Menjadi Content Creator Youtube sepertinya menjadi peluang bisnis yang sedang banyak diminati akhir-akhir ini. Sehingga banyak nama-nama baru muncul menjadi influencer Youtube. Hal tersebut disebabkan semakin banyaknya orang mengakses Youtube, sehingga Youtube menjadi media komunikasi pemasaran yang potensial.

Penghasilan yang diperoleh seorang content creator Youtube bersumber pada 2 hal. Pertama melalui iklan yang tayang di video maupun di sela-sela video. Kedua berasal dari endorsement brand yang ingin diperkenalkan produknya melalui video. Mengingat semakin banyaknya orang yang mengakses Youtube, oleh karena itu peluang endorsement juga semakin besar.

Demi memaksimalkan 2 sumber penghasilan tersebut, sebagai content creator atau sering disebut Youtuber, harus terus meningkatkan jumlah subscriber, penonton, likes dan comment video. Oleh karena itu konten Youtube yang disiapkan haruslah menarik. Selain menarik konten yang dihadirkan hendaknya konten yang diminati dan banyak dicari oleh penonton.

Jenis – Jenis Konten

Ide Konten Youtube
Ide Konten Youtube

Konten Youtube sangat banyak jenisnya mengingat pengakses Youtube sangat beragam, baik laki-laki maupun perempuan dari usia anak-anak sampai manula. Dalam menyiapkan konten dan channel youtube-nya, youtuber harus menentukan target penonton mana yang akan dituju. Setelah itu akan lebih menentukan jenis konten apa yang akan dibuat.

Berikut adalah jenis-jenis konten Youtube yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk membangun channel Youtube anda :

1. Way & Style

Cara dan gaya merupakan jenis konten yang paling banyak dicari dan ditonton di Youtube. Mulai dari cara merawat kecantikan, cara memasak, cara membuat suatu benda, sampai tips dan trik lainnya.

2. Music

Music cover
Music cover

Channel musik biasanya digeluti oleh para musisi dan penyanyi dari berbagai belahan dunia untuk memperkenalkan musiknya. Selain itu, channel jenis ini biasanya menampilkan video cover lagu dari masyarakat awam yang meng-cover musisi dan penyanyi terkenal.

3. Education

Konten bersifat edukatif yang berisi tentang pengetahuan-pengetahuan akademis maupun umum.

4. Entertainment

Konten Youtuber jenis ini paling mudah untuk dibuat sehingga paling banyak yang menggelutinya. Selain itu konten jenis ini merupakan jenis konten yang banyak diminati oleh penonton. Pasalnya, orang-orang mengakses Youtube bertujuan untuk mencari hiburan. Konten entertainment tidak terbatas jenisnya, mulai dari vlog, video prank, dan lain sebagainya.

5. Comedy

Comedy
Comedy

Jenis konten komedi juga merupakan salah satu jenis konten yang banyak digeluti Youtuber karena peminatnya sangat besar.

6. Film & Animasi

Jika anda memiliki kemampuan membuat film pendek atau animasi, jenis konten ini sangat cocok untuk anda. Terlebih kompetitor jenis konten ini belum terlalu banyak.

7. Travelling & Events

Travel Vlog
Travel Vlog

Jenis konten ini biasanya menampilkan berbagai tips travelling seru, lengkap dengan review hotel atau objek wisata tertentu.

8. Gaming

Bagi para pecinta game, channel dengan jenis konten ini menjadi favourite-nya.

9. News

Menampilkan update berita-berita terbaru.

10. Pets & Animals

Konten Youtube yang menampilkan tentang hewan dan peliharaan. Konten bisa menampilkan tips dan trik cara merawat, sampai video edukatif terkait hewan dan peliharaan tersebut.

11. Science & Technology

Konten berisi informasi edukatif yang berhubung dengan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini.

12. Sports

Video Olahraga
Video Olahraga

Konten yang memuat berbagai macam kegiatan olahraga, mulai dari pertandingan profesional, sampai tutorial workout tertentu.

13. Autos & Vehicles

Konten yang memanjakan para penggemar bidang otomotif. Channel dengan konten jenis ini biasanya menampilkan berbagai update teknologi otomotif terbaru, review, cara merawat, permak, dan lain sebagainya.

Baca juga : Belajar SEO Youtube Untuk Pemula

Ide Konten Youtube Menarik

Dari berbagai macam pilihan jenis konten di atas, anda harus menentukan jenis konten yang mana yang akan anda buat. Channel Youtube anda tidak boleh menampilkan seluruh jenis konten tersebut. Lebih baik untuk fokus pada satu atau maksimal 3 jenis konten. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan orang untuk subscribe channel anda.

Berikut beberapa konten Youtube yang menarik dan diminati banyak penonton :

1. Daily & Travel Vlog

Jenis konten yang sangat mudah dibuat dan cukup banyak diminati. Tetapi jenis konten ini cocok dibuat oleh youtuber yang sudah memiliki nama besar atau terkenal sebelumnya.

2. Make Up & Beauty

Youtuber Makeup
Youtuber Makeup

Jenis konten ini juga cukup banyak dicari penonton. Jenis konten ini memuat, tutorial make up,rekomendasi produk dan review produk kecantikan.

3. Pranks

Jenis konten yang terbilang cukup baru dan memiliki banyak peminat. Jenis konten ini cocok untuk channel dengan jenis konten entertainment dimana konsepnya sang Youtuber menjahili orang-orang yang ada disekitarnya.

4. Review & Unboxing

Salah satu tujuan orang mengakses Youtube adalah mencari tahu review produk tertentu sebelum membelinya. Sehingga ia mengetahui kelebihan, kekurangan, serta pendapat orang lain terkait produk tersebut.

5. Gaming Channel

Youtuber Gaming
Youtuber Gaming

Pecinta game merupakan salah satu target yang potensial di Youtube, pasalnya banyak gamer yang mencari tahu teknik bermain game tertentu di Youtube. Khususnya game-game dengan jenis strategi. Selain itu review game terbaru juga bisa menjadi pilihan jenis channel dengan konten ini.

Itulah beberapa jenis konten Youtube yang bisa dipilih jika ingin menggeluti dunia Youtube dan memperoleh penghasilan darinya. Tantangan yang harus dihadapi cukup besar dimana para youtuber tersebut harus membangun channel, mengumpulkan subscriber, dan me-maintain channel tersebut agar semakin besar. Sehingga semakin banyak subscriber, semakin banyak penonton yang dijaring maka penghasilan akan semakin besar. Oleh karena itu lebih ideal jika sebuah channel Youtube memiliki tim yang solid dan kompeten.

Perlu ditekatui bahwa Qwords tidak hanya menyediakan informasi-informasi tentang peluang bisnis online saja, melainkan memilki layanan penjualan domain murah serta hosting murah untuk kebutuhan website Anda. Tunggu apalagi miliki websitemu sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *