Cara Menstabilkan Koneksi Internet

2 min read

Cara Menstabilkan Koneksi Internet

Apabila Anda adalah pengguna aktif internet dalam kehidupan sehari-hari maka kecepatan dan kestabilan jaringan adalah yang utama. Apalagi jika Anda melakukan pekerjaan atau bisnis melalui internet, maka internet akan menjadi kebutuhan utama.

Terkadang memang pada koneksi jaringan tidak selalu lancar dan ada gangguan. Makanya Anda perlu tahu cara menstabilkan koneksi internet supaya jaringan dan kepentingan Anda lancar. Lalu bagaimana caranya? Anda bisa simak informasi berikut ini.

 

Cara Menstabilkan Koneksi Internet

Cara Menstabilkan Koneksi Internet
Cara Menstabilkan Koneksi Internet

Zaman sekarang memang segala kebutuhan dan keperluan dimudahkan dengan internet. Maka dari itulah internet menjadi kebutuhan bagi masyarakat, dan semakin lama semakin banyak. Banyak juga yang koneksi internet tidak stabil karena banyak faktor, yang harus segera ditangani. Lalu bagaimana cara menstabilkan koneksi internet?

1. Memeriksa Website Terkait

Apabila Anda bersahabat dengan internet, maka website bukanlah sesuatu yang asing. Tentu jika Anda ingin mencari informasi atau keperluan lain, maka perlu membuka website di internet.

Baca juga: Perbedaan Internet dan Intranet Berdasarkan Fungsi

Lalu bagaimana jika ketika membuka website terkait tiba-tiba koneksi internet melambat? Ada banyak kemungkinan, bisa karena masalah gangguan koneksi pusat bisa juga karena website tersebut.

Biasanya memang browser akan menyimpan history, cache, dan cookies dari suatu website. Dan yang disimpan tentu adalah informasi mengenai website terkait, akun dan password tersimpan, hingga riwayat jelajah.

Hal ini akan membuat perangkat menjadi semakin lambat dan koneksi internet melemah. Jadi apabila Anda ingin koneksi lebh kuat dan cepat, maka bersihkan ketiganya.

2. Jangan Boros Tab

Terkadang ada orang yang suka browsing atau jelajah di internet sekaligus, dimana membuka banyak website pada tab yang berbeda. Mungkin ada yang beranggapan bahwa hal ini tidak masalah dan bisa membuat lebih efisien waktu.

Tetapi pada kenyataannya malah dengan membuka banyak tab bisa menggangu kecepatan koneksi internet.

Biasanya orang akan membuka satu tab untuk mengakses satu situs, tetapi karena ingin mencari informasi lagi akhirnya membuka tab baru untuk situs lainnya. Apalagi membuka tab berjalan di waktu yang bersamaan, maka lalu lintas data akan sibuk dan penuh.

Hal inilah yang bisa membuat koneksi internet menjadi lambat, karena digunakan secara bersamaan.

3. Perhatikan Kondisi Modem

Apabila Anda menggunakan PC, komputer, atau laptop untuk menjelajah internet, maka sudah tidak asing lagi dengan modem.

Karena memang modem banyak digunakan karena efisien dan mudah dibawa, tetapi Anda jangan lupa dengan kondisi modem ketika digunakan jangan sampai membuat internet lambat.

Ada satu hal penting yang wajib Anda perhatikan, yaitu suhu modem ketika Anda gunakan. Jangan sampai modemnya menjadi panas karena terlalu lama digunakan, karena suhu tinggi akan membuat kinerja modem menurun.

Jadi jika modem mulai menunjukkan peningkatan suhu, Anda bisa melepas selama beberapa saat hingga suhunya menurun terlebih dahulu.

4. Perbarui Anti Virus

Apabila ada hal mengganggu dari komputer atau PC, biasanya itu adalah virus. Dimana kebanyakan virus akan menghambat kinerja dari PC sehingga akan membuatnya lambat. Dan browser merupakan aplikasi yang sangat rentan untuk terserang virus, makanya apabila internet Anda melambat, perlu cek kecepatan internet sekaligus kondisi browser.

Bagaimana cara menstabilkan koneksi internet apabila terserang virus? Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengupdate aplikasi anti virus secara rutin. Hal ini efektif untuk mencegah virus merusak PC, dan menghilangkan virus yang masuk.

5. Hubungi Internet Service Provider Terkait

Apabila Anda merasa perangkat yang Anda gunakan tidak memiliki masalah, tapi setelah melakukan cek kecepatan internet koneksinya buruk. Maka Anda perlu untuk diinformasikan pada provider internet.

Baca juga: Panduan Lengkap Seputar Internet Of Things (IoT)

Anda bisa menghubungi layanan yang disediakan oleh provider terkait dan menanyakan masalah jaringan yang Anda alami.

Mungkin saja Anda ternyata belum membayar tagihan atau kuota internetnya habis bisa menjadi faktor. Jadi jika itu adalah masalah, maka Anda perlu segera membayar tagihan dan mengisi kuota internet Anda.

6. Lihat Posisi Router

Apabila Anda pengguna wifi, maka koneksi internet tidak stabil adalah hal yang paling sering menjadi masalah. Makanya Anda perlu tahu cara menstabilkan koneksi internet supaya jaringan wifi Anda lancar.

Satu hal yang perlu Anda pastikan yaitu posisi router wifi, karena apabila terhalang barang atau tembok koneksinya akan buruk. Makanya Anda perlu meletakkan router Anda di posisi yang tepat dan terbuka supaya sinyal bisa tertangkap dengan baik.

7. Jumlah Penggunaan

Apabila Anda perhatikan, memang semakin banyak pengguna suatu jaringan maka akan semakin lambat koneksinya. Sehingga untuk menhindari gangguan koneksi maka Anda bisa memprioritaskan satu hal terlebih dahulu.

 

Penutup

koneksi internet
koneksi internet

Internet yang cepat dan stabil akan memberikan kemudahan untuk Anda dalam melakukan pekerjaan atau browsing. Maka dari itu agar tidak terjadi banyak kendala, Anda perlu tahu cara menstabilkan koneksi internet. Karena apabila koneksi bermasalah bukan berarti berasal dari pusat, terkadang juga berasal dari Anda sendiri.

Bicara soal koneksi internet, sebagai top 10 provider web hosting di Indonesia Qwords.com juga memiliki layanan cloud hosting yang sudah dioptimasi untuk mengakses website dengan kecepatan tinggi.

Gunakan paket hosting Indonesia HPCH yang sudah dibekali teknologi Ultrafast SSD dan Litespeed API agar pengunjung semakin nyaman walaupun koneksi internet mereka kurang begitu memadai.

Semoga bermanfaat.

One Reply to “Cara Menstabilkan Koneksi Internet”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *