Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Mau Bikin Website? Gunakan Domain Termurah Berikut Ini

3 min read

DOMAIN TERMURAH

Website adalah sebuah platform yang sangat populer di era digital sekarang ini. Banyak sekali pengguna yang membuat website karena punya berbagai alasan. Ada yang membuat website untuk kepentingan bisnis, atau karena memiliki hobi menulis. Memiliki website juga sangat berguna untuk keperluan personal branding dan marketing.

Namun, sebagian pengguna masih mengurungkan niatnya untuk membuat website karena terkendala masalah biaya. Tapi tenang saja, tidak semua website keren itu harus mahal harganya. 

Nah, bila Sahabat Qwords adalah pengguna yang ingin membuat website dengan modal pas-pasan. Anda berada di artikel yang tepat. Karena pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi domain dengan harga yang murah. Penasaran apa saja daftarnya? Yuk, kita mulai.

Apa Itu Ekstensi Domain

Ekstensi domain atau biasa disebut dengan top-level domain (TLD) secara sederhana adalah sebuah tanda pengenal website untuk diidentifikasi oleh mesin pencari, atau bahkan oleh pengguna internet. Seperti manusia, ternyata setiap website juga memiliki identitas, lho.

Letak ekstensi domain ini berada di belakang titik setelah nama domain. Contohnya adalah websiteanda.id. Itu artinya domain yang bernama websiteanda memiliki ekstensi domain .id.

Lalu apa maksudnya? .id berarti website tersebut berasal dari negara Indonesia.

Contoh lainnya adalah ketika menggunakan .com, berarti website tersebut bersifat komersial (com berasal dari kata commercial). Walaupun sekarang .com tak hanya dipakai oleh website bisnis, melainkan juga untuk website pribadi. 

Nah, di antara jenis-jenis ekstensi domain yang ada, harga yang ditawarkan pun beragam. Salah satu faktor yang memengaruhi perbedaan harga ekstensi domain adalah jenisnya.

Agar Sahabat Qwords semakin paham, simak pembahasan jenis-jenis ekstensi domain di bawah ini, yuk.

Jenis Ekstensi Domain

Ekstensi domain dibagi ke dalam tiga jenis yang berbeda, dan ketiganya memiliki karakteristiknya masing-masing, berikut ulasannya.

1. gTLD (generic Top-Level Domain)

Jenis yang pertama adalah generic Top-Level Domain (gTLD). gTLD merupakan jenis ekstensi yang bisa dipakai oleh siapa yang ingin membuat website, baik itu individu maupun perusahaan. Dan untuk menggunakannya tidak ada persyaratan khusus.

Biasanya, ekstensi domain yang termasuk dalam jenis ini sudah sangat populer dan dikenal oleh masyarakat.

Contoh ekstensi domain yang masuk kategori gTLD adalah .com, .net, .org, .xyz, dan sebagainya.

2. ccTLD (country code Top-Level Domain)

Country code Top-Level Domain (ccTLD) adalah ekstensi domain yang spesifik berasal dari negara tertentu.

Penggunaan dua huruf sebagai ekstensi domain menjadi salah satu ciri khas ccTLD ini. Dua huruf itu diambil dari kode ISO 3166.

Untuk dapat menggunakan ekstensi ccTLD, biasanya ada syarat khusus seperti kartu identitas, dan sebagainya.

Contoh ekstensi domain yang masuk dalam jenis ccTLD adalah .id, .uk, .my, .in, dan sebagainya.

3. sTLD (sponsored Top-Level Domain)

Jenis yang ketiga adalah sponsored Top-Level Domain (sTLD), merupakan jenis TLD yang digunakan oleh para organisasi privat, bisnis, dan pemerintahan. Ada aturan khusus yang harus dipenuhi untuk dapat menggunakan TLD ini, sehingga tidak semua orang dapat menggunakannya seperti pada gTLD.

Contoh ekstensi domain sTLD adalah .edu, .gov, .asia, .mil, .tel, dan masih banyak ekstensi lainnya.

Baca Juga: Rahasia Membangun Website Startup: Pakai Domain .TECH

Daftar Ekstensi Domain Termurah

Sahabat Qwords telah memahami jenis-jenis ekstensi domain, sekarang waktunya Anda mengetahui harga ekstensi domain termurah yang bisa dijadikan pilihan untuk membuat website.

Namun, karena definisi murah sendiri subjektif, artinya tidak ada ketentuan pasti tentang definisi murah itu sendiri.

Maka dari itu, kami akan menyajikan daftar harga domain murah dalam dua kategori, yang pertama adalah domain dengan harga maksimal Rp100.000. Untuk yang kedua berada di kisaran Rp100.000-200.000.

A. Maksimal 100rb

  1. my.id : Rp12.000
  2. biz.id : Rp55.000
  3. or.id : Rp55.000
  4. web.id : Rp55.000
  5. agency : Rp77.000
  6. boutique : Rp80.000

B. Harga 100-200rb

  1. cyou : Rp102.000
  2. moscow : Rp109.000
  3. wf : Rp120.000
  4. com : Rp135.000
  5. lv : Rp157.000
  6. org : Rp170.000
  7. okinawa : Rp173.000
  8. ryukyu : 173.000
  9. yokohama : Rp173.000
  10. or.at : Rp177.000
  11. at : Rp178.000
  12. ren : Rp184.000
  13. net : Rp187.000

Harga ekstensi domain di atas adalah harga sebelum promo. Untuk harga promo, sebenarnya masih banyak ekstensi domain dengan harga kisaran Rp100.000-200.000. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihatnya di daftar domain berikut.

Cara Memilih Ekstensi Domain yang Tepat

Bila Anda sudah berencana menggunakan salah satu domain termurah yang kami berikan, ada baiknya juga seandainya Sahabat Qwords juga mengetahui bagaimana cara memilih ekstensi domain yang tepat.

Sehingga uang yang Anda keluarkan tidak terbuang sia-sia karena kurang tepat dalam memilih ekstensi domain.

Yuk, pahami tipsnya berikut ini.

  • Sesuaikan dengan Tema dan Tujuan Website

Hal utama yang harus Anda ingat dalam memilih ekstensi domain adalah menyesuaikannya dengan website yang Anda ingin buat.

Misalnya, website yang ingin dibuat bersifat pribadi dan difungsikan untuk portofolio. Anda bisa memilih contohnya my.id saja atau juga .com yang harganya masih cukup terjangkau.

Selain itu, baik my.id maupun .com masih cukup relevan dengan website portofolio Anda nantinya.

Bayangkan saja bila domain yang dipilih adalah .agency, tentu website Anda sangat tidak relevan karena orang-orang mengira bahwa website tersebut milik sebuah agency.

  • Gunakan ccTLD

Tips kedua bisa Anda terapkan jika ingin memilih nama domain yang tetap relevan dengan harga yang lebih terjangkau.

Bila Anda belum tahu, ccTLD untuk negara Indonesia tidak hanya .id saja, tetapi ada beberapa jenis ekstensi lainnya yang bisa Anda pilih.

Misalnya co.id, or.id, net.id, atau pun biz.id. Dengan beberapa pilihan ccTLD yang ada, kami rasa sudah bisa mencukupi kebutuhan website Anda.

Bahkan, Anda juga bisa menggunakan .id untuk beberapa jenis website maupun blog pribadi karena website Anda nantinya akan dikenal sebagai website yang berasal dari Indonesia.

Baca Juga: Masih Pakai Domain .COM? Cek Statistik Domain Tahun 2022

Sudah Siap Membuat Website?

Ekstensi domain sangat penting dan wajib untuk dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk membuat sebuah website.

Karena sesungguhnya ekstensi ini bukan semata-mata kode biasa yang tidak memiliki makna, tetapi justru dapat memperkuat identitas website Anda di mata pengguna dan mesin pencari.

Bagaimana, Sahabat Qwords. Anda sudah siap membuat website dengan ekstensi domain termurah yang kami berikan? Atau bila ingin mencoba domain Indonesia, Anda juga bisa mendaftar di I Love ID untuk melihat daftar domain yang tersedia.

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Review Qwords, Provider Hosting dengan Layanan…

Provider hosting yang memiliki layanan lengkap adalah Qwords, sudah lama membangun reputasi sebagai penyedia layanan hosting dengan keunggulan layanan yang lengkap dan berkualitas. Sebagai...
Eril Obeit Choiri
5 min read

6 Tips Menjadi Wirausaha Sukses dari…

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan fleksibel dan mudah. Salah satunya adalah menjalankan bisnis dari rumah. Mundur tiga hingga empat...
Jordy Prayoga
2 min read

Review Qwords, Hosting Cloud Cepat, Aman…

Qwords, mungkin ada dari beberapa pembaca blog ini yang belum mengenal secara detail tentang Qwords.  Qwords memiliki layanan utama penjualan domain hosting dengan berbagai...
Eril Obeit Choiri
2 min read

One Reply to “Mau Bikin Website? Gunakan Domain Termurah…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *