Dengan perkembangan zaman saat ini, manusia dituntut untuk selalu berpacu dalam dalam mengikuti kemajuan dalam ilmu pengetahuan. Profesi-profesi baru pun bermunculan untuk mendukung hal tersebut, salah satunya adalah data scientist. Data scientist adalah profesi yang bertugas untuk mengumpulkan data yang nantinya akan diolah dan dianalisis guna menghasilkan informasi bagi perusahaan.

Informasi tersebut nantinya akan berguna untuk proses pengambilan keputusan di dalam perusahaan. Mengelola data adalah sebuah hal yang penting karena manfaatnya yang dapat memperbaiki kinerja bisnis menjadi lebih baik. Data scientist Indonesia pun telah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan startup seperti DANA Indonesia, Home Credit Indonesia, Bukalapak, Tokopedia, dan masih banyak lagi.

Apa itu Data Scientist

Data Scientist
Data Scientist

Walaupun memiliki kata “science” pada penggunaan namanya, profesi data scientist harus memiliki pemahaman yang luas dan tidak hanya terpaku pada ilmu sains saja. Selain ilmu sains, seorang data scientist harus juga memahami ilmu statistik, programming, scripting, dan ilmu yang memahami tentang perilaku bisnis.

Data scientist memiliki tugas untuk melakukan pencarian dan penggabungan data. Tugas-tugas tersebut sangat sulit dilakukan juga tidak memiliki kemampuan statistik yang bagus. Selain itu data scientist harus dapat melakukan programming untuk mengolah data tersebut ke dalam komputer. Data scientist juga perlu memiliki keahlian soft skill dalam menyampaikan suatu hasil analisa dengan jelas dan tepat.

Prospek karir dari data scientist pun dapat dikatakan menjanjikan untuk kedepannya. Dengan melihat kemajuan teknologi yang terus berkembang di setiap tahunnya, kebutuhan data scientist tentunya juga akan meningkat. Diperkirakan untuk 10 tahun kedepan banyak lowongan data scientist yang akan dibuka oleh perusahaan-perusahaan yang terjun di bidang teknologi informasi.

Karena demand nya yang besar, gaji data scientist pun dapat dikatakan cukup besar. Untuk fresh graduate gaji yang diterima oleh data scientist telah telah mencapai sekitar 12-15 juta rupiah. Sedangkan untuk data scientist profesional yang telah berpengalaman, akan menerima gaji sekitar 20 juta rupiah.

Baca juga : Awas Bahaya Pencurian Pencurian Data di Intermet 

Skill yang Harus Dimiliki Data Scientist

Skill Data Scientist
Skill Data Scientist

Data scientist adalah sebuah profesi yang harus memiliki kemampuan khusus di dalam menyelesaikan pekerjaanya. Data scientist perlu membuat beberapa algoritma di dalam sebuah komputer agar dapat diolah pada komputer tersebut.

Dengan melihat hal tersebut, maka seorang data scientist perlu memiliki beberapa kemampuan dalam menjalankan pekerjaannya, yaitu.

  • Pemrograman

Kemampuan dalam pemrograman tentunya menjadi aspek yang wajib dimiliki oleh para data scientist. Biasanya perusahaan menuntut para data scientist nya agar minimal memahami bebepa jenis bahasa pemrograman, seperti R ,Python, atau SQL.

  • Stistika

Hal dasar yang perlu dikuasai oleh data scientist adalah statistika. Selain membuat sebuah algoritma dalam membuat program, seorang data scientist juga perlu menggunakan ilmu statistika dalam melakukan pengembangan terhadap software machine learning yang membantu data scientist dalam menjalankan pekerjaannya.

  • Machine Learning

Perusahaan yang produknya memiliki sifat data driven seperti Google maps atau Gojek pasti akan memerlukan seorang data scientist yang memiliki kemampuan machine learning. Kemampuan machine learning digunakan untuk mengolah data tak terstruktur dan juga dapat digunakan sebagai konsep dasar dalam pembuatan kecerdasan buatan.

  • Kalkulus & Aljabar

Ilmu matematika juga sangat perlu dipahami oleh para data scientist dalam mengolah suatu data. Ilmu kalkulus dan aljabar adalah konsep dasar yang banyak ditanyakan oleh banyak perusahaan dalam mencari data scientist yang berkompeten.

  • Pemetaan Data

Seorang data scientist harus pandai dalam memetakan dan memilah data agar komputer mengenali data tersebut.

  • Komunikasi dan visualisasi Data

Selain harus memiliki kemampuan hardskill, seorang data scientist perlu memiliki kemampuan softskill yang baik. Terlebih jika perusahaan tempat ia bekerja masih baru dan perlu data yang akurat dalam menentukan kebijakan perusahaan. Data scientist harus dapat mempresentasikan dan memvisualisasikan dengan jelas hasil dari pengolahan datanya.

  • Intuisi

Walaupun intuisi bersifat tidak menentu atau gambling yang bertolak belakang dengan ilmu science, kemampuan dalam berintuisi juga perlu dimiliki oleh para data scientitst dalam mengidentifikasi masalah pada data yang telah diolah.

Perbedaan Data Scientist dan Data Analyst

Data Scientist vs Data Analyst
Data Scientist vs Data Analyst

Mungkin masih ada orang yang beranggapan bahwa data scientist itu sama dengan data analyst, ternyata berbeda. Agar tidak salah lagi silahkan baca perbedaanya berikut ini:

  • Data Scientist

Seorang data scientist dalam menganalisis data perlu memakai berbagai variasi cara dan algoritma dalam memecahkan suatu masalah dan menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Data scientist akan menghubungkan beberapa data untuk membuka suatu pola. Statistik adalah aspek utama yang digunakan data scientist dalam melaksanakan tugasnya.

Data scientist juga harus memiliki keahlian dalam membuat sebuah program dari kumpulan data yang dapat dimengerti oleh konsumennya. Mereka pun perlu memiliki pengetahuan dasar tentang bisnis agar dapat menghasilkan sebuah data produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumennya.

  • Data Analyst

Sejatinya data analyst memiliki pekerjaan yang hampir sama dengan data scientist. Seorang data analyst berfungsi sebagai orang yang melakukan analisa data dan mendapatkan ilmu baru dari proses analisis data tersebut.

Perbedaan dengan data scientist adalah data analyst hanya diperlukan saat perusahaan telah memiliki data dengan jumlah yang besar dan data tersebut perlu di analisa sebelum nantinya akan menjadi sebuah data produk.

Data scientist adalah sebuah profesi yang menjanjikan di dalam dunia industri teknologi dan informasi. Data scientist bertugas untuk mengelola data-data yang dimiliki perusahaan menjadi sebuah data produk yang dapat mengoptimalkan kinerja dari bisnis perusahaan tersebut. Tentunya untuk menjadi seorang data scientist perlu kemampuan khusus yang perlu dipahami terlebih dahulu.

Perlu diketahui bahwa Qwords tidak hanya memberikan informasi-informasi menarik tentang teknologi. Qwords memiliki berbagai layanan seperti hosting, domain, server,email marketing, VPN, SSL dan jasa pembuatan website. Untuk Anda yang membutuhkan bisa langsung membuka pada website utama saja.

Terima kasih

2 Replies to “Mau Jadi Data Scientist? Ini Skill Yang Harus Dimiliki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *