Bagaimana Cara Menjadi Youtuber Dengan Penghasilan Besar?

3 min read

Bagaimana Cara Menjadi Youtuber Berpenghasilan Besar

Kalau cita-cita jaman dulu masih seputar menjadi guru atau dokter, kini anak muda punya cita-cita yang lebih beragam. Salah satunya adalah menjadi youtuber. Apalagi kini banyak bermunculan tokoh-tokoh creator yang sukses dari Youtube. Tapi cara menjadi Youtuber yang punya banyak subscriber bukanlah hal yang mudah. Kerja keras dan cerdas tetap diperlukan dalam bidang ini.

 

Penghasilan Youtuber

Bagaimana Cara Menjadi Youtuber Berpenghasilan Besar
Bagaimana Cara Menjadi Youtuber Berpenghasilan Besar

Youtube pertama kali diciptakan pada tahun 2005 oleh 3 orang mantan karyawal perusahaan raksasa PayPal. Kini banyak sekali bermunculan youtuber-youtuber baru yang memiliki kehidupan mewah dan sukses dari bidang ini. tidak sedikit youtuber dari Indonesia yang 100% mencari uang dari platform ini dan menjadikannya sebagai sebuah profesi kalangan milenial.

Penghasilan utama seorang youtuber adalah adsense yang masuk dalam chanelnya. Banyak perusahaan yang melirik beriklan pada chanel youtuber terkenal untuk mempromosikan produk atau jasanya. Selain itu, youtube sendiri juga memberikan penghasilan dari jumlah klik dan view dari video yang diupload ke youtube.

Bagi Anda yang ingin bekerja sebagai youtuber, Anda wajib paham bagaimana skema penghasilan dari platform ini yaitu:

 

Rincian Kasar Penghasilan Youtuber Indonesia

Ternyata penghasilan youtuber di Indonesia dengan negara asalnya Amerika Serikat berbeda. Pada dasarnya Youtube akan memberikan penghasilan sebesar 1 USD/1000 views video Anda. Tapi ketentuan ini tidak berlaku sama untuk Indonesia karena adanya Effective Cost per Mille. Indonesia memiliki ECPM yang lebih rendah dibandingkan negara lain.

Baca juga: Syarat Monetisasi Youtube Saat Ini Yang Perlu Diketahui

Penghasilan kasar youtuber di Indonesia mencapai kurang lebih Rp 7.000,00/1000 views. Jika video Anda berhasil trending di Youtube dan menembus angka viewer sampai 1 juta, maka Anda bisa mengantongi Rp 7.000.000,00. Tapi angka ini hanya perkiraan kasar saja. Karena masih ada 2 faktor lain yang berpengaruh yaitu CPM dan CPC.

 

1.Cost per Mille (CPM)

Disebut juga biaya perseribu atau berapa uang yang didapat perseribu orang yang menonton video Anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Indonesia memiliki CPM yang lebih rendah dibandingkan Amerika Serikat. Jadi jangan heran jika pendapatan youtuber luar negeri jauh lebih besar meskipun jumlah viewsnya banyak.

 

2.Cost per Click (CPC)

Penghasilan lainnya bagi youtuber datang dari iklan. Tapi bukan berarti pihak pemilik produk yang langsung mengadakan perjanjian bisnis dengan Anda. CPC ini maksudnya adalah jumlah klik yang dilakukan oleh viewer pada iklan yang muncul sebelum, di tengah, ataupun sesudah video Anda diputar.

Cara menjadi youtuber yang sukses dan punya penghasilan besar adalah banyaknya iklan yang diklik oleh viewers. Untuk setiap klik Anda akan mendapatkan Rp 5.000,00. Masalahnya, biasanya dalam 1 video youtuber hanya mampu menghasilkan 3x klik saja.

 

3.Endorsmen Produk

Youtuber juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari produk-produk yang mereka pakai, review, atau ditawarkan melalui konten videonya. Penghasilan ini bahkan bisa jauh lebih besar dibandingkan penghasilan dari CPC.

 

Contoh Youtuber Indonesia

Bagaimana, masih ragu untuk terjun dalam dunia Youtube? Beberapa Youtuber sukses di Indonesia ini mungkin bisa Anda jadikan referensi. Tujuh Youtuber ini adalah creator yang paling viral di tahun 2019-2020 dan sering membuat trending video:

  1. Atta Halilintar dengan 20,4 juta subscriber.
  2. Ria Ricis dengan 18,1 juta subscriber.
  3. Raffi Ahmad dengan 11,8 juta subscriber.
  4. Baim Wong dan Paula Verhoven dengan subscriber 8,91 juta.
  5. Raditya Dika dengan 8,22 subscriber.
  6. Deddy Corbuzier dengan 6,84 juta subscriber.
  7. Panji petualang dengan 4,4 juta subscriber.

 

Aplikasi Edit Video Youtuber

Para pemula harus tahu bahwa membangun chanel youtube tidak semudah membalik telapak tangan. Jika Anda punya modal yang besar, mungkin Anda bisa menggaji tim untuk masalah editing, record video, sampai makeup. Tapi bagaimana cara menjadi youtuber dengan modal nol?

Baca juga: Panduan Belajar SEO Youtube Terbaru

Cara jadi youtuber indie atau dengan modal minimal adalah pintar-pintar membuat video yang unik, kreatif, dan punya nilai seni. Ada beberapa aplikasi editor video yang bisa menolong membuat content Anda jadi lebih bagus seperti:

 

1.KineMaster

Aplikasi ini bisa dijalankan di PC atau laptop. Uniknya, KineMaster memiliki tampilan tatap muka yang simpel layaknya aplikasi smartphone. Anda yang masih awam dengan dunia editing video bisa menggunakan software ini.

 

2.Adobe Premiere Pro

Nah, aplikasi besutan Adobe ini memang sangat canggih dan mayoritas digunakan oleh youtuber pro. Aplikasi ini bisa dijalankan pada laptop atau PC dan punya banyak sekali tools. Anda yang baru pertama kali menggunakannya mungkin akan bingung. Tapi Anda bisa belajar tutorialnya secara online.

 

3.FilmoraGo

FilmoraGo adalah solusi bagi para youtuber travelling yang tak mungkin membawa laptop kemana-mana, tapi ingin segera mengupload videonya. FilmoraGo adalah aplikasi editing video yang langsung bisa dijalankan pada smartphone Anda. Tampilannya sangat mudah dengan berbagai efek otomatis yang bisa mempercantik video Anda.

 

Perkuat Branding Channel Youtube dengan Nama Domain

 

Cita-cita meraup sukses dari Youtube kini bukanlah hal yang mustahil. Ada banyak orang yang sukses berkat Youtube. Tapi cara menjadi youtuber yang sukses dan darimana pendapatannya berasal harus Anda pahami dengan benar agar tidak putus aja ditengah jalan. Selain itu, Anda juga harus pintar-pintar dalam mempromosikan konten agar lebih banyak dikenal orang. Salah satunya Anda bisa menggunakan nama domain untuk mempermudah proses promosi channel Youtube. Bagaimana caranya?

Pertama, Anda harus membeli domain populer dengan ekstensi .com, .net. atau .id yang bisa didapatkan melalui registrar seperti Qwords.com. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan nama channel Youtube sebagai nama domain, misalnya AttaHalilintar.com.

Kemudian, setelah melakukan pembelian domain di Qwords.com, Anda bisa meredirect nama domain tersebut menuju ke channel Youtube. Sehingga setiap kali ada oang yang bertanya terkait konten video, Anda bisa langsung mengarahkan untuk mengakses nama domain AttaHalilintar.com bukan ke www.youtube.com/channel/deDSsadf yang tentu saja lebih sulit dilafalkan.

Bagimana sangat mudah bukan? Jai, tunggu apalagi segera klaim nama domain Anda di Qwords.com sebelum keduluan sama Youtuber lain.

Semoga bermanfaat.

One Reply to “Bagaimana Cara Menjadi Youtuber Dengan Penghasilan…”

  1. Bagus sekali artikelnya. Menambah wawasan saya tentang cara untuk menjadi Youtober. Terimakasih artikelnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *