Hai Sahabat Qwords!

Beberapa dari Anda pasti menggunakan CMS WordPress dalam mengelola website. Nah, bukan tidak mungkin kalau WordPress akan mengalami ERROR, bukan? Apa saja sih Error yang sering dialami WordPress? Apa penyebabnya dan bagaimana solusi mengatasinya?

Error saat upload gambar
Error saat upload gambar

Gagal Saat Upload Gambar di WordPress

Pada kesempatan kali ini, akan dijabarkan beberapa Penyebab Error Saat Mengunggah Gambar pada WordPress beserta Solusinya. Berikut penjelasan selengkapnya.

  • Error terkait Nama File Gambar

Error saat upload gambar salah satunya disebabkan karena nama file yang akan diunggah memiliki kesamaan nama dengan file yang sudah pernah diunggah sebelumnya.

Solusi: Periksa nama file gambar. Jika nama pernah digunakan, ganti namanya atau Anda bisa tambahkan tanda baca khusus agar berbeda.

kbwp1

  • Kesalahan HTTP/ HTTP Error

Error ini terjadi akibat format gambar yang akan diunggah tidak didukung oleh WordPress, atau ukuran gambar (pixel) yang terlalu besar.
kbwp2
Solusi:
– Turunkan resolusi gambar
– Ubah format file menjadi .jpg atau .png
– Pastikan resource server cukup saat mengunggah gambar
– Pastikan ModSecurity pada Hosting, disable

  • Tidak dapat melihat thumbnail gambar di Media

Jika Anda tidak dapat membuat direktori atau tidak dapat menemukan thumbnail (gambar rusak) pada Perpustakaan Media, ini berarti terdapat perubahan nama folder konten atau perubahan lokasi path directoryBiasanya Anda akan menjumpai notifikasi:

“Tidak dapat membuat direktori wp-content / uploads / 2016/02.
Apakah direktori induknya dapat ditulis oleh server?”

kbwp3

Solusi:

Login ke cpanel  -> file manager -> public_html -> wp-content.
Pastikan sudah ada folder uploads. Jika tidak ada/terhapus, buat folder baru dengan nama uploads, clear cache browser, lalu upload kembali.

  • File melebihi batas limit PHP Max. filesize

    Anda akan mengalami kegagalan upload gambar ketika file melebihi batas ukuran maksimal file PHP (upload_max_filesize).kbwp4Solusi: Cek settingan limit yang ada pada Hosting Anda. Anda dapat menghubungi tim teknis kami via Support Ticket (baca: Langkah pembuatan Support Ticket). Anda akan dibantu melakukan setting limit dari PHP Max filesize.

Ingat untuk urusan Hosting Murah percayakan pada Qwords.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *