Mengenal Digital Branding & Strategi Penerapannya

3 min read

Digital Branding Strategy

Berbisnis di dunia digital mengharuskan Anda untuk membangun image di dunia maya. Image perlu dibentuk supaya Anda dikenal oleh masyarakat dan menjadi yang paling dicari ketika dibutuhkan. Untuk mendapatkan dampak seperti itu, Anda perlu menerapkan konsep dan strategi digital branding.

Tak sedikit pengusaha di bidang online yang sudah mencoba strategi digital branding. Apakah Anda tahu apa yang mereka dapatkan? Benar sekali, kesuksesan dalam bisnis online. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk membangun branding digital agar tidak kalah dari kompetitor.

Baca juga: Kiat Sukses Membangun Personal Branding Lewat Website

 

Digital Branding Adalah

digital branding adalah

Branding merupakan upaya yang melibatkan kreativitas untuk mengenalkan perusahaan atau merek kepada khalayak umum. Dengan branding, masyarakat tidak akan mudah melupakan produk-produk dari perusahaan yang Anda miliki.

Meskipun terkesan mirip, branding dan promosi adalah dua hal yang berbeda. Branding tidak hanya sekadar mengenalkan nama dan produk. Lebih jauh dari itu, branding menjadi upaya untuk membangun image dan nama besar sebuah brand atau merek.

Apa itu digital branding? Secara singkat digital branding adalah upaya membangun nama dan image sebuah brand atau produk di dunia digital. Mengapa harus digital? Karena saat ini dunia digital telah berkembang sangat pesat dibandingkan beberapa waktu lalu. Semua sudah serba online dan hampir semua kebutuhan dapat terpenuhi dalam satu genggaman.

 

Konsep Digital Branding

konsep digital branding

Konsep dari digital branding adalah untuk membangun kedekatan dan ikatan dengan para pemirsa. Berbeda dengan digital marketing yang fokusnya untuk meningkatkan angka penjualan produk. Perhatikan tabel berikut ini untuk lebih memahami perbedaan antara digital marketing dan branding.

Baca juga: Panduan Lengkap Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

 

Marketing Branding
Usaha untuk meningkatkan angka pemasaran atau penjualan suatu produk menggunakan bantuan media digital. Upaya untuk membangun image dari suatu brand atau merek menggunakan media digital.
Terpaku pada satu tujuan yaitu meraih angka penjualan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Fokusnya lebih kepada membangun ikatan yang erat antara perusahaan atau brand dengan audiens namun tidak tampak terlalu “menjual”.
Contoh usaha:

Mengiklankan produk melalui Google Ads atau Facebook Ads.

Contoh konsep digital branding:

Menghadirkan sebuah website yang nyaman digunakan oleh semua pengunjung.

 

Keberhasilan dalam membangun branding secara digital akan membawa dampak baik bagi perusahaan atau brand. Salah satunya adalah peningkatan angka penjualan. Faktanya, digital marketing juga menjadi salah satu strategi untuk membangun branding di dunia digital.

 

Digital Branding Strategy

"<yoastmark

Ada 9 jenis strategi digital branding Indonesia. Simak dan pahami semua strategi di bawah ini, kemudian Anda dapat mengaplikasikannya pada bisnis secara langsung.

Logo adalah salah bentuk visual dari brand yang Anda ciptakan. Logo yang baik adalah yang paling mudah untuk diingat. Salah satu logo yang paling ikonis adalah milik Apple. Siapa yang tidak mengenali logo tersebut? Itulah salah satu contoh branding melalui logo.

Hal terpenting dalam pembuatan logo adalah gaya desain yang sederhana dan mudah diingat. Sedangkan hal lain yang juga perlu dipertimbangkan antara lain ukuran dan pemilihan warna.

 

2.Website

Website ibarat sebuah etalase yang berguna untuk memamerkan produk. Dengan memiliki sebuah website, maka Anda bisa menjelaskan produk secara detail kepada calon konsumen. Desain web juga sangat penting dalam membangun branding. Sebisa mungkin gunakanlah desain yang user friendly.

Anda juga perlu membeli nama domain seperti .org. .net, .id, atau .com supaya lebih profesional. Di sisi lain, memilih paket Hosting Indonesia terbaik juga tak kalah penting karena fungsinya sangat vital, yaitu menyimpan seluruh data website agar bisa diakses.

Nah, untuk mengakomodir berbagai kebutuhan tersebut Anda bisa memanfaatkan penawaran menarik dari Qwords.com.

 

3.Brand Messaging

Brand messaging berguna untuk menyampaikan apa yang menjadi nilai utama dari bisnis Anda. Pesan tersebut wajib memuat tiga hal, yaitu produk yang ditawarkan oleh brand, hal yang diperjuangkan brand, dan pentingnya brand tersebut bagi masyarakat umum.

 

4.SEO

Search Engine Optimization (SEO) berkaitan erat dengan website yang ada di poin kedua. Fungsinya adalah untuk membuat brand Anda muncul di hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Dengan begitu, orang-orang akan mengunjungi website bisnis Anda. Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi SEO On Page

 

5.Social media

Saat ini, hampir semua orang menggunakan social media. Tak heran jika media ini sangat powerful untuk membangun branding suatu bisnis. Anda bisa menggunakan Instagram. Facebook, atau Twitter. Akan lebih bagus jika Anda menjangkau ketiganya.

 

6.Email marketing

Apakah Anda sering menerima email berupa penawaran produk atau ucapan selamat hari raya dari brand? Hal inilah yang disebut dengan email marketing. Anda juga bisa menerapkan strategi digital branding yang satu ini dengan mengumpulkan data alamat email audiens terlebih dahulu.

 

7.Online advertising

Iklan kerap dijumpai di hampir semua jenis aplikasi, seperti game dan social media. Bahkan di situs-situs berita pun kerap dijumpai iklan semacam ini. Gunanya adalah untuk menarik audiens untuk membuka website atau membeli produk milik pihak pengiklan.

 

8.Influencer marketing

Tak terbantahkan, peran influencer dalam membangun branding suatu perusahaan memang sangat powerful. Bahkan brand rela menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk membiayai strategi branding ini.

Itulah pembahasan terkait pengertian dan strategi digital branding yang perlu sahabat Qwords ketahui. Selain ulasan di atas, sebenarnya masih ada hal-hal lain yang bisa diterapkan untuk memperkuat branding di ranah digital. Akan tetapi, strategi di atas sudah cukup untuk mulai memperkenalkan produk atau brand ke calon pelanggan.

Menurut sahabat Qwords sendiri bagaimana? Apakah tertarik untuk mulai melakukan digital branding? Jangan ragu untuk menggunakan layanan Qwords.com untuk urusan beli domain dan hosting murah, karena Qwords saat ini sudah dipercaya oleh puluhan ribu pelanggan dari dalam dan luar negeri.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *