Customer retention adalah cara yang bisa diterapkan perusahaan untuk dapat mempertahankan pelanggannya agar tetap kembali membeli produknya dalam jangka waktu tertentu.

customer retention untuk bisnis menjadi cara ampuh yang membangun bisnis dan memiliki target mendapatkan kepercayaan yang tinggi. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui seluk beluk retensi pelanggan dan keuntungan yang Anda dapatkan jika menerapkan strategi ini.

Karena ini sangat penting sekali, mari ketahui sedikit dari customer retention.

Apa Itu Customer Retention

Mengenal Customer Retention dan Keuntungannya Dalam Bisnis
Mengenal Customer Retention dan Keuntungannya Dalam Bisnis

Pada dasarnya, strategi retensi pelanggan merupakan kegiatan usaha untuk terus mempertahankan pelanggan dalam periode waktu tertentu. Cara ini berguna untuk dapat meningkatkan laba tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Ada juga ahli yang mengatakan kalau retensi pelanggan adalah upaya meningkatkan penjualan dengan melayani dan memuaskan konsumen, agar tetap kembali. Dan strategi ini dimulai ketika perusahaan melakukan kontak pertama kali dengan konsumen.

Dalam bisnis Anda dapat meningkatkan laba dengan dua cara yakni dengan penambahan pelanggan baru atau dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Baca juga: 5 Fase Customer Journey yang Perlu Diketahui

Terlihat sangat penting, tapi ternyata data yang dimuat Forbes tahun 2012, mengungkapkan kalau banyak usaha bisnis yang tidak terlalu mementingkan loyalitas pelanggan.

Banyak pebisnis di luar sana yang cenderung memprioritaskan driving sales daripada customer loyalty. Memang apa pentingnya retensi pelanggan?

Pentingnya Customer Retention

profit perusahaan
profit perusahaan

1.Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan

Salah satu cara mempertahankan pelanggan adalah dengan memperkuat customer relationship. Sebab, ini merupakan hal yang wajar bagi semua pebisnis yang ingin brandnya terkenal dan produknya dipakai semua orang.

Anda bisa melakukannya dengan ara mendengarkan tanggapan, baik itu berupa saran, kritik maupun ulasan dan memahami itu semua. Ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui lebih dalam maksud kebutuhan pelanggan di masa depan.

2.Menarik Hati Customer Lama

Tahukah Anda kalau menarik perhatian pelanggan lama Anda lebih mudah dibandingkan dengan pelanggan baru? Ya, itu dikarenakan customer lama sudah lebih dulu mengenal brand yang Anda punya dan merasakannya.

Dengan pendekatan yang tepat Anda bisa menarik kembali hatinya untuk menggunakan produk Anda. Ini merupakan cara paling ampuh dan mudah untuk meningkatkan penjualan. Jadi, jangan segan untuk berkomunikasi kembali kepada pelanggan lama Anda.

3.Memberikan pelayanan serta kepuasaan

Ya, seperti namanya saja yakni customer retention yang bertujuan mempertahankan jumlah pelanggan. Maka perusahaan harus mampu memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dengan modal minim.

Berikan respon terbaik, ketahui kebutuhan pelanggan dan jika bisa selalu memberikan keuntungan lebih dari membeli produk Anda. Dengan begitu pelanggan akan merasa puas dan Anda juga bisa mendatangkan pelanggan baru tanpa mengeluarkan anggaran yang sangat besar.

Keuntungan Customer Retention

customer retention adalah
customer retention adalah

1.Menaikan profit secara efektif

Daripada Anda harus repot melakukan marketing besar-besaran demi mengincar konsumen baru, lebih baik bisnis Anda fokus melakukan retensi pelanggan. Strategi ini menjadi kunci keberhasilan brand Anda supaya lebih dikenal konsumen serta menjaga loyalitas pelanggan.

Sudah banyak penelitian di bidang bisnis yang mengatakan kalau metode ini benar-benar menguntungkan penjualan dan pendapatan perusahaan dengan biaya minim.

Meningkatkan retensi pelanggan 5% saja dapat menaikan profit perusahaan mencapai 25% – 95%, menurut penelitian Harvard Business School.

2.Loyalitas Pelanggan

Seperti namanya, cara ini memfokuskan bisnis Anda untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Jika Anda dapat merencanakannya dengan benar, otomatis Anda akan mendapatkan ulasan baik dari pelanggan Anda.

Terutama jika bisnis Anda memiliki suatu website, ulasan dari suatu tersebut akan dilihat pengunjung baru untuk menentukan suatu keputusan. Semakin banyak rating tinggi, semakin besar profit Anda per pelanggan.

3.Kedua pihak saling diuntungkan

Kalau dilihat di awal sepertinya Anda mengira kalau pihak yang diuntungkan dengan metode ini adalah pelanggan itu sendiri. Memang benar, karena Anda harus bisa memberikan pelayanan ekstra, memahami kebutuhan dan keluhan pelanggan, dsb.

Tetapi percaya saja, jika Anda bisa mempertahankan itu semua maka Anda akan mendapatkan keuntungan untuk jangka panjang. Maka buatlah rencana sebaik mungkin dan fokuskan bisnis Anda pada strategi ini.

4.Mengurangi pengeluaran perusahaan dalam marketing

Sebenarnya Anda sah-sah saja mengambil tindakan untuk menambahkan jumlah pelanggan baru (customer acquisition), tetapi itu membutuhkan tenaga dan biaya ekstra.

Dalam bidang industri apapun, melakukan penambahan pelanggan baru ternyata tujuh kali lipat biaya yang harus dikeluarkan. Padahal, Anda bisa saja menerapkan strategi pemasaran satu ini untuk mendatangkan pelanggan baru.

Baca juga: Customer Service, Kunci Sukses Perusahaan

Tidak heran kalau metode retensi pelanggan menjadi strategi jitu meningkatkan profit dalam jangka panjang.

Ternyata strategi jitu dalam pemasaran untuk menaikan laba adalah dengan menerapkan strategi retensi pelanggan. Memberikan kepuasaan pelanggan seharusnya menjadi target utama pebisnis, jika ingin brand yang dimilikinya dikenal dan produknya dipakai banyak orang.

Selain itu, kalau bisnis Anda lebih mementingkan efisiensi anggaran maka bisa memakai metode ini.

Kesimpulannya, customer retention adalah cara termudah untuk menarik perhatian pelanggan lama dan mempertahankan pelanggan tetap dengan biaya minim. Dan ini juga menguntungkan kedua belah pihak, bagi pengusaha tentunya akan menaikan profit hingga >25% dalam jangka panjang.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan. Jangan lupa klik share untuk membagikan artikel ini kepada teman, pacar atau kenalan. Terlepas dari itu, dapatkan juga penawaran paket hosting bisnis dari Qwords dengan dukungan teknologi handal serta kapasitas penyimpanan super besar mulai dari Rp150 ribu per bulan.

Semoga bermanfaat.

2 Replies to “Mengenal Customer Retention dan Keuntungannya Dalam Bisnis

  1. Dulu saya pernah berlangganan di quords, tapi karena sangat kecewa dengan layanan yang diberikan akhirnya saya cabut.
    Yang gak mengenakkan ketika layanan hostingnya ada pembatasan file, sehingga website sering down karena penuh. Vitur tersebut tidak ada di perusahaan lain, hanya di quords. Ditempat lain gak ada batas-batasan file, bebas dan bisa berkembang.

    1. Bisa diinfokan menggunakan layanan hosting apa kak?
      Memang untuk menjaga performa website agar tetap stabil, setiap provider memberikan batasan-batasan.
      Jika sudah hampir penuh kami menyarankan untuk melakukan upgrade paket lebih atasnya.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *