Sebuah pekerjaan yang dilakukan di kantor seringkali membosankan bagi orang yang jiwanya penuh kebebasan. Kerja di kantor memang sebuah kewajiban, namun bagi sebagian orang, mereka lebih memilih bekerja di coworking space.

Pernahkah anda nongkrong di sebuah kafe atau restoran dengan niat mencari tempat kerja yang santai dan nyaman? Kaum milenial pasti tidak asing dengan budaya kerja yang satu ini. Walaupun memang terlihat nyaman, sebenarnya nongkrong di kafe atau restoran dengan tujuan memanfaatkan tempat secara gratis merupakan tindakan yang tidak etis.

Apa itu Coworking Space

Coworking Space
Coworking Space

Pemilik usaha tersebut pastinya ingin mendapatkan banyak pelanggan, namun keinginan mereka anda halangi dengan cara nongkrong berjam-jam di sana. Oleh karena itu, anda disarankan untuk bekerja di coworking space (tempat coworking).  

Apa itu coworking space? Bagaimanakah perkembangan tempat coworking dari waktu ke waktu, serta bagaimana pengalaman kerja di tempat tersebut? Temukan jawabannya pada uraian di bawah ini!

Fasilitasnya Coworking Space

Pada dasarnya, tempat coworking merupakan gabungan dari dua kata bahasa Inggris, yaitu coworking dan space.

Coworking memiliki arti berkolaborasi atau bekerja dengan pihak lain, sedangkan space berarti tempat. Jika digabungkan, definisi dari frasa tersebut adalah suatu tempat yang bisa digunakan untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan orang lain.

Di Indonesia, ada banyak sekali tempat-tempat coworking yang bisa ditemui. Walaupun belum terlalu dikenal keberadaannya, namun tempat coworking selalu dicari oleh mereka yang kadung nyaman dengan konsep kerja seperti itu.

Bekerja di sebuah tempat coworking berarti anda akan mendapatkan konsep kerja “Funny Quality Time”, alias waktu yang berkualitas dan dijalani dengan cara yang menyenangkan.

Bayangkan saja, ketika anda telah menyewa tempat di spasi coworking, anda akan bisa melakukan pekerjaan dengan nyaman. Selain itu, anda juga akan bisa bertemu banyak orang yang bekerja pada bidang yang sama.

Fasilitas yang disediakan oleh tempat-tempat coworking pun biasanya cukup lengkap, mencakup :

  1.   Berbagai jenis ruangan, mulai dari area coworking, ruangan rapat, ruangan acara, hingga kantor pribadi yang dapat disewa bulanan maupun tahunan.

    Desain Coworking Space
    Desain Coworking Space

  2.   Berbagai jenis peralatan presentasi, fasilitas charging gadget, hingga bangku dan meja serta area standing table bagi mereka yang ingin bekerja dalam keadaan berdiri.
  3.   Penerangan yang cukup dan memadai untuk para pekerja.
  4.   Area konsumsi yang bisa menambah kenyamanan para pekerja.
  5.   Desain yang mencerminkan pribadi anak muda kaum milenial.
  6.   Dan lain sebagainya.

Berbagai fasilitas standar di atas biasanya tersedia di tempat-tempat coworking. Selain itu, masih ada banyak lagi fasilitas yang disediakan, tergantung dari perusahaan pemilik spasi coworking.

Perkembangan Coworking Space

Perkembangan budaya kerja yang tidak ingin dikekang dan menetap di suatu ruangan tertentu tentu saja mencerminkan mindset widening para pekerja. Mereka tidak lagi terpaku pada sebuah tempat yang suasananya monoton, yaitu kantor.

Sebenarnya, coworking space yang didirikan di dunia pertama kali berada di Wina, Austria. Pada tahun 2002, seorang coworker asal negara tersebut mendirikan spasi coworking pertama di dunia yang bertajuk Schraubenfabrik.

Pendirinya bernama Stefan Leitner-Sidl dan Michael Poll. Setelah itu, spasi coworking berkembang ke berbagai belahan di dunia. Di Indonesia sendiri, spasi coworking pertama yang dibangun adalah di Bandung, yang didirikan pada tahun 2010.

Pengalaman Bekerja Di Coworking Space

Pengalaman Kerja di Coworking Space
Pengalaman Kerja di Coworking Space

Stigma mengenai suasana kantor yang membosankan bisa menurunkan produktivitas karyawan memang ada benarnya. Oleh karena itu, coworking space hadir sebagai solusi atas kejenuhan para karyawan yang bekerja bertahun-tahun di tempat yang sama setiap hari.

Tidak perlu menengok jauh-jauh pada kehidupan karyawan yang menjemukan di kantor mereka, para freelancer pun juga patut kita soroti. Bahkan kali ini, pihak yang cukup diuntungkan dari adanya tempat coworking adalah para freelancer.

Berbagai orang dengan jenis pekerjaan lepas seperti penulis, editor, desainer grafis, dan berbagai orang yang berstatus kontraktor independen akan sangat diuntungkan oleh adanya tempat coworking.

Lalu bagaimanakah pendapat mereka yang sudah berlangganan coworking space?

1. Mereka bisa bekerja dengan suasana yang baru setiap harinya.

Loh, kok? Kan, tempat yang mereka datangi setiap hari sama saja (anggap saja begitu). Namun jangan salah, di tempat coworking, elemen yang sangat cepat berubah adalah orang-orang di dalamnya. Setiap hari, bahkan setiap jam anda akan mendapati orang-orang silih berganti datang dan pergi.

Dengan itu, anda akan mampu mendapatkan suasana baru setiap waktunya. Tak jarang mereka yang bertemu dengan orang baru setiap waktu bisa memperluas koneksi untuk membangun sebuah bisnis.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Semangat Kerja Yang Hilang

2. Terdapat berbagai fasilitas bekerja yang lengkap.

Perusahaan penyedia tempat bekerja sewaan memang akan menyediakan berbagai fasilitas lengkap agar para penyewa betah berlama-lama di sana. Seperti halnya meja kursi yang nyaman, pencahayaan yang cukup terang, hingga fasilitas WiFi dengan kecepatan super kilat.

3. Waktu yang sangat fleksibel.

Menyewa tempat di tempat coworking memang bukanlah hal yang mahal. Hanya dengan membayar minimal Rp 50.000, anda bisa bekerja dengan santai di sudut tempat pilihan anda di tempat coworking. Dengan begitu, anda tidak perlu lagi khawatir mengenai gangguan karyawan yang biasanya datang jika anda kerja di kafe atau restoran.

Nah, itu tadi adalah beberapa penjelasan mengenai pengertian dan fasilitas dari tempat coworking. Bagaimana, apakah anda tertarik dengan konsep Funny Quality Time yang ditawarkan oleh pihak penyedia tempat coworking?

Perlu diketahui pula bahwa Qwords tidak hanya berbagi informasi tentang dunia IT saja, melainkan Qwords memiliki layanan penjualan domain hosting terbaik yang bisa Anda gunakan untuk keperluan website. Tunggu apalagi miliki website pertamamu sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *