Menekuni dunia bisnis memang bukan sesuatu yang bisa dikerjakan oleh semua orang, terlebih lagi untuk bisnis sampingan. Diperlukan pengorbanan waktu serta tenaga lebih banyak agar pekerjaan yang ditekuni bisa terus berkembang.

Apakah Anda pernah berpikir untuk memiliki usaha sampingan diluar aktivitas normal? Jika iya, beberapa ide bisnis sampingan di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu referensi sebelum memutuskan untuk terjun secara langsung.

 

7 Ide Bisnis Sampingan Tanpa Modal Untuk Generasi Milenial

 

7 Ide Bisnis Sampingan Tanpa Modal Untuk Generasi Milenial
7 Ide Bisnis Sampingan Tanpa Modal Untuk Generasi Milenial

1. Bisnis Kerajinan Tangan

 

Bisnis sampingan sebagai pelaku kerajinan tangan memang relatif sudah umum dipasaran. Hal ini bukan sebuah kebetulan, melainkan karena bisnis ini memang memiliki prospek cerah dimasa depan.

Usaha kerajinan tangan juga mampu menjadi bisnis sampingan karyawan, ibu rumah tangga, maupun mahasiswa yang membutuhkan tambahan uang jajan.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Bisnis UKM Wajib Go Online

Manfaatkanlah waktu luang yang Anda miliki untuk membuat karya kreatif, kemudian mencari keuntungan dari nominal penjualan yang dihasilkan.

Satu tips dari kami, gunakanlah semua platform pemasaran yang ada untuk menjangkau pengguna. Anda bisa memulai dari pembuatan akun sosial media khusus jualan, kemudian meng-upload produk ke marketplace, dan jika perlu Anda juga bisa membayar jasa untuk mengiklankan produk secara digital.

 

2. Jasa Penulis Lepas / Editor

Penulis lepas
Penulis lepas

Jaman dahulu, ketika bicara soal penulis lepas, bayangan semua orang pasti tidak akan jauh-jauh dari profesi wartawan atau penulis buku. Namun, seiring perkembangan teknologi yang terjadi sekarang jasa penulis lepas sudah menjelma menjadi bisnis sampingan yang bisa dikerjakan oleh semua orang.

Usaha sampingan ini juga sangat cocok bagi kaum milenial yang memiliki hobby rebahan. Pasalnya, pekerjaan sebagai jasa penulis lepas atau freelance content writer bisa dikejakan dirumah tanpa harus meninggalkan kamar.

 

3. Menawarkan Les Privat

Les privat
Les privat

Berbeda dengan membuka kelas belajar online, Les privat lebih condong ke arah bimbingan offline yang memerlukan tatap muka secara langsung.

Bisnis sampingan ini biasanya digeluti oleh orang-orang yang memiliki keahlian di bidang musik atau bahasa dimana proses belajar memerlukan praktek langsung.

Untuk modalnya sendiri Anda hanya perlu menyiapkan uang transportasi untuk menuju ke lokasi. Selain itu,ada juga opsi mengajar les privat dengan ketentuan peserta yang harus datang ke rumah atau tempat kita.

Tips: Manfaatkan koneksi dari keluarga, rekan, dan relasi jika Anda ingin menekuni bisnis ini. Selebihnya gunakan konten digital untuk membantu mempermudah penetrasi pasar.

 

4. Menjadi Dropshiper

Dropshiper
Dropshiper

Siapa sih yang tidak pernah belanja online? Saya yakin hampir sebagian besar pengguna smartphone sudah pernah melakukan aktivitas pembelian barang maupun jasa secara online di marketplace.

Seiring pertumbuhan user platform jual-beli digital Anda pun bisa memanfaatkan peluang ini dengan turut serta berjualan. Tak perlu memiliki produk sendiri, untuk mulai berjualan Anda bisa menekuni bisnis reseller atau dropshiper yang modalnya lebih kecil atau bahkan tanpa modal awal.

 

5. Membuat Kelas Belajar secara Online

Belajar online
Belajar online

Membuka kelas belajar secara online bisa menjadi opsi alternatif yang baik bagi para generasi milenial. Jadi, apabila saat ini Anda memiliki keahlian atau skill tertentu yang banyak dibutuhkan jangan ragu untuk membuka kelas online yang bisa diikuti oleh banyak orang dari seluruh penjuru dunia.

Sebagai contoh, Anda merupakan seorang digital marketer yang ahli dalam bidang pemasaran. Maka Anda bisa membagi ilmu tersebut kepada perseorangan atau perusahaan yang saat ini semakin gencar menggenjot ranah digital.

Bisnis sampingan ini tentu bakal memberikan Anda kebebasan karena bisa dikerjakan secara part-time diluar kesibukan primer.

 

6. Membuka Jasa Titip (Jastip)

Jasa titip
Jasa titip

Ide bisnis sampingan membuka jasa titip (jastip) pertama kali menarik perhatian saya ketika datang ke event bazar dan pameran buku di Yogyakarta. Usut punya usut, bisnis semacam ini ternyata sudah umum dijalankan di kota-kota besar untuk memfasilitasi para calon pembeli yang tidak bisa datang langsung ke lokasi acara.

Salah satu relasi yang sudah terbiasa menjalankan bisnis sampingan jasa titip buku mengaku bisa mendapatkan lama bersih hingga jutaan rupiah hanya dari beberapa jam kerja.

Sistem jastip sendiri sebenarnya sangat sederhana, yakni para penyedia jastip biasanya datang ke lokasi penjualan dan memfoto produk yang ada untuk ditawarkan ke calon pembeli. Sistemnya bisa melalui akun sosial media atau chat pribadi.

Nah, setelah pembeli melakukan pembayaran plus biaya jasa titip yang ada dikisaran Rp5000 – Rp20.000, maka penyedia jastip tinggal membelikan barang pesanan lalu dikirimkan ke alaman pembeli via kurir ekspedisi.

Sangat mudah bukan?

 

7. Menjadi Model /Talent

model
model

Bisnis sampingan berikutnya yang bisa Anda tekuni untuk mencari pundi-pundi uang adalah dengan cara menjadi model. Menekuni dunia model atau peran sebagai talent tidak harus memiliki wajah cantik atau tampan, asalkan Anda bisa memiliki kepercayaan diri ekstra dan bakat modeling yang terus diasah maka karir ini akan memberi Anda pengalaman bekerja yang luar biasa.

Di era digital seperti sekarang, langkah awal untuk bisa menjadi model juga semakin gampang. Anda bisa meminjam kamera digital atau hanya menggunakan kamera smartphone untuk membuat portofolio berupa video/foto.

Saat ini agency atapun production house juga sangat mudah ditemukan via pencarian online. Jadi, ANda bisa semakin fokus untuk memperbanyak portofolio agar bisa dilirik oleh mereka.

 

Jadikan Bisnis Lebih Mudah Ditemukan dengan Domain Premium

 

Itulah beberapa peluang bisnis sampingan tanpa modal yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi generasi milenial. Mempunyai usaha sampingan memang menyenangkan jika hal tersebut dilakukan sesuai passion dan keinginan.

Baca juga: Ingin Bisnis Semakin Mudah Ditemukan? Pakai Saja Domain Premium

Jangan lupa untuk memanfaatkan kanal online sebagai media pemasaran agar bisnis sampingan Anda lebih mudah menjangkau pelanggan. Sadar atau tidak kehadiran kanal online semakin hari kian diminati karena tidak memerlukan banyak biaya, mudah dalam proses optimasi, serta bisa ditracking seberapa besar minat pembeli.

Adapun jika Anda sudah memulai bisnis dan belum memiliki website sebagai media pemasaran. Anda bisa beli domain dan layanan web hosting dari Qwords.com yang saat ini menawarkan banyak promo dengan harga terjangkau.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *