Dalam suatu website ada banyak sekali elemen yang ada seperti home page,menu, gallery, contact form, UI, UX,  hosting, domain dan landing page. Berbicara tentang landing page, bagi Anda yang sudah bergelut lama di bidang website pasti sudah faham mengenai landing page. Semakin bagus landing page dibuat, maka semakin besar pula tingkat konversi yang akan Anda dapatkan dari website.

Landing page memiliki fungsi utama untuk mengajak pengunjung yang datang melakukan action, nah disinilah sebagai pemilik website Anda harus membuat trigger bagi pengunjung website agar melakukan action sesuai dengan apa yang kita inginkan. Sebelum membahas lebih lanjut, apakah Anda sudah tau apa itu landing page?

Apa Itu Landing Page?

Contoh Landing Page Keren
Contoh Landing Page Keren

Landing page adalah halaman website yang dibuat dengan tujuan dikunjungi pertama kali oleh pengunjung website. Ada banyak metode yang biasa digunakan untuk mendatangkan traffic ke landing page seperti organic traffic, optimasi SEO dan paid traffic. Dalam pembuatan landing page, agar landing page mudah ditemukan oleh pelanggan maka harus mengandung keyword sesuai dengan target.

Dan tentu saja isi materi konten di landing page harus semenarik mungkin agar pengunjung yang datang tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dalam pembuatannya, ada beberapa tips yang harus anda lakukan untuk meningkatkan konversi landing page.

Tips Membuat Landing Page

  • Headline Menarik

Jika Anda melihat koran pada halaman depan, pasti akan disajikan tulisan besar yang membuat Anda tertarik untuk membacanya, nah itulah yang dinamakan headline. Headline adalah serangkaian kata yang mampu menarik perhatian pembaca yang isinya mewakili seluruh isi konten. Untuk penerapannya dalam landing page headline sangat penting, syarat headline yang bagus adalah ringkas, jelas dan tidak bertele-tele.

  • Menggunakan Gambar/Video

Pengunaan gambar pada landing page sangat penting dilakukan, ada orang yang meyebutkan bahwa dari satu gambar bisa mewakili seribu kata. Pengunaan video dalam landing page menurut survey juga meningkatkan konversi sebesar 86%. Jadi agar konversi dari landing page Anda meningkat, wajib ditambahkan pebgunaan gambar dan video.

  • Deskripsi

    MailToGo
    MailToGo

Pada bagian deskripsi jelaskan mengenai produk atau jasa yang Anda jual, singkat padat dan jelas jangan bertele-tele. Jelaskan juga mengenai kelebihan, kekurangan perbandingan dari kompetitor sejenis, untuk lebih lengkapnya Anda bisa menambahkan gambar dan video.

  • Menjelaskan Manfaat

Untuk lebih meyakinkan pengunjung website, tambahkan manfaat dari produk atau jasa yang Anda tawarkan, agar penjelasan manfaat agar tersampaikan dengan lengkap maka hindari menggunakan tulisan yang panjang, gunakan bullets atau numbering dengan kata-kata yang singkat dan mudah difahami pengunjung.

  • Testimoni

Dengan adanya testimoni pengunjung yang datang ke landing page akan lebih trust kepada produk atau jasa yang Anda miliki sehingga konversi bisa meningkat. Usahakan untuk selalu meminta testimoni kepada pelanggan setiap ada sales yang masuk. Untuk testimoni bisa menggunakan screenshoots dari percakapan social media, foto resi pengiriman dan foto dengan pelanggan.

  • CTA Button

    CTA Button
    CTA Button

Nah yang terakhir adalah memasang Call To Action (CTA) button, Call To Action memiliki pengertian ajakan untuk bertindak kepada pengunjung yang datang. Isinya bisa bermacam-macam seperti:

  • Beli Sekarang
  • Download Sekarang
  • Shop Now’
  • Klik Disini
  • Watch Now
  • Amankan Sekarang
  • Dan lain sebagainya.

Untuk pengunaan Call To Action bisa disesuaikan dengan produk atau jasa yang dijual dan jangan lupa untuk menggunakan warna yang berbeda dengan ukuran font yang lebih besar agar terlihat oleh pengguna.

Silahkan Anda aplikasikan tips tersebut pada landing page yang akan Anda buat, silahkan custom semenarik mungkin agar konversi penjualan lebih meningkat.

Baca juga : Panduan Email Marketing Untuk Pemula

Contoh Landing Page

Setelah Anda mengetahui tips dalam membuat landing page, kami sudah memiliki rekomendasi website-website yang berisi contoh-contoh landing page keren. Berikut daftar 7 website untuk mencari contoh landing page terbaik:

1. Themeforest.com

Landing Page di Themeforest.com
Landing Page di Themeforest.com

Rekomendasi contoh landing page pertama datang dari website Themeforest.com. Themeforest menjadi marketplace digital yang menjual Web Themes & Template, Code, Video, Audio, Graphics, Photos dan 3D Files. Ada banyak sekali developer template yang menjual landing page dengan harga yang beragam. Anda bisa meniru dari segi layout dan desain untuk dijadikan contoh landing page yang bagus.

2. Pinterest.com

Landing Page di Pinterest.com
Landing Page di Pinterest.com

Pinterest adalah social media dimana Anda bisa upload gambar atau video yang dimasukan kedalam kategori-kategori tertentu, selain itu Anda bisa mengoleksi foto secara leluasa dari pengguna lain tanpa adanya batasan limit. Silahkan Anda masukan pada kolom search kemduian tulis  ‘Landing Page’ nantinya akan keluar banyak sekali desain-desain landing page dari berbagai user pinterest lain.

3. Landingfolio.com

Landing Page di Landingfolio.com
Landing Page di Landingfolio.com

Anda bisa mendapatan contoh landing page terbaik di Landingfolio.com. Disini tersedia 649 lebih desain landing page dari 21 kategori yang bisa Anda jadikan contoh landing page. Silahkan cari landing page yang sesuai dengan kategori bisnis Anda.

4. Lapa.ninja

Landing Page di lapa.ninja
Landing Page di lapa.ninja

Lapa.ninja juga bisa Anda jadikan acuan untuk mencari contoh landing page keren lainnya, terdapat 2396 lebih landing page template yang siap untuk Anda gunakan, tinggal sesuaikan kategorinya saja.

5. Search.Muz.li

Landing Page di Search.Muz.Li
Landing Page di Search.Muz.Li

Website kelima yang bisa diajdikan referensi landing page adalah Muzli Search, ada sekitar 10.134 landing page dengan berbagai kategori dan pilihan warna yang bisa Anda jadikan landing page website bisnis Anda, tinggal pilih sesuai kategori saja.

6. Onepagelove.com

Landing Page di Onepagelove.com
Landing Page di Onepagelove.com

Onpagelove memberikan template landing page lengkap untuk kebutuhan satu website, bukan hanya satu halaman saja tertapi multiple page. Untuk menemukan landing page silahkan klik menu pada bagian Inspiration kemudian pilih Landing Page, nantinya Anda akan dihadapkan berbagai pilihan landing page yang menarik.

7. Colorlib.com

Landing Page di Colorlib.com
Landing Page di Colorlib.com

Nah website untuk mencari landing page yang terakhir adalah Colorlib.com, bagi Anda yang sering mencari themes WordPress gratis pasti tidak asing dengan website ini. Silahkan masukan pilihan pada landing page, Anda akan disedikana berbagai pilihan dan contoh landing page yang gratis dan siap untuk didownload.

Demikian pembahasan mengenai 7 website untuk mencari contoh landing page yang keren saat ini. Untuk memaksimalkan angka konversi, selain menggunakan landing page yang bagus Anda perlu tools email marketing. Email marketing berguna untuk menarik pelanggan dengan penawaran produk baru, diskon, konten bermanfaat dan knowledge base yang berhubungan dengan produk atau jasa yang Anda jual.

Kami memiliki layanan Email Marketing by Qwords.com bernama MailToGo, cukup dengan biaya 66.000/bulan Anda sudah bisa mendapatkan layanan tools email marketing yang bisa mengirimkan kepada ribuan database email secara otomatis. Tunggu apalagi miliki MailToGo sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *