Zaman sekarang ini semua penggunaan internet membutuhkan layanan email. Email berfungsi sebagai sarana komunikasi mengirim dan menerima email, identitas diri, dan keperluan online lainnya. Bahkan alamat email sekarang ini sudah menjadi salah satu hal yang wajib seperti nomor handphone.

Komunikasi menggunakan internet saat ini pun banyak menggunakan layanan email. Apalagi untuk keperluan pekerjaan dan bisnis email seolah menjadi media yang resmi digunakan. Satu hal yang ditanyakan pertama adalah mengenai alamat email kita.

Dalam kasus seperti ini, Anda harus menggunakan email profesional. Email profesional adalah email yang menggunakan ekstensi domain sendiri. Jika Anda masih menggunakan email personal seperti namaanda@gmail.com atau namaanda@yahoo.com akan terlihat kurang profesional. Karena Google dan Yahoo merupakan penyedia email gratis sehingga kurang dapat dipercaya.

Jika Anda saat ini masih menggunakan email gratis, maka Anda perlu menyimak  pada pembahasan artikel yang sangat tepat. Kami akan membahas mengenai layanan email profesional terbaru dari Qwords bernama Email Cloud Collaboration Suite.

Mengapa Harus Memiliki Email Profesional

Email Cloud Collaboration Suite
Email Cloud Collaboration Suite

Sebelum dilanjutkan, Kami akan memberikan beberapa alasan mengapa Anda harus memiliki email profesional saat ini. Apa saja itu? berikut pembahasannya:

1. Email gratis untuk keperluan personal

Layanan email dari Google dan Yahoo tidak cocok untuk keperluan bisnis. Walaupun sudah menggunakan namabisnis@gmail.com tetapi masih akan terlihat kurang kredibel. Karena semua orang bisa saja dengan mudah untuk membuat email dengan nama mirip email yang Anda gunakan.

Jadi solusi terbaiknya untuk menggunakan email personal hanya untuk kebutuhan personal saja seperti berkirim tugas, email dengan teman, daftar social media dan sejenisnya.

2. Mewakili bisnis

Kenapa harus menggunakan email dengan ekstensi nama domain bisnis Anda? Jawabnya secara tidak langsung dengan email tersebut Anda sudah mewakili perusahaan. Email menjadi media penghubung antara Anda dengan pelanggan. Untuk urusan bisnis, email profesional memiliki persentase dibalas lebih besar, bahkan menjadi prioritas utama, berbeda cerita jika menggunakan layanan email pribadi.

3. Meningkatkan kepercayaan

Alasan mengapa harus memiliki email profesional yang terakhir adalah meningkatkan kepercayaan bisnis. Email profesional memiliki persentase dibuka lebih besar 65% dan orang lebih percaya dengan menggunakan email profesional dengan ekstensi nama domain bisnis dibandingkan dengan Gmail dan Yahoo.

Kepercayaan dari pelanggan merupakan aset yang penting untuk sebuah bisnis. Pelanggan tidak akan berpikir dua kali untuk melakukan transaksi, bahkan bisa melakukan transaksi bisnis berulang. Dan ini semua hanya bisa didapatkan saat Anda sudah bisa mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

Email Profesional ECCS

Saat membeli paket hosting dan domain di Qwords, Anda sudah mendapatkan fitur email dengan ekstensi domain yang dimiliki. Tetapi ada satu kekurangan yaitu menggunakan webmail gratisan dari cPanel yang kurang powerfull dan banyak batasannya. Untuk Hosting Qwords memiliki dua layanan webmail dari cPanel bernama Roundcube Webmail dan Horde Webmail.

Kedua webmail ini sebenarnya bisa digunakan, tinggal setting email bisnis saja. Kekurangannya selain kapasitas yang terbatas, webmail ini terbilang rumit saat setting dan membuka email. Selain itu dari kedua webmail ini kurang menarik dan memiliki UI/UX yang buruk. Jika dibandingkan dengan layanan email gratis dari Google dan Yahoo kalah jauh.

Email Cloud Collaboration Suite adalah jawaban dari itu semua. ECCS adalah layanan email dengan penyimpanan menggunakan hosting berkapasitas besar. Layanan email ini memang tidak gratis, Anda bisa membelinya secara terpisah dari layanan hosting domain. Jika dibandingkan dengan layanan email dari Google dan Yahoo, ECCS juga berbeda.

Baca juga : Cara Membuat Email Penawaran Bisnis Yang Menarik

Kelebihan Email Profesional ECCS

Zimbra Dashboard
Zimbra Dashboard

Ada beberapa kelebihan dari layanan Email Cloud Collaboration Suite dari Qwords ini. Berikut pembahasannya:

  • Mendapatkan email profesional

Anda bisa mengubah nama email kontak dengan nama domain bisnis sehingga terlihat profesional. Anda bisa bebas mengkustom nama email profesional dengan ekstensi @domainanda.com

  • Kapasitas penyimpanan besar

Kapasitas dari ECCS untuk paket basic mendapatkan kapasitas sebesar 25 GB disk storage. Anda bebas menyimpan data-data penting pada cloud sehingga lebih aman dan sewaktu dibutuhkan bisa diakses dengan mudah.

  • Kapasitas penyimpanan kontak banyak

Jika Anda memiliki kontak rekan bisnis yang banyak, ECCS mampu menyimpan hingga 1.000 kontak email yang berbeda. Tentu ini membantu sekali tidak perlu repot-repot menyimpan alamat email pada tempat lain.

  • Maximal file upload yang besar

Maximum file yang diupload bisa mencapai 20 MB, tentu ini sudah lebih dari cukup untuk file-file dokumen pekerjaan Anda.

  • Mendukung offline web mode

Offline web mode memungkinkan Anda bisa mengedit email dalam keadaan offline, tentu ini membantu sekali terutama saat menulis email-email penting tidak perlu mengulang lagi. Offline mode ini juga membantu untuk Anda yang memiliki koneksi internet kurang stabil.

  • Office document view

Untuk file office, ECCS memiliki fitur untuk melakukan view secara langsung, Anda tidak perlu mendownload bisa langsung dilihat isi dari file document tersebut.

  • Ajax web client

Ajax web client membuat tampilan dashboard email lebih mudah dan cepat saat digunakan.

  • Free SSL

    sertifikat SSL
    sertifikat SSL

Untuk masalah keamanan jangan khawatir, karena layanan ECCS sudah menggunakan SSL Letsencrypt. Jadi untuk semua data yang terkirim semuanya sudah dienkripsi sehingga menghindarkan dari peretasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

  • Mobile access

Tidak hanya support untuk desktop view saja, ECCS juga mendukung tampilan mobile. Jadi Anda bisa membalas pesan langsung via mobile jika memang sedang dibutuhkan.

  • Schedule assistant

Fitur schedule assistant berfungsi untuk melakukan penjadwalan meeting dengan rekan bisnis Anda, sehingga tidak terjadi lupa agenda meeting.

  • Sync calendar

ECCS memungkinkan fitur untuk sync dengan kalender, jadi untuk agenda-agenda penting tidak sampai terlewatkan.

  • Anti Spam security  

Nah yang terakhir adalah fitur anti spam security. Layanan email memang paling rentan terhadap masalah spam. Dengan fitur ini Anda bisa memfilter pesan-pesan yang mengindikasi adanya spam-spam.

Kesimpulan

Memiliki email profesional untuk keperluan bisnis memiliki banyak keuntungan. Untuk Anda saat ini sebagai pemilik bisnis harus mempertimbangkan untuk menggunakan layanan email profesional ini, karena email menjadi salah satu strategi marketing dalam bisnis.

Agar hasilnya lebih maksimal, Anda perlu menggunakan tools email marketing agar bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Kami memiliki rekomendasi layanan email marketing MailToGo, karena ECCS tidak mendukung untuk layanan email marketing hanya sebatas email professional saja.

Email Cloud Collaboration Suite hadir untuk menjawab kebutuhan akan email profesional untuk keperluan bisnis Anda. Untuk bisa menikmati layanan ECCS dari Qwords ini harganya mulai dari Rp 61.000/bulan saja, tentu ini harga yang murah dan menarik untuk bisnis Anda. tunggu apalagi miliki email profesional Anda sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *