Keunggulan Menggunakan Domain XYZ

2 min read

Keunggulan Menggunakan Domain XYZ

Jika saat ini sahabat Qwords sedang mencari nama domain unik, maka domain xyz bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat. Ekstensi domain kelas gTLD ini pertama kali diperkenalkan pada 2 Juni 2014. Kemudian langsung menjadi salah satu top domain global setelah berhasil meraih 1,1 miliar pengguna di usia tahun ketiga (2017).

Kenapa Harus Domain .XYZ?

ekstensi domain
ekstensi domain

Ketika ingin membuat website, hal pertama yang terlintas di kepala adalah nama domain unik yang diharapkan mampu memikat banyak pengguna. Kami percaya bahwa domain .xyz adalah ekstensi yang akan menjadi domain .com generasi selanjutnya.

Baca juga: Cara Beli Domain dan Hosting Murah Modal 100 Ribu

Potensi popularitas domain besutan Daniel Negari tersebut sudah terlihat mulai dari tahun pertama go publik. Hingga kemudian meledak setelah banyak digunakan oleh perusahaan top dunia.

 

Contoh Website dengan Domain XYZ

contoh website desain
contoh website desain

1.Abc.xyz

Beberapa tahun lalu Google mengumumkan sebuah perusahaan baru bernama Alphabet. Pada awal kemunculannya, perusahaan yang menaungi seluruh produk besutan Google tersebut menggunakan nama ekstensi .xyz sebagai website company profile.

Nah, dari sini juga popularitas ekstensi .xyz semakin tinggi hingga semakin banyak dilirik oleh para blogger maupun webmaster.

2.Hooli.xyz

Apakah sahabat Qwords pernah menonton TV Series “Silicon Valley”? Jika Anda sudah pernah, tentu sudah tidak asing dengan nama Hooli, bukan? Hooli.xyz merupakan project milik Gavin Belson, salah satu pemeran dalam serial TV Silicon Valley.

Bagi para penggila teknologi, tentu tidak ada salahnya untuk meniru langkah Gavin Belson dalam menggunakan ekstensi .xyz.

3.Starship.xyz

Contoh website yang menggunakan .xyz berikutnya adalah Starship, sebuah perusahaan robot delivery buatan co-founder Skype yang berbasis di San Francisco, CA. Website ini cukup populer di kalangan pengembang karena desainnya yang clean, minimalis, serta unik. Cocok dengan value company yang notabene merupakan perusahaan teknologi.

4.Gen.xyz

Gen.xyz bisa dibilang sebagai wadah yang menyediakan berbagai informasi seputar domain xyz. Mulai dari berita, contoh website, hingga visi misi.

5.Playground.xyz

Desain mencolok dan playfull yang didominasi warna merah muda membuat website ini menarik untuk dijadikan contoh.

6.Ceo.xyz

Ceo.xyz merupakan nama domain yang dimiliki oleh Daniel Negari. Sosok penting yang mengembangkan domain XYZ mulai dari nol hingga digunakan jutaan orang. Saat ini domain ceo.xyz digunakan untuk alamat blog pribadi Daniel. Anda bisa mampir untuk membaca beberapa artikel hasil tulisannya.

Keunggulan Menggunakan Domain XYZ

Keunggulan Menggunakan Domain XYZ
Keunggulan Menggunakan Domain XYZ

1.Mudah Diingat

Jika dibandingkan dengan ekstensi baru lainnya, domain xyz relatif lebih mudah diingat karena merupakan susunan tiga huruf terakhir dalam abjad.

Di era sekarang, istilah xyz juga semakin populer berkat pembagian generasi. yakni Generasi X untuk kelahiran tahun 1961-1980, Generasi Y kelahiran tahun 1981-1995, dan Generasi Z kelahiran tahun 1996-2010.

2.Terkesan Unik

Nama xyz yang ditambahkan dibelakang brand tentu mampu menarik rasa penasaran banyak orang. Penggunaan ekstensi ini juga mampu membuat brand terkesan unik dan kekinian, sehingga efeknya akan lebih mudah nyantol di kepala konsumen.

3.SEO Friendly

Pada awal kemunculannya, domain xyz memang masih susah untuk terindeks di mesin pencari. Kendati demikian, dalam beberapa tahun terakhir kondisi ini sudah mengalami perubahan, dan sekarang .xyz sudah menjadi semakin SEO Friendly.

4.Masih Banyak Pilihan

Karena belum banyak yang tertarik untuk menggunakan, maka pilihan kata untuk ekstensi xyz sampai saat ini masih mudah dicari. Anda bahkan masih bisa menemukan nama domain premium yang terdiri dari 3-5 karakter yang bisa dibeli dengan harga normal.

Baca juga: Pilihan Ekstensi Domain yang Cocok Untuk Website Toko Online

Kondisi ini tentu sangat cocok untuk brand yang kesulitan mendapatkan ekstensi populer seperti .com, .net .id atau .co.id, yang pilihan katanya relatif mulai susah didapatkan.

5.Fleksibel Untuk Website Apapun

Tidak hanya cocok digunakan untuk website teknologi, .xyz juga pas untuk mengakomodir kebutuhan website edukasi, bisnis, toko online, hingga kecantikan. Branding dari ekstensi domain .xyz juga tidak spesifik seperti .com yang diplot untuk komersial, .org untuk organisasi, .co.id untuk perusahaan resmi di Indonesia, dan lain sebagainya.

Kekurangan Menggunakan Domain .XYZ

kekurangan domain xyz
kekurangan domain xyz

1.Nama Domain Masih Asing

Seperti kita ketahui, ekstensi .xyz relatif masih jarang ditemui. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga hampir di berbagai penjuru dunia. Alhasil, menggunakan domain ini memberikan tantangan tersendiri.

2.Hanya Murah di Tahun Pertama

Meski saat ini .xyz ditawarkan dengan harga murah (mulai dari Rp 11 ribu – Rp 75 ribu), pada kenyataannya ekstensi domain ini lumayan mahal ketika masuk perpanjangan tahun kedua. Jika dihitung dengan harga normal, biaya perpanjangan domain .xyz berkisar antara Rp 250 ribu – Rp 350 ribuan pertahun. Angka ini jauh lebih mahal dibandingkan biaya beli domain .com atau .id.

Dapatkan Domain XYZ Sekarang Juga!

Itulah pembahasan seputar xyz domain yang perlu diketahui. Bagaimana? Apakah saat ini sahabat Qwords tertarik untuk menggunakannya? Jika tertarik, Anda bisa memeriksa ketersediaan domain incaran sekarang juga. Gunakan fitur cek domain dari Qwords.com dan dapatkan promo domain XYZ hanya Rp 29 ribu untuk 1 tahun pertama.

Selamat mencoba. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *