Performa akun media sosial saat ini menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan kinerja perusahaan. Di era digital seperti sekarang, mengukur sosial media engagement pun semakin gampang, Anda bisa menghitung secara manual atau melalui layanan digital yang banyak tersedia secara gratis maupun berbayar.

Lantas, kira-kira apa saja sih upaya yang harus dilakukan jika ingin menaikkan rate engagement di media sosial? Apakah perlu membayar biaya iklan? Atau endorse selebgram untuk melakukan campaign pemasaran?

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mendongkrak engagement atau angka keterlibatan audiens di media sosial. Namun, kali ini kita akan membahas dari segi paling dasar, yakni konten. Berikut merupakan tipe-tipe konten yang bisa membantu Anda untuk menaikkan engagement di media sosial.

 

4 Tipe Konten yang Bisa Manaikkan Engagement Media Sosial

 

Ingin Punya Engagement Rate Tinggi Upload 4 Tipe Konten Ini
Ingin Punya Engagement Rate Tinggi Upload 4 Tipe Konten Ini

1. Konten dengan Tema Inspiratif

Sangat penting melibatkan emosi audiens ketika ingin mengoptimalkan jangkauan sebuah konten. Setiap pribadi manusia tentu memiliki masa-masa sulit yang pernah atau sedang terjadi sehingga membutuhkan motivasi dan dukungan melalui konten inspirasi yang Anda tampilkan.

Berdasarkan pengalaman kami, konten inspirasi sendiri mampu menjadi pemantik yang sangat efektif untuk mendorong seseorang bangkit kembali dari keterpurukan. Alhasil, sampai saat ini konten motifasi masih banyak dicari.

2. Konten Menghibur

Rasa jenuh yang ditimbulkan dari padatnya aktivitas sehari-hari tentu perlu dinetralisir secepat mungkin. Berkat kemajuan teknologi, orang-orang biasanya langsung membuka sosial media untuk menghilakan rasa bosan atau kejenuhan. Nah, Anda bisa mengambil celah ini dengan cara memproduksi berbagai konten hiburan yang lucu dan ringan.

3. Konten Edukatif

Tak hanya konten inspiratif dan menghibur saja yang bisa meningkatkan engagement di media sosial, konten edukatif pun masih mendapat porsi lumayan besar ketika disajikan kepada targer audiens yang benar. Sebagaimana kita ketahui, internet saat ini sudah menjadi sarana belajar bagi mayoritas orang. Sangat banyak sekali kanal YouTube maupun situs web yang menawarkan konten edukatif sehingga masyarakat umum bisa ikut belajar.

4. Konten Informatif

Karakteristik dari konten informatif bisa berupa ulasan fakta terkini sampai dengan infografis. Tipe konten yang inspiratif juga memiliki angka engagement tinggi karena biasanya dicari banyak orang yang merasa penasaran terkait suatu topik atau kejadian.

Baca juga: Bahaya Dampak Media Sosial Bagi Kehidupan Manusia

Tips dalam membuat konten jenis ini yakni dengan memanfaatkan kecepatan serta akurasi data. Pasalnya, sekali melakukan kesalahan maka media Anda bisa dicap sebagai penyebar berita palsu (Hoax).

 

Tips Menaikkan Engagement di Media Sosial

Algoritma Social Media
Algoritma Social Media

Mengadakan Kontes / Giveaway

Pernahkah Anda mendapat tag dari teman atau mutual di media sosial yang berisi ajakan untuk mengikuti lomba? Cara ini memang sangat efektif untuk meningkatkan keterlibatan audiens. Kontes sendiri bisa berupa giveaway barang, voucher, atau bahkan uang tunai yang disiapkan untuk pemenang.

Terlepas dari itu, kontes juga menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan brand awareness karena ada interaksi dua arah yang bakal membuat audiens merasa dihargai.

Jadi, jika saat ini Anda sedang membangun brand baru maka cobalah mengadakan kontes kecil-kecilan untuk melihat pengaruh positif yang ditimbulkan.

Optimalkan Media Visual

Riset membuktikan jika orang-orang lebih terlibat (engage) dengan konten visual dibandingkan dengan konten tulisan. Jadi, Anda sebaiknya lebih memprioitaskan gambar atau video singkat jika ingin mendapatkan like, share, dan komentar.

Penggunaan konten visual juga dipercaya bisa membantu menjangkau lebih banyak  pembaca dibandingkan dengan konten yang hanya berupa teks tanpa gambar.

Terlepas dari itu, Anda juga harus memastikan bahwa media visual yang digunakan cocok dan relevan dengan tema postingan.

Tampilkan konten Pelanggan

Ada beberapa bentuk konten pelanggan yang bisa Anda gunakan, misalnya seperti testimonial, ulasan, atau kritik dan saran. Selain bakal meingkatkan engagement, konten pelanggan semacam ini juga bakal membantu menambah kepercayaan serta loyalitas pelanggan.

Baca juga: Kesalahan di Media Sosial yang Berdampak Buruk pada Bisnis

Bagikan berbagai kesan positif yang selama ini perusahaan Anda dapatkan, selain itu libatkan juga komunitas atau pengirim konten dengan cara menandai dan berterima kasih ketika kiriman diterbitkan.

 

Kesimpulan

 

Dari pembahasan di atas bisa kita lihat bahwa engagement sosial media sangat berkaitan erat dengan tipe konten yang sering kita bagikan. Sebagai brand, cobalah untuk mngeksplore berbagai kemungkinan untuk menemukan formula yang cocok dan relevan.

Sementara itu, selain mengopimalkan media sosial, sebaiknya Anda juga memanfaatkan platform digital seperti email marketing untuk meningkatkan keterlibatan audiens dengan cara yang lebih privat dan personal.

Anda bisa menggunakan layanan email marketing MailToGo dari Qwords.com untuk memudahkan proses pengiriman email ke ribuan orang secara bersamaan.

Untuk mengukur performa dari campaign yang dijalankan, MailToGo uga sudah menyediakan statistik guna menampilkan jumlah interaksi yang didapatkan.

Bagaimana menurut Anda? Apakah tertarik untuk mencobanya?

2 Replies to “Ingin Punya Engagement Rate Tinggi? Upload 4 Tipe Konten Ini

  1. Setuju sama bagian “Tampikan Konten Pelanggan” Karena emang audiens atau konsumen tuh suka banget ngelakuin tag ke akun penjual. Kalau di share ulang, rasanya gimanaa gitu ..
    btw, ane pernah di posisi sebagai penjual, dan juga pernah jadi pembeli hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *