Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Cek Traffic Website Anda Pakai 10 Tools Ini [Termudah]

4 min read

cek traffic website

Setiap langkah yang Sahabat Qwords ambil di dunia digital memiliki nilai dan dampak. Begitu juga dengan website Anda.

Untuk mengetahui sejauh mana usaha dan strategi Anda membuahkan hasil melalui website, maka mengetahui jumlah traffic yang mengalir ke website Anda sangatlah penting.

Traffic website adalah cerminan dari seberapa banyak pengunjung yang mengunjungi website Sahabat Qwords.

Ini bukan hanya tentang angka, tetapi juga mengenai kualitas pengunjung tersebut. Nah, dengan menganalisis data trafik, Anda bisa memahami perilaku pengunjung, melihat tren, dan mengukur efektivitas kampanye pemasaran Anda.

Yuk, ketahui cara cek traffic website dengan sepuluh tool berikut ini! Gampang banget, loh!

Cek Traffic Website dengan 10 Tools!

Kami akan memberikan sepuluh tool yang dapat Sahabat Qwords gunakan untuk mengecek traffic website Anda.

1. Google Analytics

Salah satu tool terbaik untuk melihat traffic website adalah Google Analytics.

Dengan melacak berbagai metrik seperti jumlah pengunjung, sumber traffic, halaman yang paling sering dikunjungi, dan tingkat konversi, Anda bisa mendapatkan gambaran menyeluruh tentang performa website.

Beberapa fitur yang terdapat pada analytics seperti :

1. Realtime: Melihat Aktivitas Langsung

  • Fungsi: Melihat aktivitas saat ini di website Anda.
  • Manfaat: Memantau kunjungan langsung, mengidentifikasi tren saat itu juga, dan merespons dengan cepat.

2. Audience: Menyelami Profil Audiens Anda

  • Fungsi: Mengungkap informasi tentang audiens, seperti demografi, minat, lokasi, perilaku, perangkat, dan browser.
  • Manfaat: Menyesuaikan strategi pemasaran dan konten sesuai dengan preferensi dan karakteristik audiens.

3. Acquisition: Melacak Sumber Trafik

  • Fungsi: Menganalisis traffic dari berbagai sumber, termasuk Google Ads, Search Console, media sosial, dan kampanye lainnya.
  • Manfaat: Mengevaluasi efektivitas berbagai saluran pemasaran dan mengoptimalkan strategi.

4. Behavior: Menganalisis Interaksi di Website

  • Fungsi: Menilai bagaimana pengunjung berinteraksi dengan konten, kecepatan website, pencarian, event, dan penerbitan konten.
  • Manfaat: Memahami perilaku pengunjung, mengidentifikasi konten yang paling populer, dan mengoptimalkan pengalaman pengguna.

5. Conversion: Mengukur Kesuksesan dan Konversi

  • Fungsi: Melacak pencapaian tujuan situs, transaksi e-commerce, dan jalur konversi melalui multi-channel funnels.
  • Manfaat: Mengukur efektivitas strategi konversi, menganalisis peran berbagai channel, dan mengoptimalkan upaya pemasaran.

Sebelum menggunakan GA, pastikan Anda sudah mengintegrasikan kode pelacakan Google Analytics ke dalam website, ya!

Caranya:

  • Akses ke menu Admin pada sudut bagian bawah, lalu pilih Create Property
  • Pilih pada menu Web > Continue > kemudian isi data Website Name, URL, Industry category dan Time Zone. Jika sudah silakan pilih Create
Google Tag Manager
Google Tag Manager
  • Jika sudah muncul Google Site Tag seperti diatas, Anda tinggal membuka themes website kemudian cari tag <head>, lalu masukkan kode tersebut di bawah <head> dan sebelum penutup </head>
  • Jika sudah, simpan dan coba buka website Anda
Traffic Google Analytics
Traffic Google Analytics

2. Alexa Ranking

Pernah mendengar tentang Alexa? Ya, biasanya Alexa digunakan untuk melihat peringkat Alexa Rank suatu website.

Tapi tahukah Anda bahwa Alexa sebenarnya bisa digunakan untuk memeriksa traffic website juga?

Yang menarik, ini dapat Anda gunakan secara gratis. Cukup kunjungi alexa.com/siteinfo. Isikan domain yang ingin Anda cek di kotak yang tersedia, kemudian klik “Run Analysis”.

Hasilnya akan tampak seperti ini.

Cek traffic dengan Alexa
Cek traffic dengan Alexa

3. SimilarWeb

Tool berbasis website ini tidak hanya memberikan solusi bagi keputusan bisnis dengan memantau kompetitor, tetapi juga bisa digunakan untuk memeriksa traffic suatu website.

Yang menarik, Anda tidak perlu mendaftar untuk menggunakan layanannya. Cukup kunjungi situs SimilarWeb dan cari kotak “Analyze any Website or App” yang berada di sebelah logo. Masukkan nama domain yang ingin Anda periksa di sana.

Kemudian, hasil analisis trafik dari SimilarWeb akan terlihat seperti contoh di bawah ini.

Hasil Traffic SimilarWeb
Hasil Traffic SimilarWeb

4. Ubersuggest

Selain membantu riset kata kunci, Ubersuggest juga menawarkan fasilitas untuk cek traffic website Anda. Tool ini memenuhi berbagai kebutuhan SEO pada website Anda.

Salah satu kelebihan Ubersuggest adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan tool SEO serupa.

Untuk melakukan pengecekan visitor website dengan Ubersuggest, kunjungi website Ubersuggest terlebih dahulu.

Lalu, masukkan domain Anda dan tentukan negara (misalnya Indonesia) sesuai target website Anda.

Tunggu sejenak sampai proses analisis selesai. Setelah itu, Anda akan diberikan gambaran umum tentang trafik di website Anda. Lihat contoh hasil analisis di bawah ini!

Domain Overview Ubersuggest
Domain Overview Ubersuggest

5. Ahrefs

Tidak asing lagi bagi para praktisi SEO, Ahrefs telah menjadi favorit dalam toolbox mereka. Fitur-fitur melimpah seperti keyword explorer, site audit, rank tracker, content explorer, domain analysis, dan lainnya membuatnya menjadi tool favorit.

Tentu saja, Anda juga bisa mengecek trafik website di sini, meski perlu diingat, layanan SEO ini adalah berbayar, dengan paket termurah dimulai dari 99$ per bulan.

Bagaimana cara melakukannya? Pertama-tama, login ke akun Anda. Kemudian, pilih opsi “Site Explorer” dari menu.

Masukkan nama domain yang ingin Anda analisis, dan biarkan tool ini memprosesnya. Ubah tampilan ke data organic search, lalu pilih tampilan grafik untuk jangka waktu satu tahun. Dalam contoh ini, mari kita lihat analisis trafik di detik.com.

Traffic Detik.com
Traffic Detik.com

6. SE Ranking

SE Ranking adalah tool SEO dan marketing yang didesain agar lebih sederhana dan ramah pengguna.

Selain itu, tool SEO ini juga menawarkan fitur untuk melihat traffic website secara gratis. Anda dapat dengan mudah memasukkan nama domain yang ingin diperiksa ke dalam bagian “SEO/PPC Competition Research Tool“.

Cukup masukkan domain dan sesuaikan negara sesuai lokasi Anda. Lihat hasil analisis di bawah ini untuk gambaran yang lebih jelas.

Dengan antarmuka yang user-friendly, SE Ranking menjadikan analisis SEO lebih sederhana dan dapat diakses oleh semua kalangan.

Hasil SE Ranking
Hasil SE Ranking

7. SEMRush

SEMRush adalah alat SEO yang paling dicintai oleh para webmaster, sejajar dengan Ahrefs. Dengan berbagai data yang lengkap, domain analytics, keyword analytics, project website, marketing insights, GAP analysis, Topic research dan lainnya, SEMRush memberikan informasi yang diperlukan dari mesin pencari tentang sebuah website.

Agar dapat melihat pengunjung website, Anda akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu.

Tapi tenang, ada versi gratis yang juga memberikan akses untuk melihat trafik website. Berikut ini adalah contoh hasil analisis dari bikin.website menggunakan SEMRush.

Cek traffik dengan SEMRush
Cek traffik dengan SEMRush

8. Siteprice

Jika Anda mencari alternatif lain untuk mengecek trafik, Siteprice adalah rekomendasi berikutnya.

Tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk cek traffic website, tetapi Siteprice juga memberikan Anda kesempatan untuk mengetahui perkiraan penghasilan suatu website.

Meskipun perkiraan penghasilan ini belum tentu akurat, tetapi setidaknya Anda akan mendapatkan gambaran perkiraan pendapatan dari website tersebut.

Cara penggunaannya pun cukup sederhana: masukkan nama domain di bagian “Website Worth & Domain Value”, kemudian klik “Calculate“.

Hasil analisisnya akan memberikan gambaran seperti contoh di bawah ini.

Siteprice
Siteprice

9. SEO Review Tools

SEO Review Tools memiliki lebih dari 41 alat SEO yang tersedia, dan menjadikan website ini adalah gudang berbagai tool yang diperlukan dalam berbagai aspek SEO.

Bukan tanpa alasan, banyak praktisi SEO kelas dunia merekomendasikan seoreviewtools.com.

Yang menarik, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengecek pengunjung website secara gratis.

Langkahnya cukup sederhana: kunjungi seoreviewtools.com/website-traffic-checker/. Setelah itu, masukkan domain yang ingin Anda cek, dan tunggu hasilnya. Berikut adalah contoh tampilan hasil analisanya.

SEOReviewTools
SEOReviewTools

10. Histats

Histats adalah alat yang dapat digunakan untuk memantau traffic website Anda. Hampir sama dengan Google Analytics, Anda perlu memasang kode skrip pada template website.

Tampilan Histats juga menarik dan komprehensif, memberikan pengalaman yang sebanding dengan Google Analytics. Jika Anda tertarik, kami telah membahas langkah-langkah pemasangan Histats berikut ini.

Jadi, jika Anda ingin alternatif untuk memeriksa trafik website Anda, Histats bisa menjadi pilihan yang menarik.

Mana Tool Favorit Anda?

Dengan mengetahui jumlah pengunjung website dan memiliki layanan hosting yang handal, Anda dapat meraih pengembangan dan kesuksesan yang lebih besar di dunia digital ini.

Ingatlah, data adalah kunci, dan dengan alat yang tepat serta pilihan hosting yang cocok, Anda memiliki kesempatan untuk membentuk masa depan digital Anda dengan lebih baik.

Jadi, mari mulai mengoptimalkan trafik website Anda, dan jika Anda mencapai titik di mana website Anda mulai kelebihan trafik, jangan ragu untuk migrasi layanan hosting Anda ke Qwords, ya. Selamat mencoba!

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Memahami Business Model Canvas Secara Lengkap

Bisnis yang sukses tentu tidak lepas dari persiapan yang baik. Sebagai orang yang baru ingin menjalankan suatu bisnis, ada sejumlah rancangan yang harus Anda...
Jordy Prayoga
3 min read

Spesifikasi Hosting Bagi Developer, Jangan Salah…

Developer website berlomba membuat website inovatif dan terbaik untuk memenuhi kebutuhan klien.  Namun, dalam mewujudkan ide tersebut, developer membutuhkan “rumah” yang tepat untuk website,...
Eril Obeit Choiri
3 min read

Virtex WA Bisa Sebabkan HP Error,…

WhatsApp sekarang ini telah menjadi aplikasi utama yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain. Meski begitu, semakin lama, banyak terjadi hal-hal yang membuat aplikasi...
Jordy Prayoga
3 min read

9 Replies to “Cek Traffic Website Anda Pakai 10…”

    1. Karena setiap tools memiliki metrik pengukuran yang berbeda-beda kak,
      yang paling benar memang Google Analytics dari websitenya langsung tetapi kita tidak bisa mengeceknya kecuali owner langsung.
      Terima kasih sudah berkunjung di Qwords blog kak.

  1. Dear mas eril
    Terima kasih ilmu nya,
    Saya mo tanya, gimana cara buat Daftar isi show hide seperti di atas.

    Terima kasih mas eril

    1. Sama-sama kak
      Itu pakai plugin Lucky WP Table of Content kak,
      Cari aja gratis kok.
      Jangan lupa kalau butuh domain hosting bisa pesen di Qwords.com ya
      Terima kasih

  2. halo mas, kok saya coba yang alexa gak muncul ya? yang lainnya juga sih sama2 ga bisa. apa sekarang ada kebijakan baru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *