Guerilla Marketing, Strategi Pemasaran Murah dan Efektif

4 min read

guerilla marketing

Terkadang strategi pemasaran digital konvensional tidak lagi cukup untuk mempromosikan bisnis Anda. 

Selain membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuahkan hasil, terkadang strategi digital marketing konvensional seperti PPC dan SEM juga membutuhkan modal yang cukup besar.

Nah sambil menunggu halaman situs Anda ditemukan web crawler dan mendapatkan peringkat di SERPs, Anda bisa mencoba strategi alternatif lain untuk bisnis Anda.

Guerilla Marketing, contohnya. Pada artikel ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang guerilla marketing beserta beberapa contoh guerilla marketing terbaik yang ada saat ini!

Apa Itu Guerilla Marketing?

pengertian guerilla marketing

 

Untuk menjaga agar brand Anda bisa bersaing dengan kompetitor, penting rasanya untuk selalu mengikuti perkembangan inovasi marketing, guerilla marketing salah satunya.

Sederhananya, guerilla marketing adalah kampanye periklanan yang berfokus pada peningkatan brand awareness dengan cara yang tidak mengganggu target audiens.

Biasanya promosi melalui guerilla marketing akan dilakukan dengan cara yang subtle dan tidak ketara. Audiens tidak akan berpikir dan menyadari bahwa strategi tersebut adalah iklan promosi brand.

Ambil kampanye coca cola pada tahun 2011 lalu sebagai contoh. Perusahaan minuman bersoda ini merilis botol soda dengan nama-nama populer tercetak di samping logonya.

Coca cola lalu mendorong konsumen untuk berbagi botol soda tersebut dengan orang-orang yang namanya ada di botol tersebut.

Nah, tidak lama setelah kampanye ini dirilis, orang-orang di seluruh dunia lalu bergabung dalam kampanye yang bernama “share a coke with” ini.

Sekilas memang kampanye ini tidak terlihat sebagai strategi pemasaran, tapi sebenarnya disini coca cola menerapkan strategi guerilla marketing lho sahabat Qwords.

Dengan mendorong konsumen untuk berbagi minuman dengan orang terdekatnya, coca-cola berhasil menerapkan salah satu contoh terbaik dari guerilla marketing.

Hasilnya, kampanye “share a coke with” ini sangat sukses sampai Coca Cola meluncurkan website tempat orang dapat mendesain botol mereka sendiri!

Nah, itulah yang dimaksud dengan guerilla marketing, strategi pemasaran yang unik dan interaktif dan meninggalkan kesan yang bertahan lama pada konsumen. 

Wah, pastinya sangat patut dicoba untuk bisnis Anda ya! 

Tidak hanya itu lho sahabat Qwords, sebenarnya guerilla marketing juga punya manfaat lainnya seperti menjaga relevansi brand Anda dan juga meningkatkan brand trust.

Baca Juga: Peran Brand Trust untuk Kesuksesan Bisnis Anda

4 Contoh Guerilla Marketing Terbaik

Nah, setelah tahu pengertian guerilla marketing, sekarang saatnya menerapkannya pada bisnis Anda. 

Sebelum itu, yuk kita lihat beberapa contoh terbaik untuk memberi Anda sedikit inspirasi!

1. Fire Noodle Challenge

Salah satu contoh guerilla marketing terbaik adalah Fire Noodle Challenge, tren populer di mana orang mencoba menghabiskan semangkuk mie Korea super pedas tanpa minum air putih. 

Dimulai di tahun 2014, konten makan ramen pedas ini terus saja meroket. Tak lama kemudian, Fire Noodle ini menjadi sangat populer di seluruh dunia.

Samyang Guerilla Marketing

Padahal perusahaan ramen ini sendiri tidak terlalu gencar memasarkan produknya. Bahkan perusahaan ini berkolaborasi dengan make-up ternama untuk membuat seri makeup ramen pedas lho sahabat Qwords!

Wah, berkat sosial media ramen dari korea ini jadi sangat sukses!

2. Wendy’s Twitter Marketing

Apakah sebelumnya Anda pernah makan di restoran cepat saji asal Amerika bernama Wendy’s?

Tahukah Anda bahwa restoran dari Amerika ini adalah salah satu brand yang menggunakan guerilla marketing untuk mempromosikan produk mereka?

Memadukan social media dan viral marketing, tahun 2019 lalu Wendy’s berhasil mengumpulkan dua juta like dalam satu setengah hari dengan berjanji akan menghadirkan spicy chicken nugget ke menu mereka.

Wendy's guerilla social media marketing

Bayangkan saja dengan 2 juta like dalam satu hari, pastinya penjualan Wendy’s naik karena tweet tersebut!

3. 3M Security Glass

Contoh guerilla marketing lainnya datang dari perusahaan penyimpanan uang kaca dari Kanada. 3M security glass sukses membuat marketing yang membuat banyak orang tertarik dan berpartisipasi.

Dengan meletakan sebuah kotak kaca berisi uang senilai 1 juta dollar di dekat halte bus, 3M security glass menantang semua orang untuk mencoba memecahkan kaca yang ada pada kotak tersebut.

3M security glass guerilla marketing

Jika ada yang berhasil memecahkan kaca pada kotak tadi, orang itu akan memenangkan semua uang yang ada di dalamnya. Wah, kampanye yang sangat berani ya sahabat Qwords!

Hebatnya, selama kampanye itu berlangsung, tidak ada satupun orang yang berhasil memecahkan kaca pada kotak tersebut. 

4. Mr. Clean Zebra Crossing Advertising 

Guerilla marketing bisa dilakukan dimana saja, contoh yang satu ini membuktikannya. 

Memanfaatkan elemen yang ada pada jalanan pada umumnya, penjual produk kebersihan Mr.Clean mengecat salah satu zebra crossing yang sudah kusam dengan warna putih seperti baru.

MrClean guerilla marketing

Pengecatan ini membuat satu garis zebra crossing tersebut terlihat lebih menonjol dan lebih mudah menarik perhatian orang. 

Tidak hanya itu, brand ini bahkan juga mengecat maskot dan logo perusahaan mereka di garis berwarna putih terang tersebut! Iklan di atas trotoar yang sangat eye-catching dan menarik!

Penerapan Guerilla Marketing Pada Bisnis Anda 

penerapan guerilla marketing

Melihat banyak contoh di atas, sebenarnya ada banyak cara penerapan guerilla marketing yang bisa Anda coba. Berikut adalah beberapa teknik penerapan guerilla marketing yang bisa Anda tiru!

1. Buzz or Viral Marketing

Buzz dan viral marketing adalah strategi pemasaran yang dapat meningkatkan brand awareness dari bisnis Anda. Seperti yang Anda tahu, konten viral biasanya akan menyebar secara sendirinya.

Ini berarti konten viral ini tidak akan mengganggu pengguna; mereka memutuskan apakah mereka ingin memperhatikan konten tersebut atau tidak.

Selain itu, viral marketing biasanya hanya memanfaatkan konten kekuatan sosial media untuk tersebar. Jadi, Anda tidak harus mengeluarkan banyak budget untuk melakukannya!

Meskipun membuat konten viral itu sulit, Anda dapat memanfaatkan tren yang sedang berlangsung untuk keuntungan Anda. Saat ini salah satu platform yang sering menghasilkan viral marketing adalah Tiktok.

2. Social Media Marketing

Media sosial adalah alat yang ampuh untuk pemasaran digital. Saat ini, terdapat 3,4 miliar pengguna media sosial aktif di dunia dan jumlahnya pun terus bertambah.

Rata-rata orang menghabiskan sekitar dua jam di akun mereka per hari. Itulah kenapa banyak pelaku bisnis yang mulai menggunakan media sosial marketing sebagai sarana pemasaran digital mereka. 

Jika Anda membutuhkan panduan lengkap tentang branding dan marketing lewat sosial media, Anda bisa download eBook kiat sukses branding lewat social media dari Qwords di sini.

3. Ambient Marketing

Ambient marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan tempat outdoor terbuka untuk menarik perhatian banyak orang. Bisa di tempat umum, trotoar, tempat wisata, dan tempat lainnya. 

Media yang digunakan juga semua yang bisa ditemukan di lingkungan tersebut. Grafiti tembok, stiker, atau patung di tempat umum misalnya. 

Intinya, ambient marketing adalah strategi yang menggunakan tempat dan lingkungan yang ada untuk mempromosikan bisnis Anda.  

4. Ambush Marketing

Sesuai dengan namanya, ambush marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara ambush, dimana brand akan mempromosikan produk mereka di suatu acara dengan banyak audiens.

Misalnya pertandingan olahraga, konser musik, atau acara besar lainnya. Menggunakan ambush marketing, brand tidak perlu mempromosikan produk mereka secara langsung.

Sebagai gantinya, brand hanya perlu memasang poster, dan spanduk dengan nama brand dan foto produk. Hasilnya audiens yang ada pada acara tadi mau tidak mau akan melihat iklan “tersembunyi” tersebut.

Teknik ambush marketing biasa dilakukan oleh brand ternama di seluruh acaradengan cara mensponsori sebuah acara dan memasang logo dan iklan selama acara itu berlangsung!

Saatnya Terapkan Guerilla Marketing untuk Bisnis Anda!

Nah, itu tadi pengertian lengkap strategi pemasaran guerilla sahabat Qwords. Cukup informatif dan menarik kan?

Guerilla marketing adalah salah satu inovasi marketing yang sangat patut dicoba jika Anda ingin mempromosikan bisnis Anda dengan unik dan kreatif

Selain itu, karena guerilla marketing berfokus pada pemikiran kreatif dan metode yang tidak umum, strategi ini dapat diterapkan di mana saja tanpa membutuhkan banyak budget.

Strategi ini juga bisa digunakan untuk segala jenis bisnis, Anda hanya perlu untuk menemukan metode penerapan yang paling cocok untuk bisnis Anda!

Jadi tunggu apalagi? Langsung saja terapkan guerilla marketing pada bisnis Anda sekarang! 

Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan layanan web hosting terbaik dari Qwords.com untuk segala urusan situs web bisnis Anda ya. 

Dengan 24 jam support dan 99.9% uptime, bisnis Anda tidak akan pernah kehilangan customer karena website yang down!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *