Untuk Sahabat Qwords yang memiliki website, pasti ingin tahu dong seberapa besar jumlah trafficnya. Perlu diketahui kalau traffic adalah jumlah dari pengunjung yang mengunjungi website kita. Saat ada pengunjung yang datang ke website, maka jumlah traffic akan bertambah satu.

Traffic menjadi salah satu hal yang penting dalam website. Salah satu fungsinya bisa untuk melihat seberapa berhasil optimasi website pada mesin pencari. Dari traffic website ini juga bisa menjadi sebuah konversi bisnis, branding dll tinggal mengelolanya saja.

Namun untuk bisa melakukan cek traffic website tidak bisa dilihat secara langsung, perlu menggunakan tools yang support untuk memantau visitor website. Nah dibawah ini Kami sudah menyiapkan 10 rekomendasi tools untuk cek traffic website terbaik.

Cek Traffic Website

1. Google Analytics

Rekomendasi tools cek traffic website yang pertama adalah Google Analytics. Analytics adalah tools buatan Google yang berfungsi untuk melihat jumlah traffic website dengan data yang lengkap. Beberapa fitur yang terdapat pada analytics seperti :

  • Realtime, fungsinya untuk melihat secara realtime apa saja yang sedang dikunjungi pada website.
  • Audience, fungsinya untuk melihat audience dari sisi demografi, interes, lokasi, behavior, browser, OS, Device dan sebagainya.
  • Acquisition, fungsinya untuk melihat semua traffic website, google ads, search console, social dan campaign.
  • Behavior, fungsinya untuk melihat website kita dari segi content, kecepatan, pencarian, event dan publisher.
  • Conversion, conversion ini berisi tentang goals website, e commerce dan multi channel funnels.

Untuk bisa menggunakan Google Analytics ini caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukan Google Site Tag pada template website.

Caranya Anda tinggal pergi ke menu Admin pada pojok bawah, pilih Create Property, pilih pada menu Web > Continue > kemudian isi data Website Name, URL, Industry category dan Time Zone. Jika sudah silahkan pilih Create.

Google Tag Manager
Google Tag Manager

Jika sudah muncul Google Site Tag seperti diatas, Anda tinggal membuka themes website kemudian cari tag <head>, masukan kode tersebut dibawah <head> dan sebelum penutup </head>. Jika sudah segera simpan dan coba buka website Anda apakah sudah terrecord di Google Analytics ataukah belum.

Traffic Google Analytics
Traffic Google Analytics

2. Alexa Ranking

Cara cek pengunjung website yang kedua menggunakan Alexa Ranking. Mungkin Anda sudah tidak asing jika mendengar kata Alexa, biasanya Alexa dipakai untuk melihat peringkat Alexa Rank website, tetapi perlu Anda tahu bahwa Alexa ternyata bisa digunakan untuk melihat traffic website.

Anda bisa menggunakannya secara gratis, silahkan kunjungi websitenya di alexa.com/siteinfo. Tinggal masukan domain yang akan dicek pada kolom dibawah kemudian klik “Run Analysis” dan hasilnya seperti berikut ini.

Cek traffic dengan Alexa
Cek traffic dengan Alexa

3. SimilarWeb

SimilarWeb adalah website yang menyediakan solusi untuk membuat keputusan bisnis dengan melihat kompetitor website kita. Tetapi selain itu similarweb bisa digunakan untuk mengecek pengunjung website. Anda tidak perlu mendaftar, bisa langsung melakukan analisa domain website. Langsung saja masukan domain name pada “Analyze any Website or App” samping logo.

Kemudian hasil pengecekan traffic dari SimilarWeb seperti dibawah ini.

Hasil Traffic SimilarWeb
Hasil Traffic SimilarWeb

4. Ubersuggest

Tools SEO milik Neil Patel ini selain memiliki fitur untuk riset keyword, terdapat juga fitur untuk mengecek traffic blog yang Anda miliki. Untuk kebutuhan SEO tools ini sudah cukup mengakomodir berbagai keperluan SEO.

Poin plus yang dimiliki Ubersuggest ini harganya lebih terjangkau dibandingkan tools SEO sejenis. Caranya silahkan buka website Ubersuggest terlebih dahulu, kemudian masukan domain dan ubah negara menjadi Indonesia atau sesuai target website.

Tunggu proses analisanya selesai, jika sudah Anda akan mendapatkan hasil dari domain overview website yang dianalisa. Hasilnya kira-kira seperti dibawah ini.

Domain Overview Ubersuggest
Domain Overview Ubersuggest

5. Ahrefs

Ahrefs menjadi tools favorit untuk pemain SEO saat ini, banyak sekali fitur yang dimiliki seperti domain check, keyword explorer, site audit, rank tracker, content explorer, domain analysis dan banyak lagi. Tentunya fitur untuk cek trafik website juga tersedia disini, tetapi tools SEO ini berbayar paling murah 99$ untuk setiap bulannya.

Untuk analisa website silahkan login akun, kemudian pilih menu “Site Explorer” kemudian masukan nama domain dan lakukan analisa. Rubah pada bagian organic search dan pilih grafik dalam satu tahun. Berikut contoh analisa website detik.com

Traffic Detik.com
Traffic Detik.com

6. SE Ranking

SE Rangking adalah tools analysis SEO dan marketing yang dibuat lebih simple dan user friendly. Tool SEO ini juga menyediakan fitur cek traffic website secara gratis, Anda bisa memasukan nama domain yang akan dicek pada bagian SEO/PPC Competition Research Tool, silahkan masukan domain yang akan dicek dan rubah negara sesuai dengan lokasi Anda saat ini. Kira-kira hasilnya seperti dibawah ini.

Hasil SE Ranking
Hasil SE Ranking

7. SEMRush

SEMRush menjadi tools SEO favorit para webmaster selain Ahrefs. SEMRush memiliki data tentang informasi dari search engine tentang website seperti domain analytics, keyword analytics, project website, marketing insights, GAP analysis, Topic research dan sebagainnya.

Untuk melakukan cek jumlah trafik website, Anda diharuskan mendaftar terlebih dahulu, tetapi tenang ini versi gratis sudah bisa untuk melihat trafik website. Nah berikut contoh hasil analisa dari website bikin.website dengan SEMRush.

Cek traffik dengan SEMRush
Cek traffik dengan SEMRush

8. Siteprice

Siteprice menjadi website untuk cek trafik rekomendasi selanjutnya. Siteprice ini selain fungsi untuk mengecek trafik juga bisa Anda gunakan untuk mengecek penghasilan website.

Walaupun penghasilannya belum pasti tetapi setidaknya ada gambaran kira-kira berapa penghasilan dari website tersebut. Untuk cara ceknya cukup mudah, Anda tinggal memasukan nama domain saja pada “Website Worth & Domain Value” kemudian calculate,

Hasilnya kira-kira seperti dibawah ini.

Siteprice
Siteprice

9. SEOReviewTools

Tools nomor sembilan menggunakan website seoreviewtools.com, website ini menyediakan lebih dari 41 tools SEO untuk berbagai keperluan. Banyak para praktisi SEO kelas dunia yang merekomendasikan website seoreviewtools.com ini.

Nah Anda juga bisa menggunakannya untuk cek pengunjung website secara gratis, silahkan buka seoreviewtools.com/website-traffic-checker/. Kemudian silahkan masukan domain yang akan dicek dan tunggu hasilnya, kira-kira hasilnya seperti ini.

SEOReviewTools
SEOReviewTools

10. Histats

Histats adalah tools untuk cek trafik blog mirip dengan Google Analytics. Untuk cara memasangnya diperlukan pasang kode script pada template website. Tampilan Histats ini juga tidak kalah menarik dan lengkap dengan Google Analytics. Nah jika tertarik cara memasang histats sudah Kami bahas pada artikel sebelumnya tentang cara memasang histats pada website.

Nah demikian pembahasan mengenai 10 rekomendasi tools untuk cek trafik website terbaik. Silahkan Anda pilih mana kira-kira yang paling pas untuk kebutuhan website Anda.

Untuk memenuhi kebutuhan traffic website yang tinggi, Kami memiliki rekomendasi layanan hosting unlimited terbaik dari Qwords yang siap menampung visitor website Anda dengan harga mulai dari 34.900/bulan saja. Tunggu apalagi pindahkan hostingmu sekarang juga di Qwords.com

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *