Cara Promosi Blog Untuk Meningkatkan Pengunjung

3 min read

Cara Promosi Blog Untuk Meningkatkan Pengunjung

Setelah melakukan optimasi onpage dan offpage, Anda juga perlu melakukan promosi agar website atau blog lebih banyak dikenal. Lantas, bagaimana cara promosi blog yang baik dan benar?

Ada banyak cara promosi blog yang bisa dilakukan untuk mendatangkan pengunjung. Mulai dari melakukan blogwalking, menjawab komentar di grup dengan URL postingan, hingga berkolaborasi dengan blogger lain.

Promosi blog juga tidak hanya sekadar melakukan spam, tapi bisa dilakukan dengan cara-cara efektif yang terlihat jauh lebih elegan.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang membangun website atau blog baru dan ingin cepat mendapatkan visitor, berikut ini kami sudah rangkum tips cara promosi blog yang paling ampuh untuk mendongkrak pengunjung secara organik maupun berbayar.

Cara Promosi Blog Untuk Meningkatkan Pengunjung

cara promosi blog
cara promosi blog

1.Sediakan Share Button

Cantumkan tombol untuk share postingan Anda. Selain itu, di akhir setiap postingan dapat ditambahkan kalimat ajakan agar pengunjung blog membagikan URL artikel ke media sosial.

Dengan begitu, aktivitas blog Anda akan meningkat, karena ada potensi kunjungan dari media sosial yang dibagikan tadi.

Sebagai informasi, beberapa tahun lalu Google sendiri menjadikan jumlah share link di media sosial sebagai salah satu ranking factor. 

Sehingga jika sahabat Qwords ingin websitenya lebih cepat mendapatkan ranking di SERP cara ini bisa dicoba. Tapi ingat, jangan dilakukan secara berlebihan karena domain website Anda bisa dianggap spam.

2.Bersahabat dengan Mesin Pencari

Agar mudah ditemukan orang saat browsing, blog Anda harus bersahabat dengan salah satu mesin pencari Google. Anda perlu belajar optimasi SEO atau mencari tenaga ahli mengenai Search Engine Optimization (SEO).

Apa itu SEO? SEO adalah sebuah upaya agar visibilitas situs kita lebih baik di mesin pencari. SEO memberikan peluang untuk mendapatkan visitor potensial terus-menerus secara gratis.

Salah satu cara agar website kita lebih disukai oleh mesin pencari yakni dengan mematuhi Webmaster Guideline. 

Anda bisa mulai dari hal-hal dasar seperti menggunakan web hosting Indonesia terbaik agar blog bisa diakses lebih lancar.

Atau bisa juga dengan membuat konten yang sesuai search intent sehingga blog Anda mendapatkan ranking bagus di Google.

3.Mengunjungi Sebelum Dikunjungi

“Kunjungilah blog saya, maka saya akan mengunjungi blog anda”. Tak ada salahnya anda ikut memberikan masukan di kolom komentar blog lain yang memiliki kesamaan inti konten dengan blog anda. Blog tamu seperti ini dapat memperluas jaringan pertemanan anda di lingkungan komunitas blogger.

4.Terapkan Multimedia Blogging

Kombinasikan konten blog anda dengan media selain tulisan. Tampilan menarik berupa gambar (infografis) serta video akan lebih disukai dan menarik untuk dishare. Jadi, tak ada salahnya untuk membuat blog anda lebih ramai dengan multimedia. Selain terhindar dari kejenuhan, pembaca akan sering mengunjungi blog anda sebagai rujukannya.

5.Konsisten dengan Jadwal Publikasi

Cobalah untuk menulis dan mengupload konten secara teratur dan konsisten. Sebab, jika konten blog anda tidak diupdate secara teratur, akan semakin sedikit orang yang berkunjung ke blog anda.

6.Adakan Kontes

Buatlah kuis atau lomba-lomba menarik untuk menaikkan interest pengunjung. Beberapa hadiah kecil saja akan berdampak besar pada awareness blog anda.

Baca juga: 5 Tips Memenangkan Lomba Blog

7.Agresif di Media Sosial

Promo Media Sosial
Promo Media Sosial

Aktiflah di media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, dan Instagram. Rajin-rajin lah untuk membuat status dan sisipkan link menuju website anda. Cara ini jitu untuk meningkatkan pengunjung blog anda.

Semoga cara di atas dapat membantu menjawab kegelisahan anda dalam mempromosikan blog ya sahabat Qwords. Selamat mencoba! Jangan lupa untuk share artikel ini ke orang lain yang membutuhkan ya.

8.Gunakan Email Marketing

Meski saat ini sudah jamannya media sosial, namun penggunaan strategi email marketing sendiri terbilang masih cukup relevan.

Anda bisa menggunakan email untuk menjangkau pembaca dari berbagai usia karena notifikasi akan langsung dikirimkan ke inbox email.

Salah satu layanan email marketing terbaik di Indonesia yang bisa Anda coba adalah MailToGo. Layanan email marketing dari Qwords.com tersebut bisa Anda dapatkan secara bulanan.

9.Memasang Push Notification

push notification blog
push notification blog

Push notification adalah fitur kekinian yang cocok dipakai oleh para blogger untuk mengirim notifikasi kepada para pembaca loyal. 

Cara kerja push notification sendiri sangat sederhana, yakni pembaca atau user tinggal klik berlangganan, kemudian setiap ada artikel baru yang terbit otomatis akan mendapat notifikasi di browser komputer maupun smartphone.

10.Memanfaatkan Iklan Berbayar

Cara promosi blog selanjutnya bisa dilakukan melalui iklan. Tidak diragukan lagi, iklan menjadi solusi ampuh untuk mendapatkan pengunjung secara instan.

Saat ini fitur penempatan iklan yang ditawarkan oleh Google Ads, Facebook Ads, maupun Instagram Ads, mampu diatur sesuai keinginan. 

Jadi, jika blog Anda berisi konten seputar masakan maka bisa diatur ke segmen ibu rumah tangga atau para penghobi kuliner agar kinerjanya lebih optimal.

11.Kerjasama dengan Blogger Lain

Jika Anda lebih teliti, cara promosi blog yang satu ini kerap kali dilakukan oleh sesama blogger profesional. 

Metode dan strateginya sendiri ada banyak, mulai dari bertukar postingan atau biasa disebut sebagai guest post, mention URL blog di dalam artikel, hingga saling tag akun media sosial.

Sahabat Qwords bisa mencoba cara promosi blog ini agar website lebih dikenal. Pasalnya, strategi ini relatif ampuh dan aman dari potensi pelanggaran Webmaster Guideline.

Kesimpulan

Itulah berbagai cara promosi blog yang bisa menarik banyak pengunjung. Cara di atas bisa Anda gunakan untuk optimasi blog baru maupun blog lama asal dilakukan secara konsisten.

Selain melakukan promosi secara online, Anda juga bisa mencoba untuk memperkenalkan blog secara offline. 

Bisa melalui stiker yang ditempel di mobil, melalui Media Partner di event yang masih berkaitan dengan topik blog, atau aktivitas lain.

Terlepas dari itu, agar website tidak menjadi lemot akibat terlalu banyak pengunjung, Anda bisa menggunakan paket Unlimited hosting dari Qwords.com

Layanan ini terbukti bisa diandalkan karena sudah dibekali berbagai teknologi kekinian dengan kapasitas bandwidth super besar.

Anda tentu akan membutuhkan spesifikasi web hosting yang besar jika aktivitas promosi blog berjalan lancar dan sesuai keinginan.

Semoga bermanfaat.

Termudah, Cara Membuat Subdomain di cPanel

Anda sebagai pengelola website bisnis dengan banyak cabang, tentunya untuk mengelola semua website akan terlalu repot kalau harus membuat website untuk setiap cabangnya. Bagaimana...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *