Yuk Cari Tahu Manfaat, Tipe, & Contoh Foto Produk Terbaik

3 min read

Manfaat, Tipe, & Contoh Foto Produk

Ketika ingin membeli suatu produk, Anda mungkin akan terlebih dahulu melakukan riset secara online bukan? Anda lalu mengamati foto produk untuk menentukan apakah akan membeli barang tersebut atau tidak.

Nah, calon pelanggan Anda tentunya juga akan melakukan hal yang sama. Faktanya menurut data dari Justuno, 93% consumers memang menjadikan tampilan visual sebagai faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembelian mereka.

Oleh sebab itu, yuk pelajari dan pahami lebih mendalam apa saja manfaat dan tipe foto produk terbaik yang bisa menarik perhatian pembeli. Selamat membaca!  

Mengapa Foto Produk Sangat Penting?

Ada banyak keuntungan yang akan Anda peroleh dengan menampilkan foto produk terbaik. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membangun Reputasi Bisnis

Foto produk merupakan salah satu bagian terpenting dari proses branding bisnis Anda. Melalui foto produk, Anda bisa memberikan kesan bahwa brand Anda adalah profesional, kredibel, dan berbeda dari para kompetitor. 

Anda juga tak perlu meragukan bagaimana foto produk dapat membangun identitas dan hubungan jangka panjang bisnis Anda dengan audiens. 

Pasalnya, foto produk bisa menunjukan personalitas, nilai, dan kualitas brand—yang pada akhirnya akan memudahkan audiens mengenali bisnis dan produk Anda.   

2. Meningkatkan Visibilitas Bisnis Anda

Konten visual berkesempatan besar untuk dibagikan di berbagai saluran sosial media hingga 40%. Begitu pula dengan foto produk Anda. Dengan gambar yang unik dan menawan, produk Anda bisa lebih mudah menarik perhatian pelanggan, dan bahkan bisa mendorong mereka untuk membagikannya kepada orang lain. 

3. Memikat Lebih Banyak Customers

Ketika mencari produk secara online, pelanggan tidak mempunyai waktu yang banyak untuk melihat semua produk di hasil pencarian. Foto produk dapat meyakinkan para consumers untuk melihat dan mempelajari produk Anda secara lebih lanjut.

4. Kesempatan Memperoleh Conversion Rates yang Diinginkan 

A picture is worth a thousand words. Customers memang tidak bisa secara langsung melihat bentuk fisik produk Anda. Namun, foto bisa memberikan mereka gambaran fitur, kualitas, dan manfaat dari produk tersebut. Pada akhirnya, mereka akan semakin yakin untuk memilih opsi yang Anda tawarkan.    

Baca Juga: Tips Jitu Membuat Deskripsi Produk yang Memikat Hati Pembeli   

Apa Saja Tipe-Tipe Foto Produk Terbaik?

Sekarang, mari kenali beberapa tipe foto produk yang paling umum.

1. White Background Shots

White background shots adalah salah tipe foto produk yang paling populer. Meski terkesan sederhana, tipe ini dinilai sangat efektif dalam menyoroti produk secara elegan, bersih, dan rapi.

Untuk lebih memahaminya, Anda bisa melihat bagaimana pemilik online store di Amazon maupun eBay mengaplikasikan tipe foto ini.Contoh White Background Shots

2. Lifestyle Action Shots

Tidak hanya sekedar menampilkan produk, lifestyle action shots membantu customers memahami bagaimana produk tersebut digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Tipe foto ini biasanya ditampilkan di landing page maupun sosial media (seperti Instagram dan Pinterest). 

Ada beberapa cara untuk mengaplikasikan lifestyle action shots, yakni:

  • Hero shot—Anda membantu audiens membayangkan diri mereka menggunakan produk Anda. Foto dalam website Eiger berikut bisa dijadikan contoh:Contoh Hero Photo  
  • Flat lay photography—Anda meletakkan produk Anda di atas sebuah meja atau permukaan datar lainnya, menambahkan beberapa properti agar terlihat lebih hidup, lalu mengambil gambar dari atas. Foto dalam akun Instagram Indomie berikut bisa jadi inspirasi.Contoh Flat Lay Photography          

3. Scale Shots

Jika Anda ingin menggambarkan ukuran produk Anda, maka scale shots adalah opsi terbaik. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan objek lain sebagai pembanding. 

Nah, foto produk Zanco tiny t1 berikut adalah contohnya.Tipe Scale Shots Sebagai Foto Produk

Untuk menggambarkan betapa kecilnya Zanco tiny t1, produk tersebut disandingkan dengan koin dan kunci.  

Baca Juga: Mengenal CTA dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda   

4. Detailed Shots

Sebagaimana namanya, detailed atau close-up shots bertujuan untuk memberikan detail fitur, tekstur, atau bagian tertentu dari produk Anda. Hebatnya, gambar close up bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan serta mengurangi return rates dari produk Anda.

Tertarik mencoba tipe foto ini? Nah, foto produk dari situs Nike di bawah ini adalah contohnya.Contoh Close-up Shots

5. Ghost Mannequin Photography

Apakah bisnis Anda bergerak di industri fashion? Dan Anda mempunyai budget yang terbatas untuk menyewa talent? Ghost atau invisible mannequin photography bisa jadi opsi terbaik.  

Menariknya, ghost mannequin memberikan efek 3 dimensi kepada produk Anda, sehingga pembeli bisa melihat bentuk detailnya secara lebih jelas. Selain itu, tipe ini juga akan membuat gambar Anda terkesan lebih profesional.

Sebagai contoh, mari perhatikan bagaimana situs Planet Sports Asia menggunakan tipe foto ini:Foto Produk Menggunakan Tipe Ghost Mannequine

6. 360 Product Photography

Ingin membuat halaman produk Anda menjadi lebih interaktif? Nah, 360 product photography bisa Anda andalkan. 

Tipe ini memang membutuhkan usaha yang lebih dibandingkan opsi lainnya. Selain memerlukan alat tambahan berupa turntable atau meja putar, Anda juga perlu mengambil gambar produk hingga puluhan kali dari berbagai sisi, lalu menggabungkannya menjadi satu rangkaian. 

Namun sebagai hasil, pembeli bisa melihat bentuk dan fitur produk Anda dari berbagai angles. Hebatnya lagi, 360 product photography dinilai bisa meningkatkan angka penjualan serta mengurangi return rates.

Sebagai contoh, Anda bisa mempelajari foto produk dari situs Polo berikut:

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Testimoni dan Arti Pentingnya Bagi Website Anda         

Yuk Buat Foto Produk Terbaik Anda Sekarang!

Sekarang, Anda tentu semakin memahami betapa pentingnya foto produk untuk website ecommerce, toko online, maupun kampanye sosial media Anda bukan? 

Menariknya, foto produk tidak hanya bisa membangun identitas bisnis Anda, namun juga mampu meningkatkan visibilitas Anda di internet. Anda juga tak perlu meragukan bagaimana peran penting foto produk dalam menarik minat pembeli dan menaikkan angka penjualan.

Dalam artikel ini, Anda telah mempelajari beberapa tipe dan contoh foto produk terbaik, yaitu:

  • White background shots—tipe foto sederhana, populer, dan efektif
  • Lifestyle action shots—opsi terbaik untuk landing page dan sosial media
  • Scale shots—banyak ditampilkan di area produk website ecommerce atau marketplace  
  • Close-up shots—menyoroti fitur atau detail khusus dari suatu produk 
  • Invisible mannequin photography—membuat bentuk produk terlihat lebih nyata
  • 360 product photography—menampilkan detail produk dari angles yang berbeda  

Yang pasti, agar website ecommerce Anda bisa bekerja dengan maksimal, jangan lupa juga untuk membekalinya dengan layanan hosting terbaik dan reliabel.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih berbagai layanan hosting murah dari Qwords.com seperti cloud hosting, unlimited hosting, dan VPS Windows.

Selamat mencoba!  

15 Metrik SEO yang Paling Sering…

Dalam dunia pemasaran digital, Search Engine Optimization (SEO) memegang peranan penting dalam meningkatkan visibilitas website di mesin pencari.  Sampai saat ini nampaknya SEO menjadi...
Eril Obeit Choiri
5 min read

Belajar Search Intent dan Pentingnya Untuk…

Memahami search intent pengguna menjadi kunci utama bagi pelaku marketing online dengan Search Engine Optimization.  Search intent mengacu pada tujuan dan motivasi di balik...
Eril Obeit Choiri
3 min read

Daftar 100 Website dengan Pengunjung Terbanyak…

Lebih dari 1,9 miliar website saat ini tersedia di internet. Namun, hanya beberapa yang bisa mendapatkan kunjungan bulanan yang tinggi. Kira-kira website sahabat Qwords...
Eril Obeit Choiri
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *