Mengenal Chatbot dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

3 min read

Mengenal Chatbot dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

Chatbot adalah salah satu marketing tool yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Menurut Acquire, sekitar 1.4 miliar orang di seluruh dunia bahkan secara teratur memanfaatkan chatbot untuk berkomunikasi dengan suatu brand.

Lalu, apa sebenarnya chatbot itu dan apa saja manfaatnya untuk bisnis Anda? Yuk temukan semua jawabannya di sini. Artikel ini juga akan mengulas beberapa opsi chatbot terbaik yang patut Anda pertimbangkan.

Selamat membaca!    

Apa Itu Chatbot?

Ketika Anda mengunjungi sebuah website, Anda mungkin pernah menemukan pesan dalam pop up window yang menawarkan bantuan kepada Anda bukan? Nah, itulah salah satu contoh bentuk chatbot.

Merujuk kepada Oracle, chatbot diartikan sebagai program komputer yang mampu menyimulasikan dan memproses percakapan manusia, baik secara tertulis maupun lisan. 

Chatbot menggunakan artificial intelligence dan didukung oleh Natural Language Processing (NLP), sehingga memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi dengan perangkat digital seolah-olah mereka sedang berkomunikasi dengan orang sungguhan.

Program ini tidak hanya dimanfaatkan di website, namun juga banyak digunakan di berbagai aplikasi seluler, messaging software, dan bahkan telepon.

Baca Juga: Mengenal CTA dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda 

Apa Saja Manfaat Chatbot?

Sekarang, mari pahami beberapa manfaat dari chatbot.

1. Efisiensi Biaya Operasional

Chatbot membantu Anda memotong biaya perekrutan customer service agents. Faktanya menurut Chatbots Magazine, chatbot bisa menghemat pengeluaran untuk customer service hingga 30%.

Selain itu, studi dari Juniper Research juga memprediksikan jika chatbot akan mengurangi biaya operasional bank secara global hingga $7.3 miliar pada tahun 2023 nanti. 

2. Meningkatkan Kualitas Customer Service

Chatbot dibekali dengan kemampuan untuk merespons seluruh pertanyaan dari customers dengan cepat dan tepat. Tool ini juga bisa berinteraksi dengan customers secara proaktif dan menawarkan bantuan secara real-time selama 24 jam.

Dan tak kalah pentingnya, chatbot dapat meminimalisir terjadinya human error yang dapat memberikan dampak negatif terhadap kepuasan pelanggan. Hebatnya, chatbot mampu menjawab hingga 80% pertanyaan standar terkait bisnis Anda.

3. Strategi Lead Generation dan Lead Nurturing yang Efektif

Dengan bantuan chatbot, Anda bisa melakukan personalisasi terhadap pesan Anda sesuai dengan tahapan buyer journey. 

Sebagai contoh, chatbot membantu Anda mengajukan pertanyaan, kuis, atau survei sederhana kepada visitors. 

Chatbot kemudian akan menggunakan seluruh informasi yang diperoleh untuk memahami dan membuat segmentasi audiens; lalu menampilkan penawaran, promo, atau rekomendasi yang relevan dengan pengunjung tersebut.      

4. Membangun Customer Engagement

Tidak hanya sebatas menyajikan promo dan penawaran tertentu, chatbot juga dapat dimanfaatkan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan customer. 

Contohnya, chatbot dapat membagikan tips atau konten web kepada pengunjung agar mereka bisa tetap terhubung dan berinteraksi dengan brand Anda dalam waktu yang lebih panjang.

Dan hebatnya lagi, chatbot juga bisa berkomunikasi secara interaktif dan tak jarang menyisipkan humor ke dalam percakapan. Alhasil, kedekatan Anda dengan pengunjung akan semakin terbangun. 

Baca Juga: Mengenal CTR (Click-Through Rate) dan Cara Optimasinya  

Rekomendasi Software Chatbot Terbaik

Tertarik untuk menggunakan chatbot? Yuk cari tahu beberapa opsi chatbot software terbaik untuk bisnis Anda!  

1. Chatfuel

Chatfuel, Chatbot Software PopulerChatfuel merupakan chatbot platform populer yang bisa dimanfaatkan untuk Facebook, Instagram, dan Messenger. Beberapa brand ternama seperti Adidas, Greenpeace, Levi’s, hingga ABC News adalah pengguna Chatfuel.

Platform ini menghadirkan versi gratis yang bisa digunakan untuk 50 users. Sedangkan versi berbayar (mulai dari $15/bulan) tidak memiliki batasan pengguna dan dilengkapi dengan fitur premium. Diantaranya adalah seperti A/B testing, cart reminders, account manager, dan masih banyak lainnya.

2. MobileMonkey

Website MobileMonkeyMobileMonkey hadir dengan OmniChatⓇ—yakni teknologi yang memungkinkan Anda untuk membuat satu bot dan kemudian menggunakannya untuk berbagai saluran; baik itu web chat, Messenger, dan SMS.

Kabar baiknya, MobileMonkey bisa Anda gunakan secara gratis. Namun jika Anda menginginkan fitur yang lebih lengkap (seperti SMS tools dan unlimite Q&A), Anda bisa memilih versi berbayar dengan harga mulai dari $14.25/bulan.  

3. Tidio

Website TidioTidio dibekali dengan drag-and-drop builder yang intuitif untuk membantu Anda mendesain customer service bot dengan mudah, tanpa harus berurusan dengan kode yang rumit.

Hebatnya, Tidio terintegrasi dengan berbagai software, seperti: WordPress, Shopify, Mailchimp, Google Analytics, Zendesk, dan banyak third-party software lainnya.

Tidio mempunyai versi gratis dan berbayar (mulai dari $18/bulan).  

4. ManyChat

Website ManyChatManyChat menawarkan template dan drag-and-drop builder yang menyederhanakan proses kustomisasi bot untuk Facebook Messenger. Selain itu, platform ini juga menyediakan insights dan analytics tools untuk membantu Anda menganalisis conversion rates bisnis Anda.

Menariknya, ManyChat bisa Anda integrasikan dengan banyak eCommerce tools dan apps; seperti Paypal, Shopify, Zapier, dan Stripe. Selain itu, platform ini juga menyediakan customer support, panduan, tutorial, serta dukungan komunitas yang cukup lengkap dan berkualitas. 

ManyChat hadir dengan versi gratis dan berbayar (mulai dari $10/bulan).    

5. Flow XO

Chatbot Software Flow XOFlow XO adalah cross-platform chatbot yang bisa digunakan di Facebook Messenger, Slack, Twilio SMS, Telegram, hingga website. Uniknya, istilah cross-platform di sini juga berarti kalau customers bisa melanjutkan percakapan mereka dari satu platform ke platform lain.

Sebagai contoh, pelanggan memulai percakapan via Facebook Messenger. Nah, mereka kemudian bisa melanjutkan percakapan tersebut di platform lain dengan mudah, tanpa harus mengulangnya dari awal.

Flow XO menawarkan versi gratis yang bisa digunakan untuk membuat hingga 5 bots. Sedangkan versi berbayar (mulai dari $19/bulan) dapat dimanfaatkan untuk membuat minimal 15 bots dan mempunyai banyak fitur premium.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Testimoni dan Arti Pentingnya Bagi Website Anda  

Yuk Manfaatkan Chatbot Sekarang!

Setelah membaca artikel ini, Anda tentu semakin memahami bahwa chatbot adalah program fungsional yang bisa membawa bisnis Anda ke level yang lebih tinggi. 

Berkat teknologi artificial intelligence dan Natural Language Processing, chatbot bisa meningkatkan kualitas customer service, menghasilkan customer engagement yang lebih baik, membangun lead generation dan nurturing, serta menghemat biaya operasional bisnis Anda.

Kabar baiknya, ada banyak chatbot software terbaik yang bisa Anda pilih di luar sana. Beberapa diantaranya adalah:

  • Chatfuel—platform chatbot unggulan untuk Facebook, Instagram, dan Messenger.
  • MobileMonkey—menawarkan teknologi OmniChatⓇ yang membantu Anda membuat satu bot untuk beberapa platform.
  • Tidio—menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) serta mampu merespons pengunjung dengan berbagai bahasa.
  • ManyChat—menyediakan template dan drag-and-drop builder untuk mendesain Facebook Messenger dalam waktu singkat.
  • Flow XO—merupakan cross-platform chatbot yang bisa dijalankan di banyak platform. 

Jadi, bagaimana? Sudah menemukan opsi software terbaik Anda? Dari kelima pilihan di atas, mana yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda?

Selanjutnya, yuk pelajari berbagai tips dan tutorial menarik mengenai bisnis online, digital marketing, web development, serta banyak topik populer lainnya di blog Qwords.com.

Agar kinerja website atau layanan online Anda bisa lebih optimal, Anda juga bisa memanfaatkan layanan hosting terbaik dari Qwords.com. Beberapa diantaranya yakni cloud hosting, unlimited hosting, dan VPS Windows.

Semoga berhasil!  

Termudah, Cara Membuat Subdomain di cPanel

Anda sebagai pengelola website bisnis dengan banyak cabang, tentunya untuk mengelola semua website akan terlalu repot kalau harus membuat website untuk setiap cabangnya. Bagaimana...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *