5 Ide Bisnis Kreatif di Era Digital Untuk Generasi Milenial

2 min read

5 Ide Bisnis di Era Digital Untuk Generasi Milenial

Seiring dengan perkembangan jaman, bisnis di era digital juga mengalami perubahan yang cukup signifikan. Dampaknya, lini bisnis tradisional yang dulu sangat populer pun kini banyak yang mulai gulung tikar, digantikan oleh ide bisnis kreatif kekinian yang lebih unik dan menghasilkan profit lebih besar.

Maka dari itu, tak heran jika banyak anak muda jaman sekarang yang berlomba-lomba untuk merintis usaha. Mulai dari bisnis kuliner, pakaian, hingga sektor pertanian agar lebih mengangkat potensi perekonomian.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari ide bisnis sampingan untuk sekadar mencari pengalaman atau menambah uang jajan berikut sudah kami rangkum secara khusus 5 ide bisnis kreatif di era digital yang cocok untuk ditekuni oleh generasi milenial. Penasaran dengan ide bisnisnya? Yuk, langsung saja kita simak penjelasannya.

5 Ide Bisnis di Era Digital Untuk Generasi Milenial
5 Ide Bisnis di Era Digital Untuk Generasi Milenial

5 Ide Bisnis Kreatif di Era Digital Untuk Generasi Milenial

  • 1. Bisnis Jasa Pengelolaan Akun Sosial Media

Bisnis kekinian seperti jasa admin Sosial Media sangat cocok dijalankan oleh anak muda. Pasalnya, selain lebih paham dengan seluk beluk teknologi serta fitur-fitur didalamnya, anak muda jaman sekarang juga lebih responsif terhadap perubahan trend yang sedang berlangsung di dunia maya.

Alhasil, daripada sibuk membaca status dan berkomentar tidak jelas menggunakan akun pribadi alangkah lebih baik lagi jika tenaga tersebut disalurkan ke akun sosial media perusahaan yang membutuhkan sentuhan ide kreatif untuk menarik lebih banyak perhatian calon pelanggan.

Potensi pendapatan dari bisnis jasa pengelolaan akun sosial media juga tidak bisa dipandang sebelah mata, karena berpotensi memiliki banyak pelanggan akibat semakin banyaknya perusahaan yang mulai tertarik untuk mengelola brand awarness di dunia maya.

  • 2. Jasa Travel Planner

Generasi milenial identik dengan mobilitas serta kecenderungan dalam hal eksplorasi hal-hal baru. Maka dari itu, tidak heran jika belakangan ini aktivitas traveling menjadi sangat booming dikalangan anak muda. Jika Anda merupakan salah satu traveler yang sering berpergian ke tempat wisata, tidak ada salahnya kalau menjadikan pengalaman tersebut sebagai sumber penghasilan sampingan dengan cara membantu merencanakan perjalanan orang lain atau istilah kerennya sebagai Travel Planner.

Agar bisnis jasa travel planner Anda semakin berkembang, jangan lupa menggunakan sistem pemasaran digital melalui website dan sosial media. Biaya pembuatannya sendiri cukup terjangkau kok, untuk ukuran website pemula dengan hosting murah dan ekstensi domain .COM misalnya, biaya sewa hosting di Qwords.com hanya ada dikisaran Rp50 ribuan perbulan. Menarik bukan?

  • 3. Jasa Pembuat Konten

Bisnis jasa pembuat konten memang terkesan sepele jika dilihat oleh kacamata orang awam, tapi tahukah Anda jika lini bisnis ini ternyata mampu menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta dalam satu tahun? Pemain yang terjun ke bisnis ini pun belum begitu banyak dengan peluang usaha yang sangat beragam.

Baca juga: 10 Ide Peluang Bisnis Online Dengan Hasil Menjanjikan Saat Ini

Agar sukses di bisnis jasa pembuatan konten, Anda patut mengeksplore passion dan kapasitas diri, apakah cocok di bidang konten berbasis penulisan, konten video, desain gambar, atau bahkan konten musik yang bisa menjadi karya untuk masuk ke dunia hiburan.

Contoh paling sederhana dari jasa pembuat konten adalah keahlian untuk membuat caption foto menarik di Instagram. Dengan hanya bermodal smartphone dan koneksi internet untuk melakukan riset kata-kata menarik maka uang akan datang sendiri menghampiri Anda.

  • 4. Souvenir Pernikahan

Momen pernikahan tidak hanya menjadi hari bahagia bagi kedua keluarga mempelai pria dan wanita. Tapi juga membawa rejeki berlimpah untuk para pelaku bisnis pernak-pernik didalamnya. Celah ini tentu bisa Anda jadikan peluang bisnis menarik sebagai salah satu sumber penghasilan di era digital.

Apalagi sebagai generasi milenial Anda sudah dibekali kemampuan natural untuk memahami selera dan kemauan pasar yang rata-rata masih berusia seumuran. Terlepas dari itu, Anda juga bisa memanfaaatkan jaringan pertemanan untuk mempopulerkan bisnis souvernir pernikahan, siapa tahu mereka berminat dan ingin mendaoatkan diskon khusus untuk mengakomodir acara pernikahan teman atau saudara.

  • 5. Jualan Snack Anti-Mainstream

Menekuni bisnis kreatif di jaman sekarang itu kuncinya harus ekstra fleksibel dan peka terhadap trend yang sedang berkembang. Yang dimaksud dengan jualan snack anti-mainstrem disini sebenarnya lebih ke arah inovasi bahan baku yang digunakan serta kemasan unik yang menarik perhatian.

Baca Juga: Dongkrak Penjualan Usaha melalui Website

Misalnya, kamu memutuskan untuk membuka usaha jajanan keripik, kalau bisa jangan gunakan bahan umum seperti singkong, kentang, atau pisang. Cobalah menciptakan jajanan keripik dengan bahan baku durian atau terong agar lebih menarik rasa penasaran calon pelanggan.

Penutup

Itulah 5 Ide bisnis kreatif di era digital yang bisa dicoba oleh generasi milenial. Selain daftar di atas sebenarnya masih ada banyak ide bisnis kreatif lainnya yang cukup rekomended untuk dipraktekkan sebagai bisnis sampingan maupun sumber pengalaman sebelum memasuki dunia kerja.

Beberapa di antaranya seperti menjual produk kerajinan dari barang-barang daur ulang, bisnis jasa desain interior ruangan bagi yang suka keteraturan dan keindahan, jasa menjualkan cincin orang yang gagal menikah, hingga membuka clothing line dengan desain unik.

Adapun jika sewaktu-waktu bisnis tersebut stuck dan tidak berkembang Anda masih bisa mengambil jalan lain sebagai karyawan dengan modal portofolio dari usaha yang pernah dijalankan. Jadi, bagaimana menurut Anda? Apakah sudah menemukan ide bisnis menarik untuk dicoba?

2 Replies to “5 Ide Bisnis Kreatif di Era…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *