Internet merupakan salah satu sumber yang paling banyak digunakan oleh pelajar maupun mahasiswa untuk membantu menemukan referensi terkait topik pelajaran. Tidak hanya pelajar dan mahasiswa, kalangan umum juga banyak menjadikan internet sebagai sumber utama untuk memperoleh informasi terkait topik harian.

Namun, sangat disayangkan ketika informasi yang tersebar luas di dunia digital tersebut tidak sepenuhnya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pasalnya, setiap orang bebas untuk menulis dan menyebarkan informasi melalui dunia digital tanpa melewati suatu proses penyaringan. Sehingga bagi para pelajar dan mahasiswa yang berusaha mencari referensi melalui internet harus ekstra berhati-hati karena bisa mengambil kutipan yang tidak benar.

Google sebagai perusahaan mesin pencari terbesar di dunia menyadari hal tersebut dan menghadirkan Google Scholar, atau dikenal juga sebagai Google Cendekia di Indonesia. Peran utama Google Scholar adalah untuk membantu para pelajar menemukan referensi yang kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan.

 

Apa Itu Google Scholar?

Mengenal Google Scholar, Sumber Referensi Kaum Cendekiawan
Mengenal Google Scholar, Sumber Referensi Kaum Cendekiawan

Google Scholar adalah salah satu fitur yang dimiliki Google untuk memfasilitasi pencarian khusus bagi para pelajar, mahasiswa, dan akademisi untuk menemukan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

Sebagaimana kita ketahui, mesin pencari google pada umumnya menampilkan hasil pencarian atas suatu kata tertentu berdasarkan tingkat popularitas dan kecocokan dengan kata kunci. Tetapi Google Scholar lebih jauh menyaring hasil pencarian tersebut hanya pada sumber-sumber ilmiah yang dapat dipercaya kebenarannya, misalnya website universitas, perpustakaan, jurnal ilmiah, dan lain sebagainya.

Baca juga: Menyambut Era Artificial Intelligence Dalam Bidang Pendidikan

Google Scholar tidak hanya dapat digunakan untuk mencari data penelitian atau penulisan ilmiah yang telah diterbitkan sebelumnya, tetapi juga dapat digunakan oleh penulis atau peneliti untuk membuat profile secara otomatis. Sehingga mereka dapat membagikan tulisan atau jurnal penelitiannya agar dimanfaatkan oleh pelajar, mahasiswa, dan peneliti selanjutnya.

Google Scholar adalah hasil karya seorang mantan akademisi bernama Anurag Acharya yang bergabung dengan tim web-indexing Google pada tahun 2000.

 

Cara Mengakses Google Scholar

Google Scholar adalah
Google Scholar adalah

Cara mengakses Google Scholar terbilang sangat mudah karena cara penggunaannya mirip dengan mesin pencari Google pada umumnya. Cukup dengan masuk ke situs https://scholar.google.com/.

Tetapi karena Google Scholar adalah mesin pencari khusus rujukan akademis, maka ada beberapa tips yang bisa diikuti agar menemukan rujukan yang sesuai dan berbobot.

Berikut beberapa tips cara mengakses Google Scholar :

  1. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang maksimal, usahakan menggunakan kata kunci spesifik. Hasil pencarian teratas yang ditampilkan merupakan hasil pencarian yang paling relevan dengan kata kunci dan hasil tersebut merupakan artikel atau jurnal yang banyak dikutip oleh pelajar dan mahasiswa lain.
  2. Jika hasil pencarian yang ditampilkan anda rasa kurang memuaskan, anda dapat mencari jurnal dengan fitur ‘advance search’ pada sidebar halaman utama.
  3. Bagi anda yang ingin menyimpan artikel dan jurnal hasil pencarian, klik ikon bintang pada bagian bawah artikel untuk memasukkannya ke perpustakaan pribadi. Untuk dapat mengakses perpustakaan pribadi, klik menu ‘My Library’ pada sidebar.
  4. Jika anda ingin menerima pemberitahuan terkait artikel atau jurnal baru yang relevan dengan topik yang anda ikuti, klik menu ‘Alert’ dengan simbol amplop pada sidebar. Klik ‘Create Alert’ dan masukkan kata kunci yang anda inginkan.
  5. Salah satu fitur menarik lainnya dari Google Scholar adalah fitur ‘Related Articles’ yang bisa anda manfaatkan ketika menemukan satu artikel atau jurnal yang sangat relevan dengan kata kunci yang anda masukkan. Maka Google Scholar akan menampilkan hasil pencarian yang relevan dengan artikel tersebut.
  6. Sebagai sebuah sumber rujukan, Google Scholar dilengkapi dengan fitur mengutip dengan cepat. Fitur ini membantu anda membuat daftar pustaka sesuai dengan format yang anda butuhkan. Anda hanya perlu menyalinnya dan memasukkan ke makalah atau karya tulis yang sedang anda kerjakan.

 

Manfaat Google Scholar

Manfaat Google Scholar
Manfaat Google Scholar

Google Scholar belum dimanfaatkan secara maksimal karena masih banyak yang tidak mengetahui terkait keberadaan google khusus akademisi ini.

Hal ini ditambah pula dengan kurangnya pemahaman secara menyeluruh terkait fungsi lengkap dari Google Scholar. Pada umumnya Google Scholar hanya diketahui sebagai mesin pencari bahan rujukan akademis, tetapi sebenarnya manfaat Google Scholar lebih dari itu.

Berikut beberapa manfaat Google Scholar yang harus diketahui agar dapat dimanfaatkan secara maksimal :

Baca juga: Apa Itu ICT? Inilah Peran Penting ICT Dalam Dunia Pendidikan

1. Mencari Artikel Dan Jurnal

Manfaat utama dari Google Scholar adalah mencari artikel dan jurnal penelitian yang relevan dengan kata kunci yang digunakan. Sehingga hasil pencarian tersebut dapat digunakan sebagai rujukan bahan pembelajaran.

2. Membuat Perpustakaan Pribadi

Anda dapat membuat perpustakaan pribadi dengan menyimpan hasil pencarian anda pada Google Scholar.

3. Membuat Profile Untuk Penulis Dan Peneliti

Bagi para penulis ilmiah dan peneliti, dapat membuat profile khusus yang bisa digunakan untuk membagikan tulisan dan hasil penelitiannya.

4. Mengatur Pengingat

Jika anda sedang mengikuti perkembangan suatu isu tertentu, Google Scholar dilengkapi dengan fitur dimana anda dapat menghidupkan notifikasi jika artikel dan jurnal akademik baru telah diterbitkan.

 

Itulah beberapa hal yang harus sahabat Qwords ketahui terkait Google Scholar. Bagi Anda para pelajar dan mahasiswa sangat disarankan mengetahui manfaat Google Scholar dan bagaimana cara mengaksesnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, karena Google Scholar adalah salah satu sumber rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan selain buku cetak.

Sekian pembahasan kali ini, sebagai perusahaan cloud hosting dan jasa registrasi domain yang sudah dipercaya oleh ribuan pelanggan dari seluruh Indonesia, Qwords.com selalu berkomitmen untuk menghadirkan layanan terbaik untuk Anda. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi pusat penjualan dan customer service kami jika ada pertanyaan seputar paket web hosting terbaik maupun ketersediaan promo domain.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *