Ingin Bisnis Semakin Mudah Ditemukan? Pakai Saja Domain Premium

3 min read

Domain premium merupakan nama domain spesial yang diincar banyak orang karena memiliki beragam kelebihan. Maka dari itu, tidak heran jika nama domain jenis ini kerap kali dibanderol dengan harga lebih mahal dibandingkan dengan domain reguler.

Pernahkan Anda menemukan nama domain pendek dengan susunan 2-4 karakter? Atau mungkin Anda justru pernah menemukan nama domain reguler yang dijual dengan harga tinggi oleh sang pemilik karena didalamnya terdapat nama brand atau istilah yang sudah populer? Itulah contoh domain premium.

Terlepas dari itu, kira-kira apa saja sih fungsi dan manfaat menggunakan nama domain premium? Apakah bisa berpengaruh terhadap bisnis? Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa Itu Domain Premium?

Domain premium adalah istilah yang digunakan untuk menyebut nama domain yang sangat diincar karena memiliki karakter pendek atau mengandung kumpulan kata kunci merek.

Harga domain premium biasanya lebih mahal daripada harga domain biasa. Pasalnya, domain premium terdiri dari jumlah karakter yang lebih pendek dibandingkan domain pada umumnya.

Kendati memiliki harga tinggi, biaya akuisisi nama domain premium sendiri hanya berlaku untuk satu kali pembayaran awal pada tahun pertama. Sementara untuk biaya perpanjangan tahun kedua dan seterusnya harga sewanya sama seperti domain biasa.

Baca juga: Apa Itu Domain? Inilah Pengertian dan Contoh Ekstensi Domain Untuk Website

Tidak semua domain adalah domain premium, sebuah domain bisa memiliki label premium ketika seseorang / sekumpulan orang percaya bahwa nama domain tersebut memiliki nilai lebih berharga daripada nama domain biasa.

Sedikit flashback ke belakang, netizen Indonesia sendiri sempat dihebohkan dengan beredarnya nama domain premium JokowiMaruf.com yang dibanderol dengan harga Rp2 miliar. Uniknya, nama domain tersebut sebenarnya tidak memenuhi kriteria sebagai domain dengan jumlah karakter pendek, namun lebih ke arah nama branding yang dibawa.

 

Keuntungan Menggunakan Domain Premium

mengenal nama domain
mengenal nama domain

1. Jumlah Karakter Lebih Pendek

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) memutuskan kategori domain premium dengan jumlah karakter mulai dari 2-4 karakter. Hal ini berlaku untuk pendaftaran nama domain dengan ekstensi .ID / .CO.ID / .WEB.ID / .AC.ID / .MY.ID / .BIZ.ID / .OR.ID / .PONPES.ID / .SCH.ID.

2. Lebih Mudah Ditemukan

Di era perkembangan algoritma mesin pencari yang kian tidak pasti, sebuah nama domain dengan kata kunci terbaik di bisnis yang Anda kelola tentu bisa berdampak besar dalam membangun otoritas.

Dengan menggunakan nama domain premium maka calon pelanggan bakal lebih mudah menemukan bisnis Anda di tengah ketatnya arus persaingan.

3. Mampu Meningkatkan Kredibilitas

Seperti yang Anda ketahui, tidak semua orang bisa memiliki nama domain premium karena harganya yang cukup mahal. Oleh sebab itu, bisnis Anda tentu akan terlihat semakin kredibel jika menggunakan nama domain premium sebagai alamat website maupun kontak email.

Baca juga: Mengapa Harus Domain .ID?

Contoh: Penggunaan nama domain bmw.id tentu akan lebih menarik dan meyakinkan jika dibandingkan dengan nama domain bmwmotor.id.

4. Mudah Diingat

Keuntungan paling besar ketika menggunakan nama domain pendek adalah lebih mudah untuk diingat. Jadi, ketika pelanggan ingin mengetahui info penawaran atau promo terbaru yang Anda berikan mereka tinggal mengetik nama domain di address bar.

5. Branding

Selain mudah diingat keuntungan lain dari penggunaan nama domain premium adalah lebih mudah dalam melakukan branding.

Cara Membeli Domain Premium di Qwords.com

Cara membeli domain premium sebenarnya tidak jauh berbeda dengan proses pembelian nama domain biasa. Berikut merupakan langkah-langkah yang bisa Anda gunakan sebagai referensi ketika ingin membeli domain premium di Qwords.com:

Langkah ke-1: Cek Ketersediaan Nama Domain yang Diinginkan

Buka URL https://www.qwords.com/domain-name/ kemudian masukkan kata kunci nama domain premium yang ingin Anda beli ke dalam kotak pencarian yang sudah disediakan. Jangan lupa tentukan jenis ekstensi yang diinginkan sebelum menekan tombol cari sekarang.

Jika nama domain premium yang Anda cari belum digunakan orang lain, maka akan muncul tanda seperti berikut ini.

Langkah ke-2: Memesan Nama Domain Premium

Jika nama domain Anda sudah ditemukan, scroll ke bagian bawah untuk melakukan pemesanan. Klik tombol pesan untuk mengetahui harga domain premium yang harus dibayar.

Gambar di bawah ini merupakan contoh harga domain premium JAM.ID yang masuk dalam kategori 3 karakter ekstensi .ID.

Seperti yang bisa Anda lihat pada screenshot di atas, untuk bisa memiliki nama domain JAM.ID diperlukan biaya tambahan sebesar Rp15.000.000 plus biaya sewa pertahun sebesar Rp250.000, sehingga total harganya mencapai Rp15.250.000 untuk satu tahun pertama.

Baca juga: Cara Membuat Email Bisnis Dengan Domain Sendiri Gratis

Setelah melakukan pemeriksaan harga, selanjutnya Anda bisa memilih tombol checkout untuk melakukan pembayaran atau menekan tombol Lanjutkan Belanja jika Anda ingin melengkapi domain premium yang Anda beli dengan paket Hosting Indonesia, VPS Murah, Dedicated Server, atau Sertfikat SSL.

Login dengan akun Qwords.com atau Register jika Anda merupakan pelanggan baru.

Isi data diri yang diminta dan segera lakukan pembayaran melalui transfer bank, mobile banking, uang digital, atau secara offline melalui minimarket kesayangan Anda.

Selesai.

Penutup

Bagi sebagian orang, nama domain sudah dianggap sebagai identitas yang nilainya lebih dari sekedar alamat website. Nama domain Anda adalah cerminan yang bakal mempengaruhi persepsi publik terhadap bisnis, sehingga mendapatkan nama domain yang tepat menjadi langkah penting jika Anda ingin membangun bisnis yang sukses di era digital.

Terlepas dari itu, penggunaan nama domain premium sendiri sedikit banyak mampu mendorong potensi penguatan brand hingga menarik lebih banyak traffic dibandingkan menggunakan nama domain standar yang lebih umum digunakan.

Menurut Anda sendiri bagaimana? Apakah setuju dengan asumsi di atas? Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar atau sekadar klik bagikan jika artikel ini dirasa bermanfaat.

Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *