Contoh Website Perusahaan Profesional dan Kekinian

4 min read

contoh desain Website Perusahaan

Tidak hanya website sekolah dan toko online, website perusahaan atau company profile saat ini juga banyak dibutuhkan untuk menunjang aktivitas pemasaran. Dari segi bisnis, penggunaan website perusahaan sendiri mampu memberikan beragam keuntungan. Berikut merupakan pembahasan terkait manfaat dan contoh website perusahaan yang bisa dijadikan sebagai pedoman.

 

Pentingnya Memiliki Website Perusahaan

pentingnya website perusahaan
pentingnya website perusahaan

Setiap pebisnis tentu menginginkan agar usahanya bisa semakin berkembang. Salah satu caranya yakni dengan beradaptasi terhadap perkembangan zaman. Saat ini website dan media sosial menjadi platform penting dalam menunjang strategi pemasaran. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk memiliki website perusahaan.

Di era digital seperti sekarang, website company profile berperan vital dalam menjaga eksistensi perusahaan. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika perusahaan mengelola website dengan baik dan benar.

Beberapa di antaranya seperti mendatangkan calon klien secara organik, meningkatkan brand awareness, hingga menambah citra profesional di mata pelanggan.

Membuat website company profile saat ini juga cukup mudah. Bahkan, sudah ada beberapa layanan yang bisa Anda gunakan untuk membuat website secara gratis. Salah satunya adalah platform WordPress.

Dengan menggunakan WordPress, Anda tidak perlu ribet soal coding. Namun, Anda tetap harus menyediakan budget untuk membeli web hosting dan domain yang bisa didapatkan secara bundling di Qwords.com.

 

Kriteria Website Company Profile yang Baik

website company profile
website company profile

1.Informatif

Penyampaian informasi dari perusahaan kepada pengunjung adalah tujuan utama dari sebuah website perusahaan. Maka dari itu, sebuah website company profile yang baik dituntut agar bisa memudahkan pelanggan menemukan serta mengenali bisnis Anda.

2.Loading Cepat

Dengan kondisi infrastruktur internet yang masih belum optimal. Sangat penting bagi sebuah website untuk memberikan performa kecepatan akses yang prima. Ada banyak website perusahaan yang informatif serta dibangun dengan desain menarik, tapi ketika diakses performanya sangat lambat.

Kondisi tersebut tentu berbahaya, karena bisa membuat kabur calon pelanggan. Nah, sebagai solusinya, Anda bisa membuat website perusahaan dengan loading cepat dengan cara memaksimalkan layanan hosting ataupun dari file coding.

3.Desain Responsif

Desain responsif menjadi kriteria selanjutnya yang wajib dimiliki oleh website perusahaan. Pasalnya, hal ini sangat penting untuk mengantisipasi calon klien yang mengakses situs dari ukuran perangkat yang berbeda-beda.

4.SEO Friendly

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah teknik untuk mengoptimalkan keterbacaan website di mesin pencari. Saat ini, penerapan SEO menjadi hal wajib agar bisnis Anda bisa tetap relevan di tengah perkembangan teknologi.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari desain website yang SEO Friendly. Di antaranya adalah potensi traffic organik yang tidak terbatas, peningkatan omzet, popularitas brand, dan lain sebagainya.

Adapun untuk memaksimalkan optimasi pada website company profile, Anda bisa memulai dengan membaca artikel panduan berikut ini: Mengenal Apa Itu SEO dan Seberapa Pentingnya Untuk Website.

 

Halaman Wajib Pada Website Perusahaan

1.Tentang Kami

Halaman tentang kami atau About us merupakan bagian penting dari sebuah website company profile. Tidak hanya sebagai identitas perusahaan, tapi juga sebagai bagian dari teknik marketing untuk meyakinkan calon konsumen.

Jadi, apapun tipe bisnis yang sedang Anda jalankan, baik itu skala kecil maupun multinasional, pastikan untuk menambahkan halaman profil perusahaan yang jelas dan meyakinkan.

Kalau perlu, tambahkan sejarah singkat seputar berdirinya perusahaan, tuturkan susunan anggota direksi, beserta karyawan inti perusahaan lengkap dengan foto dan sosial media, sehingga terlihat lebih profesional.

2.Kontak

Membuat halaman kontak yang menarik sebenarnya tidak terlalu sulit. Bahkan, Anda bisa melakukannya hanya dalam beberapa klik menggunakan plugin tambahan.

Kendati demikian, halaman ini kerap kali di anak tirikan oleh sebagian besar pengelola website perusahaan. Tidak jarang halaman kontak hanya berisi email perusahaan serta link akun media sosial.

Hal ini tidak salah memang, hanya saja bagi kami terkesan kurang maksimal. Agar semakin memudahkan calon klien, Anda bisa mengoptimalkan halaman kontak dengan menambahkan alamat kantor, embed Google Maps, serta tombol WhatsApp agar lebih mudah dijangkau pengguna awam.

3.Testimoni Pelanggan

Tidak lengkap rasanya jika sebuah website company profile belum mencantumkan testimoni dari pelanggan. Ibarat kata, baik ataupun buruk review dari pelanggan bisa memberikan validasi bahwa perusahaan pernah dipercaya oleh orang lain.

4.Kebijakan Privasi

Meski jarang diketahui, halaman kebijakan privasi merupakan bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah website. Apalagi jika website Anda menggunakan sistem login dan merekam data pribadi pelanggan.

5.Term of Service (TOS)

Halaman ini biasanya berisi penjelasan lengkap terkait seluruh layanan yang ada di dalam website. Dengan kata lain, halaman ini akan melindungi Anda dari potensi tuntutan hukum yang berlaku dari peraturan di dunia online terkait informasi data sensitif, peraturan pengguna, serta keamanan pengunjung.

Baca juga: Jenis Perusahaan di Indonesia dan Contohnya

6.Produk & Layanan

 Halaman produk dan layanan tidak kalah penting dalam sebuah website perusahaan. Melalui halaman ini Anda bisa menjelaskan jasa serta layanan yang ditawarkan, lengkap dengan informasi detail terkait harga jika diperlukan.

 

Contoh Website Perusahaan di Indonesia

contoh desain Website Perusahaan
contoh desain Website Perusahaan

1.Gojek.com

website-gojek

Menggunakan kombinasi warna berlatar putih serta hijau tua membuat tampilan website gojek terlihat begitu elegan. Tercatat sejak memperkenalkan logo barunya, perusahaan startup asli Indonesia ini telah memperbaiki desain website menjadi lebih modern dan kekinian.

Website ini juga sudah responsive, fast loading dan SEO Friendly, jika dilihat dari skema markup, penggunaan meta, dan pembagian headingnya.

2.Netmedia.co.id

Website company profile dari NET TV bisa dijadikan contoh website perusahaan dengan desain modern dan kekinian. Ketika diakses menggunakan perangkat desktop, website ini hanya akan menampilkan halaman statis yang berbeda dari website pada umumnya.

Alih-alih menggunakan mega menu, website NET TV justru memanfaatkan menu tersembunyi yang bisa diakses melalui tombol di pojok kiri atas.

Adapun jika ingin mengakses konten, Anda bisa melakukan scroll ke bawah untuk memunculkan daftar event, foto, dan story yang dibagikan.

Website netmedia
Website netmedia

3.Bitmix.id

Contoh website perusahaan berikutnya adalah Bitmix.id. Situs ini merupakan salah satu contoh portofolio website company profile dari Bikin.Website, sebuah layanan jasa pembuatan website dari Qwords.com. Jadi, jika Anda ingin memiliki website perusahaan keren seperti Bitmix.id, maka segera langsung saja meluncur ke halaman bikin.website sekarang juga.

website-company-profile-bitmix (1)
website-company-profile-bitmix (1)

4.Telkom.co.id

website telkom
Website telkom

Perusahaan BUMN yang juga menjadi raksasa telekomunikasi di Indonesia tersebut memiliki website perusahaan yang sederhana namun tetap informatif.

Bagian utama dari halaman depan terlihat menggunakan slider hero yang sudah responsif ketika dibuka menggunakan ulti device. Selain itu, ada banyak informasi yang bisa di akses, mulai dari news, profil perusahaan, karir, hingga halaman kebijakan pengguna.

 

Penutup

Itulah beberapa contoh website perusahaan lengkap dengan manfaat serta kriteria yang perlu ditambahkan agar lebih menarik di mata pengunjung. Jangan lupa untuk klik tombol share atau meninggalkan jejak di kolom komentar jika ada yang ingin ditanyakan.

Terlepas dari itu, manfaatkan juga berbagai promo domain dan hosting murah dari Qwords.com yang bisa digunakan untuk membangun website company profile, toko online, serta berbagai kebutuhan lainnya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *