instagram dark mode di ponsel Samsung yang dibekali dengan One UI, tanpa harus menggunakan Android 10.
  2. Jika ponsel Anda memang telah mendukung mode gelap, aktifkan fitur tersebut melalui menu Settings > Display. Aktifkan Instagram Dark Mode Melalui Menu Settings
  3. Kemudian, pilih Dark theme dengan menekan tombol toggle yang tersedia.Pilih Dark Theme
  4. Terakhir, buka aplikasi Instagram Anda yang telah diubah menjadi mode gelap secara otomatis   

Perlu diketahui, pengaturan mode malam di ponsel tidak hanya akan mengubah tampilan Instagram, namun juga tampilan perangkat Anda serta beberapa aplikasi lain.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencoba cara yang lebih singkat dan cepat—yakni dengan mengakses notification bar perangkat Anda, lalu tekan Dark theme. Akses Notification Bar  

Baca Juga: 12 Tools Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan    

Langsung dari Aplikasi Instagram 

Jika perangkat Anda tidak mendukung Android 10, Anda hanya bisa mengaktifkan dark mode melalui aplikasi Instagram. Mari simak caranya di bawah ini:

  1. Pastikan versi Instagram yang Anda gunakan telah mendukung mode gelap
  2. Ketuk ikon user yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi Instagram. 
  3. Kemudian, buka menu Settings/Pengaturan dengan cara menekan tombol hamburger di pojok kanan atas.Pengaturan Bawaan Aplikasi Instagram
  4. Klik Theme/Tema dan pilih Dark/Gelap

Ingat, cara ini hanya akan mengubah tampilan Instagram Anda, dan tidak mempengaruhi tampilan ponsel ataupun aplikasi lain.    

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode Di Iphone

Cara mengaktifkan fitur Instagram dark mode di iPhone juga tidak terlalu berbeda dengan perangkat android. Yuk kita bahas!

Instagram Dark Mode di iOS 13

Berikut langkah-langkah mengubah tampilan Instagram ke mode gelap di perangkat iOS 13:

  1. Pastikan Anda telah menggunakan aplikasi Instagram versi terbaru
  2. Buka Settings > Display & BrightnessAktifkan Instagram Dark Mode Melalui Menu Settings iOS
  3. Di bawah bagian Appearance, pilih DarkPilih Dark Mode
  4. Sekarang buka aplikasi Instagram Anda, yang secara otomatis sudah berubah menjadi mode gelap

Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih tampilan gelap melalui control center. Berikut caranya: 

  1. Buka control center. Caranya, swipe down dari pojok kanan atas layar Anda (bagi pengguna iPhone X ke atas) atau swipe up dari bagian bawah layar Anda (bagi pengguna iPhone SE generasi kedua, iPhone 8 ke bawah, dan iPod touch)
  2. Kemudian, pilih brightness indicatorControl Center di Perangkat iOS
  3. Ketuk Dark Mode  

Baca Juga: 12 Cara Promosi di Instagram Untuk Pemula

Instagram Dark Mode di iOS 12 ke Bawah

Sedangkan bagi pengguna perangkat iOS 12 ke bawah, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Akses Settings > General
  2. Klik Accessibility dan pilih Display Accommodations
  3. Kemudian, tekan Invert Colors
  4. Di bagian Invert Colors, Anda akan diberi dua pilihan, yaitu Smart Invert and Classic Invert. Pilih Smart Invert dengan menekan tombol toggle seperti dalam gambar di bawah ini. Pilih Smart Invers

Sama seperti pada Android 10, memilih dark mode melalui menu pengaturan iOS 13 maupun iOS 12 ke bawah juga akan mempengaruhi tampilan perangkat dan aplikasi lain, termasuk Facebook dan WhatsApp. 

Kesimpulan

Banyak kelebihan yang ditawarkan dari mode gelap. Selain bisa mengurangi kecerahan layar dan menghemat penggunaan daya perangkat ponsel Anda, dark mode juga akan membuat Anda mata lebih rileks. Itulah mengapa, Instagram juga mulai mengadaptasikan mode ini ke tampilannya.

Kabar baiknya, cara mengaktifkan Instagram dark mode di perangkat Android maupun iOS tidaklah sulit. Hanya dengan menyelesaikan beberapa langkah, Anda bisa dengan cepat mengubah tampilan Instagram Anda menjadi gelap. Selain itu, aplikasi Instagram juga telah dibekali dengan pengaturan bawaan untuk memudahkan Anda mengaktifkan mode gelap dalam waktu sekejap.

Tertarik untuk mempelajari tips dan tutorial lain terkait Instagram dan sosial media lainnya? Yuk kunjungi terus blog Qwords.com untuk mendapatkan materi-materi terbaru tentang dunia digital, bisnis online, web development, digital marketing, dan banyak topik populer lainnya.

Atau, Anda juga bisa berlangganan newsletter agar bisa mendapatkan update artikel terpopuler, serta mengetahui informasi promo terkini—mulai dari domain murah, unlimited hosting, VPS murah, dan banyak penawaran menarik lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan. 

Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *