Control panel VPS merupakan suatu aplikasi web base yang memudahkan seorang administrator server untuk mengelola berbagai macam fungsi server. Pengelolaan Virtual Private Server akan lebih mudah jika menggunakan control panel dibandingkan menggunakan perintah teks command line. Jika ada tahu command prompt windows, nah seperti itulah command line yang ada di VPS jika tanpa menggunakan control panel.

Kemudahan dalam pengunaan dan fungsi yang lengkap membuat banyak pengguna VPS rela melakukan install control panel pada layanan VPS mereka baik itu control panel VPS berbayar atau control panel VPS gratis. Dengan adanya banyak pilihan control panel VPS ini memberikan kemudahan dalam memilih, tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan website yang akan Anda kelola agar hasilnya lebih maksimal.

Fitur Control Panel VPS

Control Panel VPS Terbaik
Control Panel VPS Terbaik

Ada beberapa fitur penting yang biasanya terpakai dalam memilih control panel VPS terbaik, berikut fitur-fitur pentingnya:

  • Manajemen User

Anda dengan mudah menambahkan dan menghapus user akun SSH yang ada didalam VPS dengan mudah.

  • Manajemen DNS

Pengaturan manajemen DNS dilakukan dengan tampilan berbasis web. Bisa dibayangkan jika pengaturan ini menggunakan command line, pasti akan kesusahan saat mengatur manajemen DNS.

  • Manajemen Email

Fitur email yang ada pada control panel VPS ini akan memudahkan Anda dalam menambahkan, mengatur dan mengelola alat email untuk berkomunikasi.

  • Manajemen FTP

Control panel VPS biasanya memiliki akun FTP untuk pengelolaan akun, manajemen user, manajemen password dan pengaturan kuota  pada setiap akun VPS.

  • Manajemen File System

Manajemen file sistem pada control panel menjadi salah satu hal yang penting, karena pada file system ini isinya semua file-file penting pada VPS. Bayangkan jika Anda harus menggunakan command line berbasis text, pasti akan kesulitan mengelola banyak file system.

  • Manajemen Database

Dengan menggunakan control panel VPS, Anda akan dengan mudah mengelola berbagai macam jenis database contohnnya MySQL, PostgreSQL, dan jenis database lainnya.

  • Manajemen Plugin

Jika Anda menggunakan wordpress, pastinya akan ada banyak jenis plugin yang ada pada panel VPS. Dengan menggunakan control panel VPS, dalam hal pengelolaan plugin menjadi lebih mudah dan cepat.

  • Manajemen Akses dan Pelaporan

Fitur penting terakhir ini berfungsi untuk file log detail jika terjadi masalah pada server. Jadi dengan menggunakan control panel report log akan ditampilkan lebih enak dan mudah dibaca.

Baca juga : Kapan Waktu Yang Tepat Upgrade VPS?

Control Panel VPS Berbayar

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada dua jenis control panel VPS terbaik versi berbayar dan versi gratis. Tetapi yang pertama ini kita akan membahas control panel VPS versi berbayar yang terbaik. Apa saja daftarnya? Silahkan simak pada pembahasan berikut ini:

  • cPanel

    cPanel
    cPanel

cPanel menjadi control panel VPS berbayar terbaik pertama. Jika sebelumnya Anda sudah menggunakan layanan shared hosting, biasanya menggunakan control panel cPanel. Dari segi fitur cPanel paling lengkap jika dibandingkan yang lainnya, tetapi dari segi tampilan masih termasuk jadul. Selain itu dari segi harga cPanel memiliki harga lisensi yang terbilang paling mahal.

  • Direct Admin

    Direct Admin
    Direct Admin

Control panel berbayar kedua untuk VPS adalah Direct Admin. Layanan panel direct admin ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan cPanel, selain itu dari segi tampilan sudah modern dan kelengkapan fitur yang tidak kalah dengan cPanel. Fitur control panel Direct Admin ini bisa Anda dapatkan saat membeli layanan hosting di Qwords.com untuk mengantikan harga cPanel yang mahal.

  • Plesk

    Plesk
    Plesk

Plesk menjadi control panel berbayar ketiga yang bisa Anda gunakan pada berbagai sistem operasi yang berbeda seperti Linux OS dan Windows OS. Control panel ini menawarkan tampilan antar muka paling menarik dan memiliki segudang fitur yang yang tidak kalah dengan cPanel tetapi dengan harga yang lebih murah.

  • Web Host Manager (WHM)

    Web Host Manager
    Web Host Manager

Control panel VPS berbayar terakhir adalah WHM atau Web Host Manager. Panel ini memiliki kelebihan bisa menginstall puluhan hingga ratusan akun cPanel dalam satu akun WHM. Jadi jika Anda memiliki VPS dengan spesifikasi yang besar bisa dibagi menjadi beberapa paket-paket kecil kemudian dijual kembali.

Control Panel VPS Gratis

Jika Anda memiliki dana yang terbatas saat membeli VPS, Anda bisa menginstall control panel VPS versi gratis. Memang untuk harga VPS Indonesia saat ini terbilang tidak murah. Contoh saja layanan VPS SSD dari Qwords untuk paket paling rendah spesifikasi SSD 10GB, Dedicated RAM 1GB, CPU 1 Core dan Bandwidth Unmetered harganya mulai dari 100.000/bulan. Nah apa saja control panel VPS gratis terbaik saat ini? Silahkan baca pemabahsannya berikut ini:

  • Webuzo

    Webuzo
    Webuzo

Control panel VPS gratis pertama yaitu Webuzo. Webuzo ini dikembangkan dari developer yang sama dari aplikasi install CMS otomastis Softaculous yang biasa ada pada panel hosting. Webuzo memiliki 2 lisensi gratis dan berbayar, tetapi untuk Anda yang tidak terlalu membutuhka banyak fitur, menggunakan control panel gratis kami rasa sudah cukup mumpuni.

  • VestaCP

    VestaCP
    VestaCP

VestaCP mendukung berbagai versi dari sistem operasi Linux dengan web server yang tersedia Nginx dan Apache. Selain itu VestaCP sudah include dengan aplikasi Softaculous yang didalamnya sudah tersedia ratusan apps dan CMS yang siap untuk diinstall. Tetapi untuk bisa menggunakan VestaCP ini spesifikasi minimalnya menggunakan RAM 512MB dan ruang penyimpanan minimal 20GB.

  • ISPConfig

    ISPConfig
    ISPConfig

ISPConfig adalah salah satu control panel vps gratis terbaik yang dikembangkan oleh SPConfig UG dengan menggunakan lisensi BSD. Panel ISPConfig ini memiliki interface web-based yang memudahkan Anda dalam pengelolaan VPS. ISPConfig mengklaim bahwa setiap bulannya ada 40 ribu unduhan control panel VPS gratis ini, jadi Anda bisa memperhitungkannya untuk mencoba panel ini.

  • Ajenti

    Ajenti
    Ajenti

Ajenti adalah salah sau control panel VPS gratisan yang berfokus pada efisiensi eksekusi program sehingga lebih cepat dalam segala hal. Control panel Ajenti ini berbasis Phyton dengan dikombinasikan menggunakan PHP. Dari segi tampilan pastinya menarik karena sudah web based dengan dukungan berbagai sistem operasi yang bisa dijalankan.

  • CentOS Web Panel

    CentOS Web Panel
    CentOS Web Panel

CentOS adalah panel VPS gratis selanjutnya yang berbasis open source. Panel ini mendukung sistem operasi CentOS/RHEL 6.x dan CloudLinux. Panel kontrol di CentOS ini juga terbilang modern dengan full control. Proses instalasinya juga mudah hanya memerlukan beberapa klik saja sudah beres.

  • Webmin

    Webmin
    Webmin

Jika Anda pernah menggunakan Virtualmin, maka Webmin ini memiliki kesamaan tetapi dalam versi web based. Panel Webmin terkenal akan fleksibilitasnya dengan mendukung sistem operasi UNIX dan update terbaru dari Webmin sudah mendukung sistem operasi windows.

  • Virtualmin

    Virtualmin
    Virtualmin

Virtualmin ini memiliki panel seperti yang ada di Webmin, control panel gratis ini sudah digunakan oleh ribuan user aktif didunia saat ini. Dalam pembuatannya, Virtualmin menggunakan bahasa pemrogaman PHP dengan mendukung OS UNIX, Linux dan BSD.

  • Kloxo-MR

    Kloxo-MR
    Kloxo-MR

Control panel VPS yang terakhir merupakan pengembagan dari control panel VPS Kloxo, kabar baiknya yang cukup membanggakan pengembangnya berasal dari Indonesia bernama Mustafa Ramadhan. Secara fitur, Kloxo MR ini bisa bersaing secara global dengan control panel yang sudah ada duluan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai control panel VPS terbaik untuk versi berbayar dan gratis. Anda bebas memilih sesuai dengan kebutuham, tetapi jika ada dana lebih kami lebih menyarankan untuk menggunakan control panel VPS berbayar saja karena sudah terjamin, fitur lebih lengkap dan yang pasti mudah dalam pengunaan, jadi Anda bisa fokus untuk mengembangkan website bukan lagi mengurusi panel server.

Di Qwords kami menyediakan control panel VPS berbayar dengan harga yang termurah memakaia Direct Admin, Plesk dan yang termahal menggunakan cPanel. Selain itu dalam pembelian VPS di Qwords, Anda juga bisa tanpa menyertakan control panel, nantinya tinggal install sendiri memakai control panel VPS gratis terbaik diatas.

Terima kasih

2 Replies to “12 Control Panel VPS Terbaik (Gratis dan Berbayar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *