Cara Riset Keyword Untuk Mencari Ide Konten Blog

4 min read

Riset keyword kerap kali menjadi trik ampuh ketika mengalami deadlock ide postingan. Selain itu, riset keyword juga wajib dilakukan jika Sahabat Qwords ingin memiliki website/blog dengan banyak traffic yang bisa meningkatkan potensi penjualan. Sayangnya, tidak banyak blogger yang tau bagaimana cara riset keyword yang baik dan benar sehingga artikel yang ditulis kadang kurang optimal.

Lantas, apa efek dari artikel yang kurang dioptimasi? Salah satunya yakni artikel bakal sulit masuk di halaman pertama Google. Sebagai penulis tentu Anda tidak mau mengalami nasib demikian bukan?

Cara Riset Keyword Untuk Mencari Ide Konten Blog
Cara Riset Keyword Untuk Mencari Ide Konten Blog

Pengertian Apa Itu Keyword?

Keyword atau kata kunci merupakan satu atau rangkaian beberapa kata yang diketikkan oleh pengguna dengan tujuan untuk mendapatkan informasi dari website yang ada di internet. Contoh dari keyword misalnya “Cara membuat website WordPress”, “Hosting Indonesia terbaik”, atau “Beli domain”

Dalam istilah digital marketing keyword dibedakan menjadi dua jenis, yakni paid keyword dan organic keyword. Sama seperti namanya, paid keyword merupakan kata kunci berbayar yang muncul dari iklan. Sedangkan organic keyword adalah kata kunci yang secara natural berasal dari pengunjung tanpa perlu mengeluarkan uang.

Mencari keyword yang banyak dicari memang susah-susah gampang. Anda bisa menemukan keyword long tail maupun short tail yang banyak dicari sekaligus rendah kompetisi melalui berbagai cara. Di bawah ini sudah kami rangkum tips dan tutorial cara riset keyword menggunakan beberapa tool jika Anda tertarik untuk mempelajarinya.

 

Tips Riset Keyword yang Tepat

 

1. Fokus Pada Long Tail Keyword

Jika Anda sedang mengembangkan blog baru sebaiknya Anda lebih fokus untuk mengincar keyword panjang dengan rentang mulai dari 4 hingga 6 kata. Pemilihan keyword yang juga dikategorikan sebagai Long-tail tersebut bertujuan agar website Anda bisa langsung masuk ke page one Google karena biasanya tidak banyak yang mengincar keyword tersebut.

Terlepas dari itu, long-tail keyword sedikit banyak juga mampu membentuk karakter pembaca di website Anda. Pasalnya, infrormasi informasi yang disajikan lebih spesifik serta terstruktur sesuai apa yang sedang dicari pengguna.

Baca juga: 7 Rahasia Cara Membuat Artikel Menarik yang Disukai Google

2. Banyak Membaca & Ngobrol dengan Orang Lain

Cara ini bisa Anda lakukan dimanapun dan kapanpun. Jadilah pendengar yang baik dan cerna setap permasalahan / keperluan yang sedang banyak dibutuhkan oleh orang lain. Setelah ketemu, kemudian Anda bisa memberikan tanggapan sebagai solusi atas masalah tersebut.

3. Tentukan Prioritas Kata Kunci Berdasarkan Tipe Konten

Salah satu tips paling jitu dalam melakukan riset kata kunci adalah mengenali karakteristik konten website kemudian menentukan prioritas. Ketika menggunakan tools sebagai alat riset keyword tentu Anda akan menemukan informasi seperti volume pencarian, tingkat persaingan / keyword difficult, hingga tujuan.

Meski kerap kali diabaikan, namun metode ini sebenarnya cukup ampuh jika diterapkan. Contohnya, jika Anda merupakan seorang pelapak digital maka metode utrutan riset kata kunci yang harus Anda utamakan adalah volume pencarian, kemudian maksud dan tujuan (intent), lalu baru tingkat persaingan. Beda lagi jika Anda memiliki website jasa, maka metode riset yang digunakan sebaiknya memprioritaskan pada maksud & tujuan, volume pencarian, baru tingkat persaingan.

Lantas, bagaimana jika website yang digunakan memiliki tipe informatif seperti blog untuk mencari uang di Internet melalui Adsense? Untuk konsep website seperti itu sebaiknya menggunakan metode riset yang mengutamakan besar volume pencarian, kemudian tingkat persaingan, dan yang terakhir intent.

Tools Untuk Riset Keyword

Sudah tau mau dibawa kemana arah website Anda? Yuk, langsung saja kita praktekkan ilmunya dengan tutorial riset kata kunci berikut ini.

1. Cara Riset Keyword Gratis Menggunakan Ubersuggest 

Ubersuggest buatan Neil Patel merupakan salah satu tools riset keyword gratis yang paling tepat untuk keperluan belajar para pemula. Website ini didalamnya mampu memberikan beragam informasi mulai dari trend, volume penelusuran, besaran CPC (Cost Per Click),  PD (Paid Difficulty), serta SD (SEO Difficulty) yang biasanya menjadi indikator utama dalam menentukan potensi artikel masuk kedalam halaman pertama mesin pencari.

Baca Juga: Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam 1 Menit

Untuk cara melihat keyword yang banyak dicari ada di kolom kedua di antara trend dan CPC, sementara untuk memperhitungkan kesulitan dalam merangking artikel bisa dilihat pada kolom paling kanan.

Berikut merupakan langkah-langkah cara menggunakan Ubersuggest:

  1. Masuk ke website https://neilpatel.com/ubersuggest/
Ubersuggest by Neil Patel
Ubersuggest by Neil Patel
  1. Kemudian masukkan ide keyword yang ingin dianalisa ke kolom paling kiri, jangan lupa juga tentukan negara/bahasa sebelum Anda menekan tombol search.
Ubersuggest riset keyword
Ubersuggest riset keyword
  1. Sampai di sini sebenarnya Anda sudah bisa mendapatkan ide konten untuk artikel. Hanya saja, informasinya masih berupa ringkasan yang belum spesifik. Jika Anda ingin mendapatkan tambahan seperti hasil SERP terkini dan keleluasaan untuk mengeksplore hasil pencarian ke Microsoft Excel Anda bisa mengklik pada salah satu kata kunci, seperti hasil screenshot pada gambar berikut ini.
Ubersuggest volume
Ubersuggest volume
  1. Sekarang saatnya Anda melakukan analisa terhadap ide dasar yang disarankan oleh Ubersuggest.

 

2. Cara Riset Keyword Menggunakan Keyword Tool

Selain Ubersuggest, Keywordtool.io menjadi salah satu website favorit untuk bisa menemukan ide konten blog yang banyak dicari. Namun, sayangnya versi gratis dari tools ini tidak bisa dimanfaatkan untuk mengintip kadar persaingan antar keyword di mesin pencari. Misalnya seperti volume penelusuran, besaran CPC (Cost per Click), trend, hingga tingkat persaingan kompetitor.

Berikut langkah-langkah cara riset keyword yang tepat menggunakan Keyword Tool:

Keyword Tool untuk riset keyword secara gratis
Keyword Tool untuk riset keyword secara gratis
  • Kedua, masukkan ide keyword awal yang ingin di riset. Untuk kali ini kami menggunakan contoh kata kunci “Beli domain” untuk penelusuran bahasa/ negara Indonesia. Setelah itu, klik search yang dtampilkan dengan simbol kaca pembesar berlatar warna orange.
Hasil riset kata kunci dari keyword tool
Hasil riset kata kunci dari keyword tool
  • Sampai di sini Anda sudah mendapatkan tampilan Ubersuggest berisi kumpulan ide terkait keyword “Beli domain” yang tadi sudah dimasukkan. Secara deffault, Anda bisa memilih dari urutan paling atas untuk mendapatkan keyword dengan volume penelusuran tinggi.

 

  • Itulah cara riset keyword untuk mendapatkan ide artikel blog. Terlepas dari itu, Keyword Tool juga bisa digunakan untuk meriset kata kunci di Youtube, Instagram, Twitter, BING, Amazon, eBay, bahkan hingga Play Store. Luar biasa bukan?

 

3. Cara Riset Keyword Sederhana Menggunakan Google Suggest

 

Cara riset keyword ini biasanya dilakukan oleh para blogger pemula maupun yang sudah profesional untuk mencari judul artikel secara cepat. Caranya yakni dengan mengetikkan keyword hasil riset dari tools semacam Ubersuggest atau Ahrefs untuk melihat kata kunci long tail yang muncul.

Anda bisa mencobanya dengan masuk ke halaman google.com, lalu mengetikkan keyword “Hosting Murah”. Maka hasilnya Anda akan mendapatkan saran seperti hosting murah Jogja, hosting murah Indonesia, atau hosting murah gratis domain selamanya yang muncul melalui tab dropdown seperti pada gambar berikut ini.

Google Suggest untuk keyword Hosting Murah
Google Suggest untuk hasil riset keyword Hosting Murah

 

Kesimpulan

Cara riset keyword di atas merupakan salah satu pengetahuan dasar yang bisa Anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Tidak hanya terbatas pada ide judul artikel, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan riset produk yang sedang populer, topik website paling potensial untuk meraup pendapatan dari iklan, hingga memantau seberapa jauh kinerja website kompetitor.

Sekian artikel dari kami, jangan lupa untuk klik bagikan atau sekadar meninggalkan jejak di kolom komentar jika Anda memiliki pertanyaan seputar website, hosting, maupun domain yang saat ini sedang promo di Qwords.com.

Sampai jumpa di artikel tutorial berikutnya.

9 Replies to “Cara Riset Keyword Untuk Mencari Ide…”

    1. Riset bisa dilakukan sendiri kak, lewat ubersuggest udah cukup kok.
      Terima kasih telah berkunjung.

    1. Trends juga bisa dipake untuk riset kak,
      tidak ada masalah.
      Thanks sudah berkunjung, jangan lupa untuk urusan domain hosting belinya di Qwords 🙂

  1. Permisi, saya ingin bertanya pengertian dari volume, cpc, PD dan SD itu apa ya…
    Saya kn blogger pemula, mungkin admin bisa memberi pengertian singkat soal pengertian yang saya tanyakan lagi

    1. CPC = Cost Per Click = harga iklan yang tayang, makin besar makin gede pula duit yang kita dapet
      PD = Page Difficult = Ukuran beratnya persaingan antar halaman blog, makin besar makin sulit
      KD = Keyword Difficult = Ukuran tingkat kesulitan tiap keyword
      Thanks sudah berkunjung di blog Qwords kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *