Penerapan Growth Hacking dalam Startup

3 min read

Penerapan Strategi Growth Hacking Dalam Startup

Bagi Anda pelaku startup atau yang ingin mendirikan startup pasti sering mendengar istilah growth hacking bukan? Beberapa tahun terakhir ini, industri startup mulai berkemabang pesat. 

Kira-kira apa yang dimaksud dengan istilah tersebut? Anda tahu kan perusahaan-perusahaan Amerika berkonsep digital seperti Dropbox, AirBnB, Facebook serta Twitter? Nah merekalah salah satu perusahaan yang menerapkan strategi ini.

Dengan strategi tersebut mereka bisa berkembang dengan sangat cepat. Jadi sebenarnya apa yang mereka lakukan? Yuk simak artikel di bawah ini untuk mencari tahu pengertian serta taktik yang dijalankan.

Pengertian Growth Hacking

"Pengertia

Growth hacking ialah strategi marketing yang menggunakan eksperimen sebagai salah satu taktiknya.

Yang dimaksud dengan eksperimen disini adalah mencari cara yang paling efektif serta efisien dalam meningkatkan penjualan dan mengembangkan perusahaan.

Istilah ini pun mencakup semua strategi marketing yang berfokus pada pertumbuhan perusahaan. Yang mana tentu saja strategi yang digunakan harus mampu memberikan hasil dengan cepat serta dana yang seminimal mungkin.

Maka dari itu strategi ini sangat cocok untuk diterapkan oleh startup baru yang memiliki keterbatasan dalam segi finansial serta sumber daya manusia. Strategi ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan penjualan saja namun membuat startup mampu bersaing dengan kompetitornya.

Seperti yang dinyatakan oleh Grow With Ward, strategi ini menggabungkan strategi marketing, data analisis serta teknologi yang tinggi. Jadi seorang growth hacker tidak hanya bertindak sebagai online marketer saja namun juga harus menguasai SEO, data analisis, produk serta teknologi.

Karena seorang growth hacker harus mengandalkan berbagai data yang bisa digunakan untuk menganalisa kompetitornya.

Definisi Growth Hacker

"<yoastmark

Selain Growth Hacking, tim Qwords juga menyinggung growth hacker. Growth hacker merupakan orang-orang yang menerapkan strategi growth hacking.

Hal ini berbeda dengan marketing tradisional maka dari itu seorang growth hacker harus memiliki pemikiran yang lebih luas dan terbuka.

Marketer in tidak akan menggunakan media pemasaran yang memakan banyak biaya, seperti beriklan di media cetak atau televisi.

Selain itu growth hacker juga harus memahami brand recognition serta public relation. Growth hacker akan mencoba strategi serta taktik yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan.

Maka dari itu mereka tidak akan peduli dengan taktik yang tidak efektif. Untuk meningkatkan pertumbuhan dengan cepat, maka banyak startup yang memiliki tim growth marketer serta growth engineers.

Menjadi Growth Hacker

Bagaimana cara menjadi growth hacker yang baik? Kami akan rangkumkan sifat yang harus dimiliki jika Anda ingin menjadi growth hacker

  • Memiliki pengetahuan teknis luas untuk menerjemahkan ide dari para programmer
  • Mampu menganalisis data dengan baik
  • Memiliki intuisi yang baik dalam sistem online marketing
  • Memahami keinginan dari konsumen terhadap produk

Baca Juga: Tips Membangun Startup Sukses

Perbedaan Growth Hacking Dan Marketing Tradisional

"Marketing

Seperti yang telah kami singgung diatas bahwa growth hacking berbeda dengan marketing pada umumnya. Apa perbedaan yang mendasarinya? Berikut kami sajikan hal-hal yang menjadi pembeda antara kedua istilah tersebut:

 

Elemen Growth Hacking Marketing Tradisional
Cara pengambil keputusan Keputusan yang diambil berdasarkan opini atau pendapat Keputusan diambil berdasarkan data nyata, seperti data hasil testing market dari konsumen
Pendekatan Membuat calon konsumen menginginkan produk yang dibuat Membuat produk yang dibutuhkan konsumen
Proses Lebih banyak melakukan brand awareness Lebih fokus menggunakan pirates method
Menjangkau pasar Menggunakan media promosi berbayar Berbagai strategi bisa diterapkan untuk menekan keuangan dalam mempromosikan produk 

Zaman semakin modern maka dari itu perilaku orang-orang juga akan berubah menyesuaikan perkembangan zaman. Inilah mengapa muncul strategi baru dalam dunia bisnis online.

Metriks Growth Hacking

Matriks Penjualan
Matriks Penjualan

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa growth hacker hanya akan berfokus pada strategi yang paling efektif untuk mengembangkan bisnis startup.

Mereka akan menerapkan sebuah prioritas tertentu untuk melakukan akuisisi skala bisnis serta meningkatkan konsumen. Mereka fokus untuk mengembangkan, mengaplikasikan serta menguji ide-ide untuk meningkatkan penjualan dan ekspansi startup.

Maka dari itu growth hacker bisa memperhatikan metrik dibawah ini:

1. Acquisition

Tahap pertama adalah hal yang sangat krusial bagi para konsumen tentang kesan yang diberikan startup terhadap produk yang ditawarkan. Perusahaan melakukan berbagai cara untuk mengenalkan produk kepada para calon konsumen.

2. Activation

Pada tahap ini sudah banyak konsumen yang mulai menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Buat konsumen merasa senang dan puas ketika memakai layanan produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Retention

Proses ini merupakan lanjutan dari tahap kedua dimana Anda harus menjadikan konsumen sebagai konsumen tetap atau regular customer. Jika mereka merasa puas dengan produk atau layanan Anda, maka mereka mau menggunakan kembali layanan tersebut.

4. Referral

Kebanyakan orang akan percaya atau tertarik untuk mencoba sebuah produk jika direkomendasikan oleh sahabat, kerabat maupun keluarga. Sekarang sudah banyak program diskon jika konsumen mengajak teman untuk mencoba produk atau jasa yang ditawarkan kok. Anda pun bisa mencobanya.

5. Revenue

Tentu saja tujuan sebuah startup didirikan tidak lain untuk mendapatkan keuntungan. Anda pun bisa menghitung seberapa banyak keuntungan yang didapatkan serta banyak cara yang bisa dilakukan untuk memonetisasi uang.

Strategi Growth Hacking

Periklanan
Periklanan

Setelah mengetahui metriknya maka saatnya untuk mengeksekusi, salah satunya dengan menggunakan strategi. Srategi merupakan aspek yang sangat penting jika ingin berbisnis. Apalagi pada era digitalisasi ini, strategi pemasaran bisa beragam. Berikut adalah strategi yang digunakan:

1. Content Marketing

Strategi pertama adalah content marketing yang mana diklaim sebagai salah satu cara yang paling ampuh serta tidak membutuhkan biaya banyak. Content marketing yang bisa diterapkan seperi membuat e-book, infografik, email marketing, video marketing dan lain-lain. Buatlah konten yang berkualitas yang bisa mendatangkan konsumen.

2. Product Marketing

Dengan product marketing, Anda bisa menciptakan sebuah produk yang lebih menarik yang tentunya memperhatikan calon konsumen. Anda harus bisa mempresentasikan produk sehingga konsumen semakin tertaik terhadap produk yang ditawarkan. 

3. Advertising

Strategi ini pun juga menggunakan iklan sebagai media promosi. Beriklan pun juga bisa meningkatkan brand awareness. Nah PPC adalah salah satu cara yang ditempuh untuk mempromosikan merek atau brand.

Bahkan Anda bisa menggandeng influencer marketing sebagai salah satu trik jitu. Tentu saja strategi diatas dilakukan berdasarkan metrik sebelumnya yaitu Acquisition, Activation, Retention, Referral dan Retention. 

Startup Dengan Growth Hacking

YouTube
YouTube

Sebagai contoh akan kami sajikan growth hacking strategy yang digunakan startup di dunia:

  • Dropbox: Memberikan pengharagaan kepada konsumen yang berhasil mengajak pengguna baru untu menggunakan layanan penyimpanannya.
  • Airbnb: Membuat sistem agar pengguna bisa memasang iklan Airbnb ke situs Craiglist.com yang mana penggunanya sudah lebih dari 10 juta.
  • YouTube: Mempermudah penggunanya untuk membagikan video mereka ke akun miliknya dengan memberikan kode sematan.

Baca Juga: Panduan Belajar Digital Marketing

Growth hacking adalah salah satu strategi bisnis yang bisa diterapkan pada skala apa saja karena sifatnya fleksibel dan efektif. Tidak hanya stratup rintisan saja yang bisa menggunakannya. Bahkan startup besar pun bisa menggunakan strategi tersebut.

Ketika Anda mengetahui strategi mana yang paling pas, maka Anda bisa fokus pada cara tersebut. Anda pun bisa menggunakan website di sini sebagai media marketing. Jasa pembuatan websitenya tergolong murah kok.

Jangan lupa juga gunakan web hosting dari Qwords. Sudah tertarik? Yuk yuk pesan!

15 Metrik SEO yang Paling Sering…

Dalam dunia pemasaran digital, Search Engine Optimization (SEO) memegang peranan penting dalam meningkatkan visibilitas website di mesin pencari.  Sampai saat ini nampaknya SEO menjadi...
Eril Obeit Choiri
5 min read

Belajar Search Intent dan Pentingnya Untuk…

Memahami search intent pengguna menjadi kunci utama bagi pelaku marketing online dengan Search Engine Optimization.  Search intent mengacu pada tujuan dan motivasi di balik...
Eril Obeit Choiri
3 min read

Daftar 100 Website dengan Pengunjung Terbanyak…

Lebih dari 1,9 miliar website saat ini tersedia di internet. Namun, hanya beberapa yang bisa mendapatkan kunjungan bulanan yang tinggi. Kira-kira website sahabat Qwords...
Eril Obeit Choiri
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *