Domain ORG: Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

3 min read

domain org adalah

Sudah tahukah Anda mengenai domain ORG adalah? Bila Anda belum mengetahui maka saat ini Anda berada di artikel yang tepat.

Sebelumnya ketika membentuk sebuah organisasi baru dan memiliki keinginan untuk membuat organisasi tersebut dikenal publik maka salah satu cara yang dapat dilakukan ialah dengan membuat sebuah website. 

Dengan membuat sebuah website selain dapat memperkenalkan organisasi lebih terkenal juga dapat membuat organisasi terlihat lebih profesional dan well prepared. 

Dalam membuat website ini ada 3 hal utama yang perlu disiapkan yaitu ada hosting, nama domain, dan juga ekstensi domain yang nantinya akan digunakan. 

Hosting sendiri merupakan layanan yang dapat membuat website bisa online dan dapat ditemukan di sebuah internet. 

Selanjutnya nama domain sendiri diperlukan nama yang unik karena nantinya akan digunakan untuk penghubung antara alamat dari website Anda dengan bisnis Anda. 

Sedangkan untuk ekstensi domain adalah akhiran dari alamat website yang akan mencerminkan bidang apa website milik Anda bergerak. 

Sebelumnya sudah tahukah Anda ekstensi domain apa yang lebih baik digunakan untuk website organisasi atau komunitas milik Anda?

Jika belum Anda saat ini berada di artikel yang tepat karena di dalam artikel ini akan membahas mengenai ekstensi domain apa yang cocok digunakan untuk organisasi atau komunitas. 

Yuk langsung saja kita masuk pembahasannya. 

Domain ORG Adalah 

domain org adalah
pengertian domain org

Domain ORG adalah salah satu dari jenis tujuh ekstensi domain pertama yang rilis pada tahun 1985. 

Untuk ekstensi lainnya yang rilis secara bersamaan dengan domain .ORG ada .US, .COM, .GOV, .EDU, .MIL, dan juga .NET. 

Untuk arti dari ekstensi domain ORG sendiri adalah organization yang dalam bahasa Indonesia ialah organisasi. 

Seperti arti secara garis besarnya, ekstensi domain ORG ini ditujukan khusus untuk sebuah website milik suatu organisasi, komunitas, dan atau lembaga nirlaba. 

Bukan hanya itu saja, ekstensi domain ORG ini juga sering digunakan oleh website yang menyediakan informasi terpercaya ataupun software bersifat open source ke publik. 

Sekedar informasi juga, ekstensi domain juga sering disebut dengan singkatan TLD atau Top Level Domain. 

Dan untuk ekstensi domain ORG ini masuk ke dalam generic top level domain atau singkatannya gTLD. 

Sejarah Ekstensi Domain ORG 

Ekstensi domain ORG ini resmi dirilis pada tanggal 10 Juli 1985. 

Dimana mulanya ekstensi domain ORG ini ditujukan organisasi non komersial atau organisasi non profit yang karakternya tidak memenuhi persyaratan gTLD jenis lainnya. 

Sekitar tiga puluh tujuh tahun yang lalu MITRE Corporation yang merupakan grup pertama mendaftarkan domain .ORG dengan nama mitre.org pada bulan Juli 1985. 

TLD sudah dioperasikan sejak tanggal 1 Januari 2003 oleh Public Interest Registry yang mengemban tugas dari VeriSign Global Registry Service yang merupakan sebuah divisi dari VeriSign. 

The Mitre Corporation ini merupakan sebuah perusahaan non profit yang berasal dari negara Amerika Serikat dimana menjalankan beberapa penelitian serta pengembangan yang didanai oleh pemerintahan. 

Untuk saat ini pengguna ekstensi domain ORG sendiri menempati peringkat ketiga paling banyak digunakan di dunia yaitu sebesar 4.3%. 

Dan untuk peringkat pertama ditempati oleh ekstensi domain COM sebesar 54% dan peringkat ke dua ditempati oleh domain RU sebesar 5%. 

Fungsi Domain ORG 

Untuk secara garis besar, ekstensi domain ORG ini memiliki fungsi meningkatkan partisipasi serta interaksi dari pengunjung. 

Selain itu adanya ekstensi domain ORG ini juga berfungsi menumbuhkan kesadaran serta dukungan demi mewujudkan yang Anda sasarkan. 

Bila diuraikan lebih rinci, setidaknya ada empat fungsi dari ekstensi domain ORG ini antara lain sebagai berikut: 

  • Fungsi Kredibilitas ini membangun kepercayaan masyarakat terhadap kredibilitas website. 
  • Fungsi Representasi ini menunjukkan bahwa website bergerak dalam industri non profit. 
  • Fungsi Edukasi ini menunjukkan bahwa website berisikan sumber ilmu kredibel yang bisa dimanfaatkan publik dengan bebas. 
  • Fungsi Penggerak ini kredibilitas website umumnya dapat mendorong publik dalam berpartisipasi di aksi tertentu, contohnya seperti pada pengumpulan donasi dan atau membangun kesadaran terhadap isu kemanusiaan. 

Kelebihan Domain ORG Adalah 

  • Lebih banyak pilihan nama domain 

Ekstensi domain ORG ini memang telah cukup populer di kalangan pengguna internet. 

Tetapi, untuk jumlah penggunanya dari ekstensi domain ini sendiri masih dibilang cukup sedikit dibandingkan dengan ekstensi domain .COM. 

Sehingga kelebihan dari menggunakan ekstensi domain ini masih banyak nama domain yang belum digunakan. 

Sehingga Anda memiliki peluang yang besar untuk bisa menggunakan nama domain yang diinginkan. 

  • Kredibel untuk lembaga non profit 

Setelah pengguna internet melihat ekstensi domain ORG pada sebuah website yang dikunjungi, biasanya sebagian besar pengunjung akan langsung memahami bahwa website tersebut memang bergerak di bidang non profit. 

Kekurangan Domain ORG Adalah 

  • Penggunaan terbatas 

Ekstensi domain ORG memang hanya dapat digunakan untuk sebuah website yang berasal dari industri dimana bersifat non profit. 

Yang memiliki arti bahwa penggunaan ekstensi domain jenis ini sangat terbatas. 

Ekstendi domain ORG ini kurang tepat bila digunakan untuk menjangkau jaringan komersial, personal branding, entertainment, dan masih banyak lagi lainnya. 

  • Kurang mobile friendly 

Pada keyboard smartphone yang menjadi tampilan biasanya ialah tombol shortcut yang digunakan untuk ekstensi domain COM. 

Hal ini membuat pengguna internet harus mengetikkan secara manual sebuah alamat website yang akan dikunjungi. 

Maka dari itu dapat dikatakan bahwa kekurangan dari ekstensi domain ORG ini ialah kurang mobile friendly. 

Promo Domain COM

Kesimpulan  

Dapat disimpulkan bahwa domain ORG adalah sebuah ekstensi domain yang digunakan untuk sebuah website yang bergerak di bidang non profit. 

Sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan layanan cloud web hosting terbaik di Indonesia, Qwords.com juga menyediakan berbagai macam promo beli domain. 

Jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar dibawah ini. 

Terima kasih.

Review Qwords, Provider Hosting dengan Layanan…

Provider hosting yang memiliki layanan lengkap adalah Qwords, sudah lama membangun reputasi sebagai penyedia layanan hosting dengan keunggulan layanan yang lengkap dan berkualitas. Sebagai...
Eril Obeit Choiri
5 min read

6 Tips Menjadi Wirausaha Sukses dari…

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan fleksibel dan mudah. Salah satunya adalah menjalankan bisnis dari rumah. Mundur tiga hingga empat...
Jordy Prayoga
2 min read

Review Qwords, Hosting Cloud Cepat, Aman…

Qwords, mungkin ada dari beberapa pembaca blog ini yang belum mengenal secara detail tentang Qwords.  Qwords memiliki layanan utama penjualan domain hosting dengan berbagai...
Eril Obeit Choiri
2 min read

One Reply to “Domain ORG: Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan…”

  1. Terimakasih artikelnya sangat membantu. Penjelasan mudah dipahami jadi tidak ragu lagi kalau mau membeli domain ORG saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *