Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Rahasia Membangun Website Startup: Pakai Domain .TECH

3 min read

DOMAIN TECH

Belum genap sepuluh tahun dirilis, kehadiran domain .tech sudah menjadi pilihan oleh beberapa startup besar dunia dalam membangun sebuah website.

Berbicara soal startup, Indonesia sendiri memiliki banyak sekali startup dan menempatkannya di posisi ke-6 negara dengan startup terbanyak di dunia. Namun, sepertinya belum banyak startup di Indonesia yang menggunakan domain .TECH ini.

Lalu, sebenarnya apa itu domain .TECH? Benarkah domain .TECH hanya diperuntukkan bagi startup saja? Tenang saja, Sahabat Qwords. Kami akan menjelaskan semuanya kepada Anda. Yuk, simak artikel berikut ini.

Apa Itu Domain .TECH?

.TECH adalah sebuah jenis ekstensi TLD yang diperuntukkan bagi pelaku bisnis, perusahaan, hingga individu yang berhubungan dengan teknologi.

Ekstensi domain .TECH sendiri berasal dari kata technology, dan sudah dikenal sebagai penanda bahwa website yang menggunakan domain ini pasti berkaitan dengan bidang teknologi.

Domain ini dirilis oleh Radix pada tahun 2015 dan sampai sekarang ini sudah lebih dari 300 ribu website telah menggunakan domain TECH.

Bila melihat perbedaannya dengan .COM atau .NET, domain TECH ini lebih berkarakter untuk dijadikan sebuah website startup Anda. Apa alasannya?

Meski sudah sangat populer, website dengan domain .COM dan .NET masih terlihat umum untuk dimengerti oleh orang awam.

Bandingkan bila memakai .TECH, pasti orang-orang sudah mengerti bahwa website tersebut berkaitan teknologi, entah itu startup maupun brand tertentu.

Banyak yang menganggap kalau domain ini masih tergolong baru, serta belum banyak orang yang begitu mengenal dan bahkan mau untuk menggunakannya.

Namun, hal itu ternyata tidak benar, karena beberapa perusahaan besar telah menggunakan .TECH untuk website mereka, siapa sajakah perusahaan itu?

Adalah hollywood.tech, viacom.tech, dan masih banyak lagi perusahaan besar yang menggunakan domain TECH.

Lalu, apakah hal itu cukup membuat Anda yakin untuk menggunakan domain .TECH untuk website startup?

Untuk membantu meyakinkan pilihan Anda, coba simak beberapa alasan startup sebaiknya menggunakan domain .TECH di bawah ini.

Baca Juga: 5+ Alasan Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis

Mengapa Startup Sebaiknya Menggunakan .TECH?

Ada lima alasan sebuah startup sebaiknya memiliki website dengan domain .TECH:

1. Meningkatkan Branding Startup

Berdiri sebagai sebuah startup, sudah menjadi prioritas utama untuk selalu menciptakan inovasi dan karya yang familier di kalangan masyarakat.

Namun, tidakkah Anda juga ingin startup Anda juga dikenal secara meluas? Berawal dari .TECH, semua itu bisa diraih lho, Sahabat Qwords.

Sesederhana nama domain yang unik dan sesuai, startup Anda berpeluang besar untuk masuk ke dalam memori masyarakat Indonesia karena mudah diingat.

Tidak percaya? Coba bandingkan, misalnya ada dua website startup teknologi yakni cloudmax.com dengan cloudmax.tech, mana yang lebih menggambarkan nama startup?

Sudah jelas bahwa cloudmax.tech lebih relevan.

2. Cocok untuk Startup Teknologi

Anda tidak perlu repot-repot untuk selalu mengatakan bahwa startup Anda bergerak di bidang teknologi.

Karena dengan .TECH, Anda bisa memberi tahu tanpa mengatakannya secara berulang kali kepada semua orang.

Sebagai contoh, www.indodiesel.com dengan www.indodiesel.tech, mana yang terlihat lebih bernuansa teknologi?

Bila berekstensi .COM, orang-orang akan mengira bahwa website tersebut menjual diesel, spare part diesel, atau perusahaan diesel.

Namun, dengan .TECH, sudah jelas bahwa website tersebut berhubungan dengan teknologi dan diesel.

3. Tersedia Banyak Pilihan Nama Domain

Alasan selanjutnya mengapa startup Anda beralih menggunakan .TECH adalah ketersediaan pilihan nama domainnya.

Domain .COM sudah lama dirilis serta banyak digunakan oleh jutaan website di internet. Tentu hal itu membuat nama yang mungkin Anda inginkan sudah digunakan oleh website lain.

Nah, kemungkinan itu sangat kecil terjadi pada domain .TECH, atau bahkan hampir tidak ada mengingat penggunaan domain ini belum terlalu besar.

4. Domain Tech SEO Friendly

SEO adalah faktor yang membuat orang-orang seolah takut untuk beralih dari TLD .COM maupun .NET.

Padahal, search engine seperti Google akan memperlakukan semua domain setara tentang strategi SEO yang diterapkan.

Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir bila website startup Anda nantinya mendapati kasus susah terindex atau sulit bersaing dengan website dengan domain .COM, karena hal itu tidak akan terjadi.

Lalu, bagaimana agar website dengan domain .TECH bisa bersaing dengan domain TLD lainnya? Buatlah struktur website yang jelas dan tentunya konten yang berkualitas.

5. Bisa Bergabung Startup League

Untuk bersaing dengan startup di Indonesia, pastinya ada banyak faktor yang harus Anda siapkan, salah satunya adalah exposure.

Namun, untuk bisa menyaingi exposure milik startup lain, pastinya startup Anda harus memiliki dana yang cukup.

Tenang saja, jika startup Anda menggunakan domain .TECH, Radix selaku pemilik TLD .TECH akan mengikutsertakan Anda ke sebuah program bernama Startup League.

Program itu akan membantu memasarkan startup secara eksklusif berbentuk sponsor di acara teknologi, serta memberitakan tentang startup teknologi Anda secara luas.

Lantas, bagaimana bila Anda tidak berniat membuat startup, tetapi hanya sekadar membuat website pribadi dengan domain .TECH? Pertanyaan ini mungkin akan terbesit di kepala para tech enthusiat mengingat domain .TECH juga tidak hanya diperuntukkan bagi startup saja.

Untuk mendapatkan jawabannya, coba temukan di bawah ini ya, Sahabat Qwords.

Baca Juga: Apakah Ekstensi Domain Berpengaruh Terhadap SEO?

Domain .TECH untuk Blog, Memangnya Bisa?

Jawabannya adalah…bisa. Ya, Anda bisa menggunakan domain .TECH untuk blog atau website pribadi.

Karena .TECH termasuk dalam gTLD (generic Top-Level Domain), artinya semua orang berhak menggunakan domain ini.

Hanya saja, usahakan blog atau website pribadi yang Anda buat berkaitan dengan teknologi, misalnya blog yang membahas seputar teknologi gadget, teknologi robot, dan sejenisnya.

Meski tidak ada aturan khusus untuk tema blog tertentu, paling tidak Anda bisa menyesuaikannya agar tetap relevan.

Tidak mungkin ‘kan Anda menggunakan .TECH untuk website yang membahas objek wisata.

Nah, bila Anda berminat untuk menggunakan domain .TECH tetapi belum tahu bagaimana cara mendaftarkannya, kami juga akan memberikan tutorialnya secara singkat dan mudah.

Cara Mendaftarkan Domain .TECH

Berikut ini adalah cara mendaftarkan domain .TECH dengan mudah:

1. Kunjungi Link Pembelian Domain

Cara pertama, Anda bisa mengunjungi website Qwords atau mengakses tautan cek domain .TECH berikut ini, kemudian cari nama domain yang diinginkan, misalnya startupanda.tech

Di halaman tersebut, sebenarnya Anda juga bisa memilih nama domain lain karena Qwords menyediakan lebih dari 500 ekstensi domain.

Dapatkan Domain Murah Lainnya di Sini

2. Pilih Layanan 

Pada menu selanjutnya, Anda dapat memilih beberapa layanan hosting yang tersedia. Jika ingin membeli domain saja, klik Pesan Domain Saja.

Kemudian Anda juga akan diminta memilih untuk menggunakan Whois Protection, klik centang jika ingin mendapatkan perlindungan privasi domain. Setelah Masukkan ke Keranjang > Selanjutnya

3. Selesaikan pembayaran

Apabila sudah selesai memilih produknya, silakan melakukan pembayaran melalui berbagai pilihan yang tersedia. mudah, bukan?

Buat Website Startup Anda Sekarang!

Nah, setelah mengetahui alasan mengapa startup menggunakan domain .TECH, rasanya sangat disayangkan bila Anda mengabaikannya.

Pasalnya, jika Startup Anda memakai .TECH, kesempatan untuk mendapatkan bantuan pemasaran eksklusif terbuka lebar dengan adanya acara program Startup League.

Namun, apabila Anda bukan pelaku bisnis startup dan tetap ingin memiliki website sendiri, Anda juga bisa mendaftarkan ekstensi domain lainnya seperti domain .ID atau yang lainnya.

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Review Qwords, Provider Hosting dengan Layanan…

Provider hosting yang memiliki layanan lengkap adalah Qwords, sudah lama membangun reputasi sebagai penyedia layanan hosting dengan keunggulan layanan yang lengkap dan berkualitas. Sebagai...
Eril Obeit Choiri
5 min read

6 Tips Menjadi Wirausaha Sukses dari…

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan fleksibel dan mudah. Salah satunya adalah menjalankan bisnis dari rumah. Mundur tiga hingga empat...
Jordy Prayoga
2 min read

Review Qwords, Hosting Cloud Cepat, Aman…

Qwords, mungkin ada dari beberapa pembaca blog ini yang belum mengenal secara detail tentang Qwords.  Qwords memiliki layanan utama penjualan domain hosting dengan berbagai...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *