Istilah content marketing akhir-akhir ini sering dibahas dalam digital marketing. Banyak yang bilang bahwa content marketing menjadi salah satu model pemasaran yang terbaik saat ini dibandingkan marketing konvensional. Lalu apa yang membuatnya spesial sehingga bisa disebut  sebagai strategi pemasaran terbaik saat ini?

Apa Itu Content Marketing

7 Strategi Content Marketing Terbaik
7 Strategi Content Marketing Terbaik

Sebelum melanjutkan Anda sebaiknya mengetahui pengertian dari content marketing itu apa. Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran dalam digital marketing dimana Anda sebagai pemilik merencanakan, membuat dan mendistribusi kepada calon konsumen berisi konten yang bernilai, bermanfaat, menarik, relevan dan konsisten sehingga bisa menarik minat konsumen dan terjadi tindakan yang menghasilkan keuntungan bisnis.

Berdasarkan definisi content marketing diatas, kunci utamanya adalah menyajikan konten yang memiliki value kepada calon konsumen. Saat ini sudah banyak ditemui para pelaku digital marketing yang sudah menerapkan strategi content marketing yang baik dan benar. Dmenurut survey dari Content Marketing Institute menjelaskan bahwa 90% marketer B2B (Business to Business) terbaik sudah mengaplikasikan content marketing sebagai salah satu strategi bisnisnya. Hanya tinggal sekitar 10% yang belum menggunakan content marketing, lalu pertanyaanya apakah Anda termasuk dari 10% tersebut?

Manfaat content marketing

Content Marketing
Content Marketing

Ada banyak manfaat yang perlu Anda ketahui dari strategi content marketing untuk bisnis, silahkan lihat pada pembahasan dibawah ini:

  • Mendatangkan traffic ke website

Dengan mengaplikasikan content marketing yang benar, website yang Anda miliki akan mendapatkan traffic yang lebih besar. Usahakan dalam penyajian konten sudah dilakukan riset sesuai dengan kebutuhan pengunjung website. Selain itu Anda juga harus menerapan teknik SEO website yang benar agar bisa mendapatkan peringkat pada halaman pertama Google.

  • Meningkatkan brand awareness

Jika Anda sudah konsisten untuk memperbarui konten pada website secara rutin, para pengunjung website akan lebih mengenal tentang bisnis Anda sehingga akan menciptakan brand awareness yang kuat. Ditambah lagi dengan konten yang berkualitas maka akan membuat pengunjung merasa puas dan merekomendasikannya kepada orang lain.

  • Meningkatkan engagement

Dengan konten yang berkualitas, pengunjung website akan betah berlama-lama berada pada website sehingga nilai bounce rate menjadi turun. Selain itu biasanya pengunjung akan melakukan share konten yang Anda miliki sehingga engagement website Anda meningkat, efeknya peringkat website pada mesin pencarian juga ikut terangkat.

  • Meningkatkan omzet penjualan

    Omzet meningkat
    Omzet meningkat

Dengan banyaknya pengunjung yang datang ke website potensi produk terjual semakin besar, maka bisa dipastikan omzet penjualan bisnis Anda menjadi meningkat. Apalagi dengan strategi konten marketing yang sudah Anda jalankan dengan baik dan benar, omzet meningkat berkali lipat bukanlah hal yang sulit.

  • Membangun loyalty

Konten yang menarik akan membawa pengunjung datang kembali menuju website Anda, tidak menutup kemungkinan mereka melakukan pembelian produk berulang karena sudah percaya terhadap brand produk yang Anda miliki.

  • Biaya lebih terjangkau

Biaya yang dikeluarkan untuk content marketing terbukti lebih murah ketimbang marketing konvensional. Selain itu dari segi waktu, untuk marketing konvensional memiliki waktu terbatas dan lebih singkat sedangkan content marketing yang lebih lama dan tanpa adanya batasan. Jika ditotal dengan biaya yang sama akan lebih menguntungkan teknik content marketing untuk bisnis daripada marketing konvensional.

Strategi content marketing

Berbicara masalah strategi, kami sudah menyiapkan rangkuman 7 strategi content marketing untuk bisnis yang terbukti efektif, berikut daftarnya:

1. Menentukan tujuan konten

Menentukan tujuan content
Menentukan tujuan content

Secara umum dalam strategi content marketing ada 3 tujuan utama pembuatan konten yaitu mendatangkan pengunjung website, meningkatkan kepercayaan dan penjualan produk. Ketiga tujuan tersebut tidak bisa digabung satu sama lain, konten yang memiliki tujuan untuk mendatangkan visitor akan berbeda dengan konten yang berisi dengan penjualan.

Agar pengunjung Anda tidak merasa bosan, maka untuk konten bisa dibagi rata agar pengunjung merasa nyaman. Selain itu Anda perlu berhati-hati saat membuat konten tentang penjualan, buatlah semenarik mungkin agar konsumen Anda tertarik terhadap produk yang Anda miliki.

2. Mengenali audiens dan target pasar

Agar produk Anda sukses dan diterima oleh pasar, maka perlu melakukan analisa pasar terlebih dahulu tentang seberapa besar peluang dan persaingan yang ada. Selain itu Anda juga perlu mengetahui target audiens yang tepat. Dengan begitu Anda bisa mengatur jenis konten yang akan Anda berikan kepada pengunjung website sesuai dengan target market yang sedang Anda bidik.

3. Mapping konten

Search Engine Optimization
Search Engine Optimization

Dengan menggunakan mapping konten, pembahasan yang ada pada website Anda bisa terarah dengan jelas tidak melenceng dari bahasan utama. Selain itu dengan melakukan mapping, Anda lebih mudah dalam melakukan optimasi SEO pada kata kunci tertentu. Dimulai dari kata kunci utama kemudian dicari kata kunci turunan dan kata kunci yang masih berhubungan dengan kata kunci utama.

4. Memahami strategi pembuatan konten

Setelah konten sudah di mapping dengan benar, maka kini saatnya melakukan strategi pembuatan konten. Membuat konten bukanlah hal yang mudah, apalagi membuat konten untuk penjualan. Yang paling mudah adalah konten pengenalan suatu produk, setelah itu baru dilanjut konten yang berisi branding. Selain itu dari segi jumlah, konten yang berisi pengenalan produk adalah yang paling banyak, kemudian baru konten branding dan yang terakhir konten penjualan.

Baca juga : Pentingnya Update Konten Setiap hari

5. Memilih Content Management System

Content Management System atau CMS adalah aplikasi yang memudahkan Anda dalam pengelolaan konten. Rekomendasi dari kami untuk CMS yang terbaik adalah menggunakan WordPress, selain memiliki pengguna terbesar di dunia, WordPress memiliki fitur paling lengkap dengan dukungan berbagai plugin yang semakin memudahkan Anda dalam memanage content marketing bisnis Anda.

6. Distribusi konten

Sosial Media Share
Sosial Media Share

Setelah konten terpublish masih ada lagi tugas yang perlu Anda lakukan yaitu distribusi konten. Bayangkan dalam 1 hari ada jutaan konten yang terpublish, lalu bagaimana bisa bersaing kalau Anda tidak mendistribusikan konten kepada audiens yang tepat? Anda bisa memulai share pada akun social media yang memiliki interest sama dengan bisnis Anda atau menggunakan email list building atau sosial media.

7. Audit hasil kerja

Yang terakhir adalah melakukan audit terhadap konten yang sudah Anda distribusikan. Apakah memiliki performa bagus atau tidak? Jika ada masalah nampaknya Anda perlu melakukan riset ulang dari awal agar lebih tepat sasaran. Selain itu Anda bisa menginstall Google Analytics untuk mengukur performa website dan konten yang Anda miliki.

Kesimpulan

Memang dalam hal strategi content marketing untuk bisnis online memiliki banyak tahapan yang harus Anda lalui. Butuh banyak tenaga, waktu dan pemikiran untuk menghasilkan strategi content marketing yang hebat. Untuk memudahkan Anda dalam mengelola website yang Anda jadikan sebagai wadah content marketing, kami merekomendasikan layanan Cloud Hosting Indonesia dari Qwords.com. Kami menyediakan kapasitas yang besar dengan gratis domain plus SSL bagi Anda yang mendaftar sekarang. Ayo tunggu apalagi sebelum promo ini habis.

Jika ada strategi content marketing lain yang menurut Anda bagus silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *