Contoh Nama Domain yang Bagus Untuk Bisnis

3 min read

Contoh Nama Domain Untuk Bisnis Online

Nama domain adalah aset penting untuk menunjang kebutuhan branding. Ibarat lokasi dalam bisnis properti, domain bisa menjadi pondasi agar bisnis semakin lancar di ranah digital. Lantas, bagaimana sih cara memilih nama domain? Apakah ada contoh nama domain yang bagus untuk kita jadikan sebagai referensi?

Tanpa perlu banyak basa-basi, langsung saja, mari kita simak tips memilih dan menentukan nama domain dengan cara menganalisa beberapa contoh nama domain bagus dan terbukti berhasil berikut ini.

Contoh Nama Domain yang Bagus

Contoh Nama Domain yang Bagus
Contoh Nama Domain yang Bagus

1.Google.com

Ada banyak rumor dan cerita menarik yang beredar seputar Google. Salah satu di antaranya adalah kabar terkait pemilihan nama “Google” yang sebenarnya berawal dari ketidaksengajaan.

Jika sahabat Qwords cari di forum luar negeri seperti Quora, ada banyak teori yang menyebutkan bahwa Google awalnya bernama Googol. Namun, karena investor awal salah mengeja nama Googol menjadi Google dalam referensi cek, maka pada akhirnya Larry Page dan Sergey Brin memutuskan untuk menggunakan nama tersebut.

Apa itu Googol dan kenapa nama aneh tersebut dipilih oleh Larry dan Sergey? Usut punya usut, Googol sendiri merupakan istilah matematika yang biasa digunakan untuk menyebut urutan angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama unik tersebut dipilih karena melambangkan bahwa Googol nantinya akan menjadi gudang informasi tidak terbatas. Sama halnya dengan istilah aslinya.

logo Google

Dari segi penggunaan nama domain, Google termasuk perusahaan yang memiliki banyak ekstensi domain. Tercatat, mereka melakukan akuisisi nama domain hampir di semua ekstensi domain untuk kepentingan brand proteksi.

Contoh nama domain Google di antaranya:

  • Google.com
  • Google.co.id
  • Google.co.my
  • Google.co.jp
  • Dll.

2.Facebook.com

Tahukah Anda, sebelum terkenal dengan nama domain facebook.com sebelumnya Mark Zuckerberg menggunakan nama domain TheFacebook.com? Cerita ini sangat populer di kalangan pengguna awal Facebook di Amerika Serikat. Mengapa Mark memilih nama ini untuk websitenya?

Berdasarkan sejarah awal Facebook yang dituturkan melalui film The Social Network, benik-benik ide Facebook bermula dari sebuah situs bernama Facemash dimana konten utamanya adalah foto-foto mahasiswi Harvard. Sayangnya, situs tersebut harus ditutup oleh pihak kampus karena terbukti membuat server down dan kontennya diambil secara ilegal melalui aktivitas hacking.

logo facebook
logo facebook

Setelah kejadian itu, Mark Zuckerberg kemudian memiliki ide untuk membangun social network yang lebih legal. Beberapa kandidat selain TheFacebook antara lain NewCo.

Pemilihan nama Facebook sendiri sesuai dengan fungsi yang ditawarkan, yaitu sejenis katalog online berisi foto, hobby, relationship, circle pertemanan, hingga background pendidikan.

3.Kaskus.co.id

Kaskus merupakan nama domain yang cukup populer di Indonesia. Nama brand Kaskus sendiri diketahui diambil dari akronim “Kasak-Kusuk”. Penggunaan nama tersebut tentu sangat cocok untuk menggambarkan aktivitas di dalam forum yang penuh rumor dan bahan obrolan.

4.Tokopedia.com

Sejak awal kemunculannya, tokopedia langsung mampu menarik perhatian banyak pengguna di Indonesia. Selain karena faktor promosi yang didukung pendanaan besar, hal ini salah satunya juga disebabkan oleh pemilihan nama domain yang bagus.

logo tokopedia
logo tokopedia

Sebagai pengguna awam, ketika pertama kali mendengar nama tokopedia secara otomatis akan langsung mengartikan sebagai toko online serba ada. Persis layaknya situs WikiPedia yang sudah lebih dulu beroperasi di dunia maya.

Pada dasarnya, nama domain bagus adalah soal pemilihan kata yang dapat mendeskripsikan produk, isi, atau konten secara jelas kepada pengguna.

Cara Mendapatkan Nama Domain Bagus

Cara Mendapatkan Nama Domain yang Bagus
Cara Mendapatkan Nama Domain yang Bagus

1.Memilih Ekstensi Domain Selain .Com

Seperti kita ketahui, ekstensi domain .com merupakan salah satu ekstensi populer yang sudah banyak digunakan di seluruh dunia. Alhasil, pilihan nama domain yang bagus untuk ekstensi domain .com pun semakin lama semakin sedikit.

Sebagai alternatif, sahabat Qwords bisa memanfaatkan ekstensi domain premium lainnya yang tidak kalah populer dari .com. Misalnya seperti, ekstensi .id atau .co.id jika target pasar Anda khusus untuk menjangkau pengguna di Indonesia. Baca juga: Keunggulan Menggunakan Domain XYZ

2.Menggunakan Aged Domain

Apa itu Aged Domain? Aged domain adalah nama domain yang sebelumnya sudah didaftarkan oleh orang lain. Namun karena satu atau dua alasan, akhirnya sang pemilik domain memutuskan untuk melakukan penjualan.

Ada banyak keuntungan dari aged domain. Di antaranya dari segi usia, authority, serta keyword di dalam domain. Kendati demikian, aged domain juga memiliki kekurangan, mulai dari harganya yang mahal, kurang leluasa dalam memilih nama, hingga potensi fraud akibat history domain sebelumnya.

Terlepas dari itu, domain aged sampai saat ini masih banyak diburu untuk dijadikan sebagai money site ataupun Private Blog Network (PBN).

3.Menciptakan Istilah Baru

Apa kesamaan antara Traveloka, Kaskus, Tokopedia, Twitter, atau bahkan Qwords? Berbagai brand ini bisa mendapatkan nama domain yang bagus karena masing-masing menciptakan istilah baru.

Baca juga: 10 Tips Cara Memilih Nama Perusahaan Unik

Dengan menggunakan istilah baru, maka Anda akan jauh lebih leluasa untuk memilih nama domain sesuai kebutuhan tanpa perlu berebut dengan orang lain.

Beli Domain Murah di Qwords.com

beli domain di Qwords
beli domain di Qwords

Itulah beberapa contoh nama domain bagus yang bisa dijadikan sebagai referensi. Tidak perlu putus asa jika nama domain incaran Anda lebih dulu diambil orang. Jadilah kreatif dengan cara memanfaatkan salah satu tips di atas untuk menemukan domain yang sesuai kebutuhan.

Adapun untuk mendapatkan nama domain murah, Anda bisa membeli di Qwords.com yang sudah dipercaya oleh ribuan pengguna di Indonesia. Qwords juga sudah terakreditasi oleh Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) sehingga lebih aman dan terpercaya.

Jadi, tunggu apalagi? Cek domain idaman Anda sekarang juga dan dapatkan promo menarik khusus untuk Anda.

Semoga bermanfaat. 

2 Replies to “Contoh Nama Domain yang Bagus Untuk…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *