Tips Mencari Inspirasi Bisnis

3 min read

Tips mencari inspirasi bisnis

Niat dan keinginan untuk memulai usaha kadang terhalang oleh berbagai kendala. Salah satu rintangan yang kerap menjadi ganjalan adalah minimnya inspirasi bisnis serta kurangnya dukungan modal. Di era digital seperti sekarang, penggunaan modal sendiri relatif bisa ditekan. Terlebih berkat adanya fasilitas pinjaman UMKM yang bisa memberikan banyak kemudahan.

Baca juga: Inilah Informasi Penting Tentang UMKM

Namun, bagaimana cara untuk mendapatkan inspirasi bisnis yang sesuai keinginan? Hal ini memang tidak mudah, mengingat skill dan pemahaman bisnis tiap orang berbeda-beda. Maka dari itu, inspirasi bisnis perlu dipancing menggunakan beberapa tips menarik berikut ini.

 

Tempat yang Cocok Untuk Mencari Inspirasi Bisnis

ide bisnis
ide bisnis

1.Di Rumah

Rumah merupakan tempat yang paling ideal untuk mencari inspirasi bisnis. Pasalnya, dari sini kita kerap kali menemukan ide-ide sederhana terkait permasalahan sehari-hari. Anda bisa mengamati aktivitas dan kejadian yang kerap terjadi di rumah, kemudian coba dilihat dari sudut pandang bisnis.

Misalnya, seperti bisnis jasa dekorasi ruangan, jasa tata letak perabot, hingga jasa bersih-bersih yang kerap dijadikan opsi bagi keluarga yang sibuk bekerja. Sangat sederhana bukan? Meski begitu, jangan anggap remeh peluang bisnis ini, karena tingkat kebutuhannya semakin hari kian besar.

2.Di Kantor

kantor
kantor

Bagi sebagian orang, aktivitas dan permasalahan yang terjadi di kantor justru bisa dikonversi menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Jika tidak memiliki ide, alternatif lain adalah dengan cara membuka diskusi antar sesama pekerja. Coba tanyakan apakah dia punya bisnis lain di luar jam kerja?

Nah, jika menurut Anda bisnis tersebut menjanjikan dan bisa dieksekusi, maka Anda bisa mengajak kolaborasi atau memanfaatkan jurus amati, tiru, dan modifikasi.

3.Lokasi Wisata

Jika dibandingkan dengan hari-hari biasa, momen ketika liburan juga kerap kali mendatangkan ide bisnis yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Waktu liburan memang menjadi waktu untuk bersenang-senang, akan tetapi tidak ada salahnya tetap membuka pikiran terhadap kemungkinan peluang yang bisa dimanfaatkan.

Inspirasi bisnis bisa muncul ketika Anda sedang makan di pinggir pantai, belanja pernak-pernik sebagai buah tangan, atau justru ketika sedang dalam perjalanan. Ketika ide datang, saat itu cobalah untuk memposisikan diri sebaik mungkin, pelajari dan catat hal-hal apa yang menarik untuk kemudian dianalisis kembali.

4.Di Pasar / Pusat Perbelanjaan

Inspirasi bisnis seperti apa yang bisa didapatkan ketika mengunjungi pusat perbelanjaan? Jawabannya, banyak! Tak bisa dipungkiri lagi, pasar adalah tempat paling mudah untuk mencari ide bisnis untuk saat ini.

Jika Anda merupakan seorang pecinta kuliner, maka akan terbayang betapa luasnya bahan-bahan masakan yang bisa dikombinasikan untuk menambah nilai jual.

Selain itu, Anda juga bisa mengamati, produk apa saja yang paling banyak diminati. Hal ini bisa dijadikan referensi akurat jika suatu saat nanti memutuskan untuk berjualan kebutuhan sehari-hari.

5.Di Lingkungan Tempat Tinggal

Sebagai makhluk sosial, lingkungan sekitar tempat tinggal tentu tidak bisa dipisahkan dari kehidupan seseorang. Saking pentingnya, terkadang baik buruknya perkembangan sifat seseorang bahkan bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

Maka dari itu, cobalah untuk melakukan observasi secara kecil-kecilan, untuk menemukan solusi terkait permasalahan yang paling banyak dialami oleh tetangga sekitar.

Contohnya, apabila tetangga kompleks Anda didominasi oleh pegawai kantoran yang tidak sempat mencuci pakaian sendiri, maka Anda bisa menawarkan jasa laundry.

 

Tips Mencari Inspirasi Bisnis

Tips mencari inspirasi bisnis
Tips mencari inspirasi bisnis

1.Banyak Mambaca

Ibarat kata, membaca sama saja dengan melihat jendela dunia. Membaca di era digital juga tidak harus pergi ke perpustakaan, karena kita bisa mengakses ebook atau publikasi online dari genggaman tangan.

Jika sahabat Qwords bingung dalam mencari inspirasi bisnis, maka sangat disarankan untuk menambah intensitas membaca. Anda bisa memulai dengan mengikuti akun bisnis di sosial media, atau dengan cara browsing untuk menemukan artikel bisnis yang relevan dengan kebutuhan Anda.

2.Mengikuti Seminar Bisnis

Datang ke acara seminar bisnis adalah cara paling elegan untuk memperluas pemikiran terkait bisnis. Melalui event semacam ini, Anda tidak hanya akan disuguhkan dengan banyak inspirasi, tapi juga potensi menemukan koneksi baru di lingkup yang sama.

Baca juga: Peluang Usaha Rumahan yang Tidak Lekang Oleh Waktu

Sahabat Qwords bisa menemukan acara seminar bisnis dengan mudah, terutama di era pandemi virus corona COVID-19 seperti sekarang ini, dimana hampir seluruh event dilakukan secara online.

3.Terapkan Jurus ATM

Apa itu jurus ATM? Jurus ATM adalah kependekan dari Amati, Tiru, dan Modifikasi. Seperti yang sudah disampaikan pada paragraf sebelumnya, cara ini bisa digunakan untuk memunculkan peluang bisnis baru, meski idenya tidak benar-benar original.

Kendati demikian, Anda harus tetap waspada dengan masalah utama jurus ATM yang sering terjadi, yakni bisnis tidak mampu bertahan lama karena minim inovasi.

4.Nonton Film

nonton film
nonton film

Tidak selamanya film identik dengan hiburan, karena melalui cerita di dalamnya kita juga bisa memetik banyak inspirasi dan pelajaran. Agar wawasan lebih luas, cobalah untuk menonton film luar negeri yang menceritakan kisah-kisah perjuangan dari nol.

Beberapa film inspiratif yang kami rekomendasikan adalah The Founder (2016), Jobs (2013), TOP Secret: The Billionaire, serta masih banyak judul-judul lainnya.

Selain mampu memotivasi, deretan film di atas juga bisa memberikan Anda inspirasi bisnis yang bisa dibangun dari awal hingga bisa menjadi besar. Terlepas dari itu, jangan lupa untuk menggunakan layanan Virtual Private Network dari Diego VPN agar koneksi internet Anda semakin stabil ketika melakukan streaming.

Bagaimana menurut Anda? Apakah artikel di atas sudah cukup membantu menemukan inspirasi bisnis? Dengan mempelajari poin-poin di atas, Anda tentu akan semakin mudah melihat potensi dari sebuah ide-ide sederhana. Namun perlu diingat, bagian paling penting dari sebuah bisnis bukan hanya soal ide, tapi juga soal keyakinan dan eksekusi.

Di era digital, eksekusi sebuah bisnis bisa dimulai dari proses brand awareness melalui website dan media sosial. Cobalah untuk memanfaatkan cara ini, dan jangan lupa untuk memanfaatkan layanan hosting bisnis dari Qwords.com yang bisa membuat website bisnis Anda semakin optimal.

Semoga bermanfaat.

Review Qwords, Provider Hosting dengan Layanan…

Provider hosting yang memiliki layanan lengkap adalah Qwords, sudah lama membangun reputasi sebagai penyedia layanan hosting dengan keunggulan layanan yang lengkap dan berkualitas. Sebagai...
Eril Obeit Choiri
5 min read

6 Tips Menjadi Wirausaha Sukses dari…

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan fleksibel dan mudah. Salah satunya adalah menjalankan bisnis dari rumah. Mundur tiga hingga empat...
Jordy Prayoga
2 min read

Review Qwords, Hosting Cloud Cepat, Aman…

Qwords, mungkin ada dari beberapa pembaca blog ini yang belum mengenal secara detail tentang Qwords.  Qwords memiliki layanan utama penjualan domain hosting dengan berbagai...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *