Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Apa Itu Domain .IO? Mengapa Banyak Startup Menggunakannya?

2 min read

domain .io adalah

Pemilihan domain menjadi salah satu hal penting dalam membuat website. Ekstensi domain akan memperkuat identitas website di mata audiens. Misalnya, website organisasi akan lebih efektif jika menggunakan domain .org atau or.id.

Nah, belakangan ini, banyak startup teknologi yang menggunakan domain .io. Domain ini awalnya ditujukan untuk organisasi dan individu yang terlibat dalam bidang teknologi. 

Namun, seiring berjalannya waktu, domain .io juga semakin populer digunakan oleh berbagai macam website, termasuk website personal branding, startup, dan lembaga pendidikan.

Lantas, apa yang membuat domain .io begitu populer di kalangan startup teknologi? Temukan jawabannya pada artikel berikut ini!

Apa Itu Domain .IO?

Domain .IO adalah ekstensi domain ccTLD dari wilayah Samudra Hindia Britania atau British Indian Ocean Territory/BIOT) dan dirilis pertama kali pada tahun 1997.

Kalau Anda belum tahu, ccTLD berisi nama domain yang diperuntukkan bagi suatu negara atau wilayah, seperti .id untuk Indonesia, .uk untuk Inggris, dan lainnya.

Namun, pada tahun 2014, ICANN memutuskan untuk membuka pendaftaran nama domain .io secara umum.

Atau dengan kata lain, domain .io bisa didaftarkan oleh semua orang di seluruh dunia layaknya .com, .net, atau .org.

Nah, nama .io sendiri sebenarnya diambil dari nama wilayah tersebut, yaitu Indian Ocean (IO).

Nama tersebut ternyata juga beririsan dengan salah satu terminologi dalam teknologi, yaitu Input dan Output (I/O).

Karena cukup bersinggungan dengan teknologi inilah, kemudian mulai bermunculan perusahaan startup teknologi yang menggunakannya sebagai alamat website mereka. Akhirnya, domain .io pun cukup populer di kalangan industri startup dan teknologi.

Namun, perlu digarisbawahi bahwasannya domain .io tidak hanya diperuntukkan bagi startup teknologi saja, melainkan siapa saja bisa mendaftarkannya.

Kelebihan Domain .IO

Setidaknya ada empat hal yang menjadi kelebihan yang ditawarkan jika Anda menggunakan domain .io. Apa saja?

1.  Bisa Digunakan untuk Berbagai Jenis Website

Seperti yang sudah disebutkan di awal, domain .io sangat fleksibel dan bisa digunakan oleh berbagai jenis website, mulai dari blog pribadi, website bisnis, atau website perusahaan (startup).

Dengan begitu, Sahabat Qwords bisa memiliki alamat website yang lebih singkat dan tentunya mudah diingat.

2. Memiliki Ketersediaan yang Tinggi

Pengguna domain .io memang belum sebanyak domain .com, .net, atau .org. Namun, hal itu malah membuat ketersediaan namanya masih sangat besar.

Artinya, Anda masih berpeluang besar untuk mendapatkan nama domain yang unik dan mengandung kata populer.

Namun, tetap saja Anda harus segera mendaftarkan nama domain incaran sebelum didahului orang lain.

Nah, Qwords adalah penyedia domain murah dengan lebih dari 600 ekstensi, termasuk .io. Klik tombol berikut untuk mengecek nama domain incaran Anda.

Daftar Domain .IO

3. Populer di Kalangan Teknologi

Kelebihan domain .io adalah sudah sangat familier di kalangan teknologi. Banyak website populer yang juga menggunakan domain yang satu ini, mulai dari gim populer slither.io, marketplace NFT opensea.io, dan masih banyak lagi.

Jadi, domain .io bukanlah nama domain yang antah berantah yang kerap digunakan untuk spam atau disalahgunakan untuk membuat website ilegal.

Sebaliknya, reputasi domain .io sudah sangat baik di kalangan startup dan teknologi. Hal ini pun tentu akan memperkuat branding website Anda, seandainya juga Anda maksimalkan di bidang teknologi.

4. SEO Friendly

SEO Friendly adalah aspek yang membuat suatu website mudah ditemukan pada mesin pencari.

Nah, domain .io juga telah terbukti SEO Friendly, ditandai dengan banyaknya website berakhiran .io yang muncul pada mesin pencarian dalam kata kunci atau topik tertentu.

Hal ini pun mematahkan dugaan yang sempat lama diyakini, di mana hanya domain .com dan domain tingkat atas populer lainnya yang mudah ditemukan pada mesin pencarian. Apakah Anda juga sempat berpikiran demikian?

Kekurangan Domain .IO

Meski mempunyai sejumlah kelebihan, domain .io juga masih memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda pertimbangkan sebelum membelinya.

1. Harganya Lebih Mahal

Harga menjadi aspek utama yang kami jadikan kekurangan domain .io. Pasalnya, harga domain ini mencapai Rp731.000, tiga kali lipat dari domain .com yang harganya tidak sampai Rp200.000.

Dengan faktor ini, tentunya tidak semua orang mampu dan mau membeli satu nama domain selama satu tahun, sementara mereka bisa mendaftarkannya selama tiga tahun untuk .com.

Kendatipun demikian, domain .io memiliki segmentasi dan alasannya sendiri mengapa harganya bisa lebih mahal.

Salah satunya adalah permintaan yang terus meningkat seiring waktu, serta menghindari upaya spam yang dilakukan apabila domain ini dihargai murah.

Mengingat namanya yang unik, singkat, dan mudah diingat, banyak orang— termasuk orang yang memiliki niat jahat akan mendaftarkan domain ini.

Maka, alasan mengapa harganya yang lebih tinggi masih sangat rasional.

2. Domain .IO Populer di Bidang Teknologi, Belum di Bidang Lainnya

Seperti pembahasan sebelumnya, domain .io memang sudah populer di kalangan industri teknologi dan startup.

Namun, domain ini masih belum populer di bidang lainnya. Artinya, masih perlu waktu untuk memperkenalkan domain .io terutama kepada audiens yang masih menganggap “website itu pakai domain .com, bukan yang lain”.

Tertarik dengan Domain .IO?

Itulah ulasan singkat mengenai domain .io. Sampai di sini, Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan domain .io.

Domain .io adalah alamat domain yang memiliki peluang besar untuk bersinar di masa depan, mengingat industri teknologi dan kebutuhan website masih akan terus berkembang.

Selain itu, ketersediaan nama domain .com yang semakin lama akan semakin berkurang juga membuka peluang untuk melambungkan nama domain .io.

Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, apakah Anda tertarik untuk mendaftarkan domain .io?

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Review Qwords, Provider Hosting dengan Layanan…

Provider hosting yang memiliki layanan lengkap adalah Qwords, sudah lama membangun reputasi sebagai penyedia layanan hosting dengan keunggulan layanan yang lengkap dan berkualitas. Sebagai...
Eril Obeit Choiri
5 min read

6 Tips Menjadi Wirausaha Sukses dari…

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan fleksibel dan mudah. Salah satunya adalah menjalankan bisnis dari rumah. Mundur tiga hingga empat...
Jordy Prayoga
2 min read

Review Qwords, Hosting Cloud Cepat, Aman…

Qwords, mungkin ada dari beberapa pembaca blog ini yang belum mengenal secara detail tentang Qwords.  Qwords memiliki layanan utama penjualan domain hosting dengan berbagai...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *