Estimasi Harga Pembuatan Website di Tahun 2021

3 min read

Estimasi Harga Pembuatan Website di Tahun 2020

Biaya pembuatan website menjadi topik menarik yang kerap menghiasi ranah digital. Pasalnya, ada banyak faktor dan komponen yang bisa membedakan proses perhitungan. Mulai dari kelengkapan fitur, spesifikasi hosting, hingga tingkat kesulitan pengerjaan. Ketiganya merupakan aspek penting dalam menentukan harga pembuatan website.

Meski proses pembuatan website bisa dikerjakan sendiri, namun jangan kira hal tersebut sepenuhnya tanpa mengeluarkan uang. Sebuah website walaupun gratisan sejatinya tetap membutuhkan domain dan hosting sebagai tempat menyimpan data.

Selain beli hosting dan domain, Anda juga akan butuh skill coding, koneksi internet, serta perangkat komputer untuk melakukan proses instalasi. Berapa biaya yang harus dikeluarkan? Tentu sangat variatif, tergantung masing-masing orang.

Jadi, bagi Anda yang saat ini berencana untuk membuat website sebagai media pendukung usaha, sangat disarankan untuk membaca artikel berikut ini agar Anda bisa menentukan estimasi harga pembuatan website yang sebenarnya. 

 

Estimasi Harga Pembuatan Website

harga pembuatan website

1.Biaya Beli Domain (Rp 20 ribu – Rp300 ribu pertahun)

Seperti kita ketahui, domain merupakan salah satu komponen penting dalam pembuatan website. Nama domain dibutuhkan untuk memudahkan pengunjung mengakses website kita tanpa perlu pusing menuliskan IP Address.

Biaya beli domain di tahun 2020 berkisar antara Rp15 ribu – Rp300 ribu untuk masa aktif 1 tahun, tergantung dengan ekstensi domain yang dipilih. Tips dari kami, pilihlah nama domain populer seperti .com .net. .id atau .co.id agar website lebih SEO Friendly serta lebih kredibel di mata pengunjung.

Pada umumnya, ekstensi domain .com relatif lebih sering dijadikan tujuan utama karena harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp 100 ribu – Rp 165 ribu per tahun.

Domain .com juga lebih fleksibel untuk digunakan berbagai jenis website, mulai dari website berita, website toko online, hingga blog pribadi yang isinya menceritakan kisah sehari-hari.

 

2.Biaya Sewa Hosting (Rp 20 ribu – Rp150 ribu perbulan)

Selain dari segi fitur dan desain, spesifikasi web hosting menjadi pembeda paling besar dalam menentukan biaya pembuatan website. Harga pembuatan website bisa meningkat berkali-kali lipat ketika sang pemilik menginginkan web hosting dengan performa maksimal.

Di Qwords.com, kami menyediakan cukup banyak paket hosting yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ada paket hosting untuk pemula dengan biaya mulai dari Rp 20 ribuan perbulan, paket hosting kelas menengah, hosting bisnis, hingga dedicated server untuk mengakomodir kebutuhan website dengan traffic besar.

Pertanyaannya adalah seberapa besar budget dan kebutuhan website Anda? Karena tiap orang tidak bisa disamaratakan, jadi Anda perlu menghitung sendiri kebutuhan terkait hosting.

 

3.Biaya Sertifikat SSL (Rp 0 – Rp300 ribu pertahun)

Sertifikat SSL merupakan komponen yang mampu memberikan proteksi keamanan data pribadi dari kepada setiap pengunjung yang masuk ke website Anda. Sertifikat SSL sebenarnya bisa didapatkan secara gratis melalui layanan Let’s Encrypt. Akan tetapi, untuk meningkatkan jaminan keamanan serta dukungan teknologi, lebih direkomendasikan untuk menggunakan sertifikat SSL berbayar.

Harga sertifikat SSL sendiri saat ini berkisar antara Rp 100 ribu sampai Rp 4 juta per tahun. Perbedaan harga sertifikat SSL terdapat pada jumlah domain yang bisa diinstal, garansi, serta teknologi yang digunakan.

Untuk ukuran website pribadi dan company profile, sertifikat SSL dengan harga murah seperti Sectigo atau Alphassl rasanya sudah cukup, dengan catatan Anda tidak memerlukan fitur Green Bar yang bisa menampilkan nama perusahaan.

 

4.Plugin (Rp 0 – Rp 1 juta)

Bagi sahabat Qwords yang belum terlalu mengenal dunia web builder, plugin merupakan tools add-on seperti halnya template, yang bisa dilepas pasang sesuai kebutuhan. Dalam pembuatan website, tidak jarang diperlukan plugin pihak ketiga guna memperkaya fitur.

Anda tidak perlu menginstall semua plugin, cukup memasang plugin tambahan yang dirasa esensial. Contohnya seperti plugin SEO, plugin cache, plugin keamanan, serta plugin statistik untuk memantau lalu lintas kunjungan.

Mayoritas plugin WordPress tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Pilihan ini diberikan kepada pengguna yang ingin mendapatkan fitur lebih optimal dibandingkan versi standar.

Masih bingung menentukan plugin terbaik untuk website berbasis WordPress? Anda bisa membaca ulasan berikut ini: Plugin WordPress Terbaik Wajib Kamu Install.

 

5.Template (Rp 0 – Rp 2 juta)

Template berhubungan langsung dengan tampilan website. Jika Anda merupakan seorang blogger atau web developer, maka Anda bisa merancang sendiri template website sesuai keinginan tanpa harus mengeluarkan uang.

Akan tetapi, jika Anda merupakan seorang pemula yang tidak mengerti bahasa coding, maka sangat disarankan untuk menggunakan template gratisan atau yang versi berbayar.

Penggunaan template bisa menghemat banyak waktu dalam proses pembuatan website. Jika Anda bingung memilih dan menentukan template website, Anda bisa membaca referensi dari artikel berikut ini:  Template Blog Keren SEO Friendly dan Multifungsi.

 

Harga Pembuatan Website

"<yoastmark

Estimasi Harga Pembuatan Website E-Commerce

Website e-commerce atau toko online saat ini menjadi jenis website populer yang banyak dibutuhkan. Dilihat dari segi fitur dan fungsi, harga pembuatan website toko online cenderung lebih mahal dibandingkan jenis website company profile atau website pribadi.

Hal ini disebabkan karena didalam website e-commerce terdapat sistem yang lebih kompleks. Sebuah website e-commerce dituntut agar bisa memudahkan user ketika memilih produk hingga checkout. Selain itu, ada juga fitur-fitur khas seperti tombol Live Chat, member area, hingga payment gateway.

Secara umum, harga pembuatan website E-Commerce di tahun 2021 berkisar antara Rp 10 juta – ratusan juta. Biaya tersebut merupakan prediksi kasar untuk menyewa programmer, domain, serta web hosting yang akan membutuhkan spesifikasi besar.

 

Harga Pembuatan Website Pribadi

Biaya pembuatan website pribadi rata-rata berkisar mulai dari Rp 500 ribu – Rp 3 jutaan. Harga tersebut berdasarkan rangkuman data dari beberapa perusahaan jasa pembuatan website yang ada di Indonesia.

Dengan harga diatas, Anda sudah mendapatkan sebuah website lengkap dengan nama domain .com dan hosting selama satu tahun. Adapun terkait spesifikasi hosting yang diberikan sangat bergantung pada harga dan pihak pengembang.

Harga Pembuatan Website Company Profile

Cara paling mudah untuk mempopulerkan brand secara digital adalah dengan membuat website company profile. Selain bakal membuat nama perusahaan Anda mudah ditemukan, website company profile juga bisa menambah citra profesional di mata calon pelanggan.

Tertarik untuk membuat website company profile? Anda bisa melihat spesifikasi serta fitur yang ditawarkan dari tim Bikin.Website melalui halaman ini.

Dapatkan paket website corporate mulai dari Rp 4,5 juta per tahun, sudah termasuk hosting HPCH, nama domain .com serta sertifikat SSL. Pokoknya tinggal terima beres, kami yang akan mengerjakan.

 

Penutup

Itulah pembahasan terkait estimasi biaya pembuatan website yang bisa dijadikan sebagai gambaran. Kami berharap semoga artikel di atas bisa membantu sahabat Qwords yang masih ragu dan bingung untuk membuat website.

Jika ada pertanyaan silahkan untuk meninggalkan jejak di kolom komentar. Jangan lupa untuk klik bagikan serta subscribe newsletter email untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik seputar web hosting, nama domain, dan sertifikat SSL dari Qwords.com

Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *