Deposito: Pengertian, Kelebihan, & Kekurangannya

2 min read

Keuntungan Investasi Dengan Deposito

Apakah sahabat Qwords pernah bertanya-tanya tentang apa itu deposito? Singkatnya, deposito adalah uang yang disimpan di dalam bank dan bisa dicairkan dalam jangka waktu tertentu.

Jangka waktu tersebut tentunya sudah ditentukan oleh penyimpan uang dan juga bank. Umumnya mempunyai jatuh tempo 1, 3, 6 atau 12 bulan. 

Nah bagi Anda yang ingin belajar tentang deposito lebih dalam, Anda beruntung! Di artikel kali kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang deposito.

Mulai dari pengertian deposito, kelebihan, kekurangan, sampai perbedaannya dengan tabungan biasa. Yuk langsung saja kita mulai!

Apa Itu Deposito?

Source

Jadi apa itu deposito? dalam istilah keuangan, deposito adalah uang yang disimpan di bank dalam jangka waktu yang sudah disepakati oleh kedua pihak antara nasabah dan bank. 

Secara singkat, deposito adalah sebuah transaksi yang melibatkan transfer uang ke pihak lain untuk diamankan. 

Hanya saja, deposito juga bisa merujuk pada bagian yang dipakai sebagai bentuk jaminan untuk pengiriman barang saat melakukan jual beli online.

Selain itu, deposito juga bisa merujuk pada setoran awal pada saat pembukaan rekening bank. Saat membuka rekening, Anda akan diminta untuk memberikan deposit awal tergantung ketentuan setiap bank.

Saat Anda melakukan deposit uang sebesar syarat setoran transaksi, berarti uang Anda akan segera tersedia, tanpa adanya penundaan di dalam rekening Anda.

Baca juga: 8 Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Blog

Kelebihan dan Kekurangan

Apa saja sih kelebihan dan kekurangan menggunakan deposito? Nah untuk Anda yang penasaran, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Kelebihan Deposito

Ada banyak keuntungan  yang bisa Anda dapatkan dari deposito, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Memperoleh Bunga Cukup Besar

Keuntungan pertama menggunakan deposito adalah Anda akan memperoleh bunga yang cukup besar dibandingkan dengan tabungan biasa.

Pihak bank biasanya akan menentukan bunga dari uang yang Anda simpan dalam jangka triwulan atau per tahun, tergantung dengan perjanjian di awal.

2. Keamanan Yang Terjamin

Dalam pembukaan rekening deposito, maka Anda akan menyimpan uang di bank. Pada saat uang tersimpan di bank maka keamanan uang Anda akan terjamin. Berbeda dengan Anda menyimpan uang di rumah, keamanannya tidak sebaik di bank.

3. Investasi Menguntungkan

Deposito adalah investasi menguntungkan. Pasalnya Anda tidak khawatir mengalami kerugian. Karena semua kerugian dijamin oleh pihak lembaga penjamin simpanan.

Kemudian, hasil bunga dari deposito Anda dapat dicairkan secara tunai dalam jangka waktu tertentu. Tidak hanya dicairkan secara tunai, namun bunganya juga bisa di transfer atau disetorkan ke rekening Anda.

Namun kalau Anda mau menginvestasikan lagi, maka bisa menggunakan sistem Automatic Roll Over. Apabila dihitung bunganya akan bertambah besar, pasalnya memungkinkan bunganya menjadi majemuk.

Kekurangan Deposito

Berikut beberapa kelemahan dari penggunaan deposito, diantaranya:

1. Keuntungan Kecil

Meskipun telah memperoleh bunga yang cukup besar dari bank. Akan tetapi deposito masih mempunyai keuntungan yang lebih kecil bila dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

Keuntungan yang diperoleh dari deposito terkadang tidak sebanding dengan uang yang didepositokan. Bahkan belum terpotong pajak dan biaya administrasi lainnya.

2. Ikut Terkena Inflasi

Seperti yang Anda tahu, jika setiap tahun terjadi inflasi. Dengan begitu uang yang didepositokan akan mengalami penurunan nilainya. 

Ini karena karen jadi peningkatan harga bahan pokok. Ini salah satu kelemahan apabila Anda mau melakukan deposito.

3. Dikenai biaya pajak

Deposito juga masuk ke dalam PPH atau pajak penghasilan. Sehingga Anda diwajibkan untuk membayar pajak setiap tahunnya. 

Biaya PPH ini sebesar 20 persen. Ketika Anda memperoleh bunga tidak begitu besar maka hasilnya dari bunganya sedikit karena akan dipotong untuk membayar pajak.

Bedanya Deposito dan Tabungan

Berikut beberapa perbedaan deposito dengan tabungan:

1. Bunga

Deposito memberikan bunga yang lebih besar bila dibandingkan dengan tabungan yang memberikan bunga. Jadi, ketika Anda mau memilih bunga yang lebih besar, maka pilihanya pada mendepositokan uang.

2. Biaya Administrasi

Pada tabungan biasa bunga diperoleh dari bank akan digunakan untuk biaya administrasi bank. Biasanya secara otomatis di potong perbulannya.

Namun pada deposito Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi. Namun akan di terkena wajib pajak penghasilan per tahunnya.

3. Waktu Penarikan

Pada deposito Anda tidak dapat menarik uang sebelum jatuh tempo yang sebelumnya sudah disepakati.

Namun pada tabungan, Anda bisa menarik uang kapan saja. Apabila Anda mau menabung di deposito artinya harus benar-benar memperhatikan, jangan sampai Anda butuh mendadak tapi tidak bisa mencairkan. Sebenarnya bisa saja mencairkan, akan tetap Anda akn terkena penalti.

4. Jenis Produk

Apabila dilihat dari segi produk layanan, maka deposito adalah jenis produk investasi, sementara tabungan adalah simpanan biasa.

Deposito sama seperti investasi lainnya seperti reksadana, saham, dan properti. Ada jangka waktu tertentu sebelum uang Anda bisa dicairkan. 

Hanya saja, deposito mempunyai resiko kerugian yang paling kecil, dibandingkan dengan ketiga investasi tadi.

Nah itu tadi penjelasan lengkap tentang deposito sahabat Qwords! Membeli layanan hosting terbaik di Qwords tidak bisa menggunakan deposito maupun tabungan.

Meskipun demikian Anda masih bisa menggunakan metode pembayaran yang lain seperti m-banking, e-banking, E-money, metode pembayaran offline dan lainnya. Selamat mencoba!

Termudah, Cara Membuat Subdomain di cPanel

Anda sebagai pengelola website bisnis dengan banyak cabang, tentunya untuk mengelola semua website akan terlalu repot kalau harus membuat website untuk setiap cabangnya. Bagaimana...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *