Tips Jitu Jadi Food Blogger Sukses

3 min read

Tips Menjadi Food Blogger Sukses

 Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah food blogger. Yakni, seseorang yang memiliki blog dan memfokuskan diri membahas berbagai macam makanan, resep, dan hal-hal lain terkait dunia kuliner. Dan hebatnya, food blogger yang sukses berkesempatan untuk bekerja sama atau jadi endorser berbagai usaha makanan lho!

Tertarik untuk memulai food blog Anda? Yuk lanjutkan membaca, karena artikel ini akan membahas beberapa tips dan advice agar bisa menjadi seorang food blogger yang sukses. 

Food Blogger Indonesia Terkenal untuk Menginspirasi Anda

Cara menjadi food blogger tentu tidaklah mudah dan menuntut Anda untuk melewati proses yang panjang. Anda juga perlu terus menerus berlatih, terjun ke lapangan, dan memupuk diri agar bisa menjadi blogger yang profesional. 

Dan untuk mengawali itu semua, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan belajar dari mereka yang sudah berpengalaman. Harapannya, Anda bisa mendapatkan inspirasi dari perjalanan mereka hingga menjadi food blogger sukses.

Yuk simak siapa saja yang bisa Anda jadikan inspirasi!

1. Julia Veronica dan Marius Tjenderasa

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang bahwa Julia dan Marius merupakan sepasang kekasih yang sama-sama menyukai dunia kuliner. Sejak tahun 2011, keduanya menyalurkan hobi tersebut melalui blog bernama Anak Jajan; yang kini mempunyai lebih dari 20 juta pengunjung. 

Ada banyak hal yang membuat blog Anak Jajan ini unik dan menarik, diantaranya yaitu:

  • Tidak hanya mengulas makanan atau minuman dari dalam dan luar negeri, Anak Jajan juga membagikan berbagai macam resep secara gratis. 
  • Anak jajan dilengkapi dengan kategori post yang sangat lengkap berdasarkan suatu lokasi dan area. Bahkan blog ini juga mencantumkan destinasi wisata kuliner berdasarkan mall dan hangout area tertentu.    
  • Blog ini berhasil memadukan konten teks dan visual dengan sangat baik. Tak jarang, mereka juga mengintegrasikan konten YouTube atau vlog mereka ke dalam post mereka.
  • Tak ketinggalan, Anak Jajan juga menyediakan area navigasi dan tombol search, sehingga siapapun bisa menemukan kuliner kesukaannya dengan mudah. 

Baca Juga: Tren Desain Web Terpopuler dan Kekinian 

2. Theresia

Theresia, atau Tere, merupakan food blogger yang sudah terjun di bidang ini sejak tahun 2013. Dalam blognya yang bernama HeyTheresia, ia banyak membahas berbagai makanan Indonesia maupun luar negeri dengan gaya tulisan yang santai dan mudah dipahami. Selain membagikan konten di blog, Tere juga aktif memberikan ulasan atau resep sederhana kepada pengikutnya di Instagram (@heytheresia). 

Beberapa hal yang bisa Anda pelajari dari HeyTheresia yaitu:

  • Blog ini mempunyai desain yang sederhana dan rapi, serta dilengkapi dengan area navigasi/menu yang mudah diakses pengunjung.
  • Setiap blog post dilengkapi dengan visual yang terlihat sangat profesional dan mencerminkan isi tulisan. Tak jarang, Tere juga menambah video YouTube ke tulisannya.
  • HeyTheresia menulis informasi yang sangat lengkap—seperti nama dan harga makanan, nama restoran, alamat, nomor yang bisa dihubungi, jam operasional, dan bahkan juga menyematkan Google Maps di post-nya.    

3. dr. Verdi D 

Sesuai dengan julukannya yaitu The Hungry Doctor, dr. Verdi D merupakan seorang dokter umum yang memulai terjun di dunia food blogger sejak tahun 2012. Blognya yaitu thehungrydoctor.net telah memiliki ratusan tulisan seputar dunia kuliner dan destinasi wisata. 

Apa saja yang bisa dipelajari dari The Hungry Doctor? Beberapa diantaranya adalah:

  • Gaya bahasa yang santai dan bersahabat, membuat pembaca nyaman untuk berlama-lama mengunjungi blognya.
  • Ulasan yang diberikan disertai foto pendukung untuk menambah informasi tambahan bagi pembacanya. Foto-foto tersebut juga terkesan sangat profesional dan estetis. 
  • Blog ini juga hadir dengan kategori yang lengkap; yaitu berdasarkan kota, spot atau mall populer, hingga tipe makanannya.   

Tips Menjadi Food Blogger Sukses

Tips Menjadi Food Blogger Sukses 

Sekarang, mari kita bahas beberapa tips agar menjadi seorang food blogger sukses.

1. Milik Website Sendiri

Pertama, buatlah website pribadi yang profesional, dan lakukan optimasi SEO agar performanya bisa lebih baik. Pastikan juga kalau Anda tidak mengganti-ganti domain atau alamat website tersebut karena akan mempengaruhi DA dan PA website. 

Kabar baiknya, kini proses pembuatan website sangatlah mudah dan harganya pun sangat terjangkau.

Baca Juga: 10+ Template Blogger Gratis Terbaik yang Patut Anda Coba  

2. Buatlah Konten yang Bermanfaat dan Unik

Konten yang informatif dan bermanfaat adalah kunci sukses menjadi food blogger. Ide yang dituangkan juga haruslah unik, baru, mudah dimengerti, dan menjangkau audiens secara luas. 

Sebagai contoh, Anda mengulas wisata kuliner di wilayah tertentu atau makanan yang sedang hits. Buatlah ulasan secara jujur dari sudut pandang Anda sendiri. Pastikan mencantumkan informasi utama seperti alamat, harga, dan pilihan menu. 

Kemudian, tambahkan tips cara membuat makanan tersebut, langsung dari koki yang membuatnya. 

3. Pilih Kategori Kuliner Tertentu

Anda juga bisa berfokus kepada kategori kuliner tertentu. Misalnya, Anda hanya memilih kategori pastry, kuliner tradisional, dan street food. Bahas ketiga topik-topik tersebut secara konsisten. Harapannya, Anda nantinya akan dikenal sebagai food blogger yang expert dalam kategori-kategori tersebut.   

Yang pasti, lakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan kategori yang ingin Anda pilih. Dan salah satu cara terbaik adalah dengan melihat tren yang sedang berkembang. 

Lalu jika fokus sudah ditentukan, buatlah konten dengan gaya dan bahasa yang sesuai dengan target pembaca Anda.

4. Manfaatkan Media Sosial

Mengintegrasikan blog dengan sosial media juga merupakan sebuah keharusan. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk mempromosikan website Anda, meningkatkan konversi dan traffic, serta memperluas audiens Anda. 

Kemudian, pastikan juga bahwa Anda telah menambahkan fitur social sharing, social login, dan social commenting ke food blog Anda. Selain menaikkan engagements, fitur-fitur tersebut juga bisa meningkatkan user experience pengunjung web Anda.  

5. Jangan Kesampingkan Visual

Visual juga merupakan salah satu bagian terpenting dari food blog. Selalu tambahkan gambar atau video terbaik yang bisa menggambarkan tulisan Anda. Ingat, dari visual tersebutlah audiens juga akan menilai seberapa profesional konten-konten yang Anda bagikan kepada mereka. 

Tak lupa, selalu perhatikan juga desain web Anda. Pilihlah tema yang responsive, mobile-friendly, dan kompatibel dengan berbagai browser. Beberapa pilihan yang bisa Anda pertimbangkan adalah Soledad Food, Foodie, dan Foodica.   

Contoh Tema untuk Food Blog

Baca Juga: 10+ Rekomendasi Desain Layout Website Terbaik 

6. Bekali Blog Anda dengan Tools Terbaik

Selanjutnya, selalu manfaatkan berbagai tools tambahan untuk meningkatkan fungsionalitas food blog Anda. Jika Anda membuat website di WordPress, misalnya, Anda bisa memanfaatkan berbagai plugins—diantaranya seperti SEO, galeri, keamanan, optimasi gambar, anti-spam, hingga analytics—semuanya akan membuat performa web Anda menjadi lebih optimal. 

Bagaimana, Siap untuk Jadi the Next Food Blogger Indonesia?

Dalam artikel ini, Anda sudah belajar beberapa tips agar bisa menjadi food blogger sukses. Tak hanya itu, Anda juga telah mengetahui inspirator terbaik untuk dijadikan contoh, serta memahami apa saja hal unik yang dimiliki blog mereka.

Bagaimana, tentunya sekarang semakin siap untuk menjadi the next food blogger Indonesia kan?

Yang pasti, selalu gunakan custom domain yang tidak memuat ekstensi gratis seperti .blogspot.com atau .wordpress.com. Pasalnya, custom domain akan membuat blog Anda terkesan profesional, sekaligus membantu Anda membangun kepercayaan para pembaca.  

Bagi Anda yang sedang mencari nama domain dengan ekstensi TLDs (contoh: .com, .net, dan .org) maupun ccTLDs (seperti: .id dan .co.id), Anda bisa mendaftarkannya di Qwords.com—layanan domain murah terbaik yang telah menjadi Accredited Registrar PANDI dan menyediakan lebih dari 500 ekstensi dengan harga hemat.

Yuk daftar domain Anda di Qwords sekarang!  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *