Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Halaman yang Perlu Terindex dan Tidak di Google

3 min read

Indeks halaman website merupakan proses penting dalam optimasi website di mesin pencari seperti Google, tujuannya agar halaman kita tersedia di internet dan dapat diakses oleh siapa saja.

Kenyataannya, saat ini indexing website tidaklah mudah, perlu menunggu waktu.

Untuk itu, sahabat Qwords perlu memfilter halaman-halaman mana saja yang perlu di index oleh Google, tujuannya agar memprioritaskan halaman-halaman penting.

Mari kita mulai pembahasannya!

Pengertian Index Google

Google Index adalah database yang dimiliki dan dikelola oleh Google dari seluruh website di dunia. 

Google Index bisa disebut juga Google Search Index ini berisi salinan dari jutaan halaman website yang telah diindeks oleh bot perayapan Google.

Proses indeksasi Google melibatkan pengiriman bot perayapan bernama crawler menelusuri halaman website di internet. 

Bot perayapan Google akan mengumpulkan informasi tentang konten halaman, struktur website, tautan internal dan eksternal, serta faktor-faktor lain yang dianggap penting oleh Google. 

Informasi ini kemudian disimpan dalam database Google Index.

Google Index berfungsi sebagai basis data yang digunakan oleh mesin pencari Google untuk menampilkan hasil pencarian kepada pengguna berdasarkan kueri yang dicari. 

Ketika seseorang melakukan pencarian di Google seperti “Qwords”, mesin pencari akan mencocokkan kata kunci dengan konten yang paling cocok dari database Google Index. 

Halaman yang dianggap paling relevan dengan pencarian tersebut akan muncul dalam hasil pencarian teratas di SERP.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua halaman website diindeks oleh Google. 

Selain setingan dari pemilik website, Google tidak akan mengindeks halaman-halaman yang tidak berkualitas serta manfaat untuk Google.

Penting bagi pemilik website untuk memastikan bahwa website dapat diindeks dengan mudah oleh Google. 

Lalu halaman apa saja yang perlu diideks dan tidak diideks oleh Google?

Halaman yang Perlu Index

Halaman yang perlu diindeks oleh mesin pencari seperti Google adalah halaman-halaman  penting yang ingin Anda tampilkan dalam hasil pencarian. 

Indeks memungkinkan mesin pencari untuk menemukan, memahami, dan mengindeks konten halaman website, sehingga halaman tersebut dapat muncul dalam hasil pencarian saat pengguna melakukan pencarian.

Berikut beberapa halaman yang perlu Anda indeks:

Halaman yang penting untuk dapat diindeks oleh mesin pencari seperti Google merupakan halaman-halaman yang ingin Anda tampilkan dalam hasil pencarian Google. 

Berikut beberapa halaman yang perlu diindeks:

1. Halaman Beranda

Halaman beranda menjadi pintu gerbang utama ke website. 

Halaman beranda adalah halaman pertama yang biasanya dilihat oleh pengunjung dan merupakan representasi keseluruhan website. 

2. Halaman Produk dan Layanan

Jika Anda menjual produk dan memiliki layanan, halaman-halaman untuk setiap produk dan layanan perlu ditampilkan. 

Sehingga memungkinkan calon pelanggan menemukan dan mengetahui lebih lanjut tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan melalui hasil pencarian.

3. Halaman Konten

Halaman-halaman yang berisi konten informatif, seperti artikel, blog, tutorial, dan produk yang ingin Anda promosikan, perlu ditampilkan di mesin pencari.

Sehingga memungkinkan pengguna menemukan konten melalui pencarian Google sehingga meningkatkan visibilitas website.

4. Halaman Kategori

Jika Anda memiliki website web e-commerce dengan kategori produk atau halaman kategori pada website news, penting untuk mengindeks halaman-halaman ini. 

Dengan kategori memungkinkan pengguna untuk menemukan berbagai produk dan topik bahasan melalui hasil pencarian.

5. Halaman Kontak dan Informasi Bisnis

Halaman yang berisi informasi kontak dan detail bisnis seperti seperti alamat, nomor telepon, dan jam operasional perlu diindeks. Sehingga memungkinkan pengguna menemukan informasi penting tentang bisnis ketika sedang mencari.

6. Halaman Profil dan Tentang Kami

Jika Anda memiliki halaman yang menjelaskan tentang profil perusahaan, halaman ini perlu Anda indeks agar membantu pengguna mengenal lebih lanjut tentang bisnis.

Ingatlah bahwa penting untuk memastikan bahwa setiap halaman yang Anda indeks memiliki konten yang relevan, informatif, dan bermanfaat bagi pengguna.

Jika ada halaman selain daftar diatas yang ingin Anda indeks tidak ada masalah, asalkan halaman tersebut memiliki manfaat dan penting untuk website Anda.

Halaman yang Tidak Perlu Index

Sebaliknya, berikut beberapa halaman yang tidak perlu Anda indeks di hasil pencarian Google:

1. Halaman rahasia dan privasi

Jika Anda memiliki halaman yang berisi informasi rahasia, seperti halaman login, halaman admin, atau halaman yang hanya dapat diakses oleh pengguna tertentu, Anda mungkin tidak ingin halaman tersebut terindeks oleh mesin pencari. 

Sehingga dapat mencegah informasi sensitif muncul dalam hasil pencarian publik dan dikonsumsi orang banyak.

2. Halaman duplikat

Jika Anda memiliki beberapa versi halaman yang sama, seperti halaman dengan parameter URL yang berbeda, Anda mungkin ingin mengecualikan versi duplikat tersebut dari indeks. 

Contoh lain adalah penggunaan tags, banyak potensi duplikat jika tidak di manage dengan baik.

Hal ini dapat membantu mencegah konten duplikat dan tidak relevan muncul dalam hasil pencarian.

3. Halaman sementara dan uji coba

Jika Anda memiliki halaman yang sedang dalam tahap pengembangan atau hanya untuk tujuan uji coba, mungkin tidak ingin halaman tersebut diindeks. 

Sehingga memungkinkan untuk menghindari halaman yang belum siap muncul di hasil pencarian Google, karena bisa berpotensi duplikat.

Lebih baik dibuat dengan tags noindex saja agar lebih aman.

4. Halaman  yang tidak relevan dan tidak bermanfaat

Jika Anda memiliki halaman dengan konten yang tidak relevan atau tidak memberikan nilai tambah kepada pengguna lebih baik setting noindex. 

Sehingga akan membantu memastikan bahwa hasil pencarian yang muncul relevan dan bermanfaat bagi pengguna.

Untuk mengontrol indeks halaman-halaman tersebut, Anda dapat mengatur pada file robots.txt dengan menambahkan meta tag “noindex” pada halaman yang dibutuhkan.

Dengan menggunakan cara ini, Anda dapat memberitahu mesin pencari untuk tidak mengindeks halaman-halaman yang sudah Anda tentukan.

Tips penting dalam mengelola halaman website bagi pemilik website untuk memahami kebutuhan dan tujuan website. 

Dengan menerapkan strategi yang tepat, dapat dipastikan bahwa halaman yang inginkan terindex oleh Google bisa lebih tepat sehingga berpotensi pada kesuksesan website.

Tidak lupa, Anda juga harus memperhatikan masalah server hosting website, karena berkaitan dengan uptime website.

Tidak ada gunanya jika website sudah terindeks di Google tetapi saat diakses halaman tidak muncul karena server down.

Untuk itu Anda bisa memilih layanan server hosting yang memiliki uptime tinggi seperti Qwords.com.

Terdapat banyak paket hosting yang bisa Anda sesuaikan dengan budget dan kebutuhan website.

Langsung saja cek websitenya di Qwords.com.

Terima kasih

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Review Qwords, Provider Hosting dengan Layanan…

Provider hosting yang memiliki layanan lengkap adalah Qwords, sudah lama membangun reputasi sebagai penyedia layanan hosting dengan keunggulan layanan yang lengkap dan berkualitas. Sebagai...
Eril Obeit Choiri
5 min read

6 Tips Menjadi Wirausaha Sukses dari…

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan fleksibel dan mudah. Salah satunya adalah menjalankan bisnis dari rumah. Mundur tiga hingga empat...
Jordy Prayoga
2 min read

Review Qwords, Hosting Cloud Cepat, Aman…

Qwords, mungkin ada dari beberapa pembaca blog ini yang belum mengenal secara detail tentang Qwords.  Qwords memiliki layanan utama penjualan domain hosting dengan berbagai...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *