Cara Mudah Membuat Swipe up di Instagram

3 min read

Cara swipe up Instagram

Aplikasi Instagram atau IG adalah salah satu aplikasi berbagi gambar dan video yang sedang trend saat ini. Tercatat lebih dari 1 milyar pengguna Instagram aktif diseluruh dunia saat ini dengan didominasi oleh pengguna remaja dengan rentan usia 10-24 tahun.

Menurut data, pengguna Instagram didominasi oleh perempuan dengan prosentase 51% dan sisanya laki-laki. Pengguna terbanyak berasal dari negara Amerika Serikat dan Indonesia saat ini menempati posisi keempat setelah India dan Brazil. Lalu apakah Anda termasuk salah satu pengguna Instagram saat ini?

Fitur Instagram saat ini banyak sekali jenisnya, seperti image editing, video editing, filter, location tagging, private messaging, mentions, hashtag, text & drawing tools, stories, search, Swipe up dan masih banyak lagi. Fitur yang menarik menurut Kami adalah hadirnya “Swipe up” pada Instagram yang memiliki banyak fungsi, salah satunya untuk media promosi.

Sejarah Instagram

Instagram
Instagram

Instagram pertama kali didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger pada tahun 2010, jadi saat ini Instagram sudah memasuki usianya ke 10 tahun. Awalnya perusahaan Burbn, Inc ini berfokus pada pengembangan aplikasi smartphone dan  pengembangan HTML5 saja, akhirnya kedua pendiri tersebut memutuskan untuk fokus pada salah satu saja akhirnya dipilihlah pengembangan smartphone.

Instagram awal kemunculannya hanya support untuk pengguna iPhone saja, fitur yang tersedia saat itu hanya foto, komentar dan likes saja. Setelah 2 tahun peluncuran, Instagram diambil alih oleh Facebook. Saat ini Instagram menjelma menjadi social media besar yang memiliki pengaruh terutama dalam hal konten foto dan video dengan berbagai fitur menarik.

Syarat Swipe up Instagram

Fitur Swipe up Instagram tidak tersedia pada semua akun, hanya akun-akun yang memenuhi syarat saja yang bisa menggunakannya. Berikut beberapa syarat Swipe up pada akun Instagram:

  1.   Pengguna akun Instagram dengan akun bisnis.
  2.   Pengguna akun Instagram dengan follower lebih dari 10.000 pengguna.
  3.   Akun Instagram yang sudah terverifikasi (centang biru).

Apakah akun Instagram Anda sudah memenuhi syarat seperti diatas? Jika sudah Anda bisa melanjutkan untuk membuat Swipe up di Instagram. Jika belum, Anda tampaknya perlu mengikuti beberapa tips salah untuk menambah follower Instagram.

Baca juga : Plugin Instagram Untuk WordPress Terbaik

Tips Menambah Follower Instagram

Cara menambah follower Instagram ada banyak jalannya, salah satunya dengan membeli jasa penambah follower. Tetapi Kami tidak merekomendasikan karena berbahaya dan akun Instagram Anda tidak natural sehingga engagement post Anda nilainya kurang baik.

Nah berikut Kami sudah merangkum tips menambah follower Instagram secara organic, berikut pembahasannya:

  1. Follow akun selebgram

Silahkan Anda cari akun selebgram dengan follower banyak, follow 10-20 akun teratas yang baru mengikuti selebgram tersebut. Agar terlihat natural berikan jeda sekitar 10 menit untuk follow selanjutnya.

  1. Follow Unfollow

Selanjutnya setelah Anda mendapatkan follback dari akun-akun baru, Anda bisa langsung melakukan unfollow. Berikan jeda waktu 1-3 menit agar lebih aman, lakukan ini secara berulang hingga follower Anda semakin bertambah.

  1. Usahakan akun jangan private

Usahakan saat melakukan follow akun lain, akun Anda dalam keadaan open tidak sedang private. Ini bertujuan agar calon follower yang datang bisa melihat konten dan tertarik sehingga langsung melakukan follow.

  1. Upload foto yang menarik
Feed Instagram
Feed Instagram

Instagram adalah social media yang memiliki keunggulan dalam konten visual, sehingga foto yang Anda upload pastikan memiliki kualitas yang baik dan menarik untuk dilihat. Jika perlu Anda bisa melakukan editing lagi agar gambarnya lebih menarik.

  1. Gunakan caption yang baik

Selain postingan yang menarik, jangan lupa berikan caption yang menarik simpati orang. Usahakan menggunakan kata-kata yang mengandung CTA agar engagement postingan Anda naik dengan banyaknya like, comment dan share.

  1. Gunakan hashtag

Hastag atau tagar memberikan keuntungan agar orang lain mudah menemukan postingan yang Anda miliki. Namun Anda jangan menggunakan hastag yang tidak sesuai dengan post, berikan hastag dengan pencarian yang tinggi saja. Untuk banyaknya hastag yang disarankan 11 – 30 saja sudah cukup.

  1. Disiplin post foto dan video pada waktu yang tepat

Anda bisa melihat insight waktu-waktu yang pas untuk melakukan post Instagram. Biasanya paling rame jam istirahat siang dan jam pulang kerja sampai sebelum tidur. Usahakan pada waktu-waktu itu ada postingan Instagram yang naik.

  1. Follow dan like akun sejenis

Nah yang terakhir adalah melakukan follow dan like akun sejenis. Pasti Anda pernah bertemu akun seperti ini, biarkan saja karena tujuannya memang untuk memberikan ketertarikan dengan akun sejenis. Dari interaksi antar akun sejenis ini Anda bisa mendapatkan follower baru.

Cara Swipe up Instagram

Nah jika akun Instagram Anda sudah memenuhi salah satu persyaratan diatas, maka tinggal membuat Swipe up di Instagram saja. Silahkan ikuti caranya dibawah ini:

  1. Silahkan buka akun Instagram yang Anda miliki.
  2. Klik icon camera pojokan dekat tulisan Instagram.

    Ambil gambar
    Ambil gambar

  3. Anda bisa mengambil foto langsung dengan kamera depan atau belakang, selain itu Anda juga bisa mengambil gambar dari galeri untuk dijadikan post instastory.
  4. Jika sudah lihat pada bagian atas terdapat icon “hyperlink” dengan logo seperti rantai, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

    Memilih icon URL
    Memilih icon URL

  5. Akan ada dua pilihan untuk menambahkan Web Link atau IGTV Video, untuk contoh ini silahkan pilih yang Web Link untuk memasukan link tujuan dari Swipe up.

    Memilih opsi Swipe up
    Memilih opsi Swipe up

  6. Masukan URL tujuan Anda, jika sudah silahkan klik icon centang pada pojokan atas.

    Memasukan link tujuan
    Memasukan link tujuan

  7. Agar lebih menarik Anda bisa menambahkan gambar GIF tulisan “Swipe up” sesuai pilihan.

    Menambahkan GIF images
    Menambahkan GIF images

  8. Jika sudah silahkan post.

Bagaimana mudah bukan cara membuat Swipe up di Instagram? Anda bisa menggunakan Swipe up ini untuk mengarahkan follower menuju website Anda.

Untuk saat ini bagi Anda yang belum memiliki website untuk keperluan bisnis, Kami memiliki rekomendasi hosting murah dari Qwords untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk Instagram. Dengan harga mulai dari 14.900/bulan Anda sudah bisa mendapatkan hosting dengan spesifikasi yang bagus. Tunggu apalagi onlinekan bisnismu sekarang dengan hosting Qwords.com.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *