Selain menjadi karyawan kantoran dengan rutinitas 8 jam waktu bekerja, ternyata banyak pekerjaan lain yang marak dipilih sebagai profesi di era digital ini. Salah satunya adalah dengan menjadi seorang  freelancer.

Banyak keuntungan yang bisa dimiliki dengan menjadi freelancer. Beberapa di antaranya adalah jam kerja yang lebih fleksibel, penghasilan yang bebas diatur sendiri serta bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan kapasitas diri.  Selain itu, situs freelance sebagai wadah bagi freelancer untuk menyalurkan bakat dan minatnya serta mendapatkan penghasilan juga sudah banyak tersedia di internet.

Nah, lalu bagaimana sih cara menjadi freelancer dan apa saja situs freelance yang ada di Indonesia? Yuk simak di penjelasan berikut ini!

Cara Menjadi Freelancer

cara menjadi freelancer
cara menjadi freelancer

Bekerja freelance memang memiliki beberapa kelebihan. Akan tetapi kalau tidak dilakukan dengan benar maka Anda bisa saja gagal. Begini cara menjadi freelancer yang tepat.

  • Membangun Brand

Untuk membuat klien menjadi tertarik dengan Anda, maka sangat penting untuk membangun brand. Personal branding merupakan hal pertama yang perlu dilakukan oleh freelancer.  Dengan personal branding yang bagus, komunikasi yang jujur dan konsisten serta professional akan membuat klien lebih percaya pada Anda.

  • Membuat Portfolio

Entah sebagai freelance desainer, writer, web developer, fotografer, dan sebagainya, portfolio wajib Anda miliki. Sebab, portfolio merupakan bukti hasil kerja yang dapat Anda tunjukkan ke klien. Semakin menarik dan berkualitas portfolio Anda maka semakin besar peluang Anda memperoleh pekerjaan.

  • Menetapkan Tarif

Menetapkan tarif mungkin adalah hal yang membingungkan bagi freelancer. Terlebih kalau Anda masih pemula dan tidak tahu berapa tarif yang harus ditawarkan. Anda bisa mencari tahu rata-rata tarif dengan mengetik keyword, situs freelance terbaik, di mesin pencari internet. Atau jika bidang jasa Anda berhubungan dengan desain grafis, Anda bisa mengetikan keyword, situs freelance desain grafis. Di sana Anda akan menemukan rate yang biasa ditawarkan sesuai bidang jasa Anda.

  • Mempromosikan Jasa Freelance

Setelah melakukan hal-hal tersebut di atas, selanjutnya Anda perlu mempromosikan jasa freelance Anda. Caranya bisa dengan bergabung di situs freelance Indonesia, agar jasa Anda lebih mudah ditemukan oleh klien.

  • Memanajemen Pekerjaan dan Klien

Freelancing memiliki arti “saya yang memegang kendali”. Mulai dari membuat jadwal, menetapkan deadline, sampai merevisi. Nah, untuk mengantisipasi permasalahan yang mungkin muncul, Anda perlu membuat SOP sendiri. Tapi jangan lupa menkomunikasikan SOP Anda kepada klien ya. Dengan demikian, cara  kerja akan lebih tertata dan profesional.

Baca juga : Tips Memulai Bisnis Dari Rumah

Daftar Situs Freelance di Indonesia

Untuk memudahkan Anda dalam branding dan memasarkan jasa, Anda perlu mencoba membangun profile di beberapa situs freelance. Berikut ini daftar situs freelance Indonesia yang perlu Anda ketahui.

  • Sribulancer

    Sribulancer.com
    Sribulancer.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Sribulancer merupakan salah satu situs freelance yang populer di Indonesia. Banyak jenis pekerjaan lepas yang ada di dalamnya mulai dari pembuatan situs, web developer, translation, menulis artikel, desain grafis, sampai marketing media sosial. Untuk transaksi pembayaran umumnya dilakukan melalui bank dengan sistem bagi hasil antara freelancer dan Sribulancer. Selain bahasa indonesia, bahasa pengantar juga tersedia dalam bahasa inggris. Upah juga bisa diterima dengan dolar Amerika.

  • Freelancer Indonesia

    Freelancer.co.id
    Freelancer.co.id

Situs ini awalnya berasal dari Australia kemudian dikembangkan menjadi versi Indonesia. Situs ini memiliki track record yang sangat baik, dimana situs ini sudah menghubungkan 24 juta lebih pencari jasa dengan freelancer dari  245 lebih negara. Beberapa bidang jasa yang ditawarkan situs ini adalah IT, desain grafis, marketing, translation, dan jurnalistik.

  • Projects

    Projects.co.id
    Projects.co.id

Di situs yang satu ini, Anda bisa menawarkan berbagai macam pekerjaan maupun mencari pekerjaan mulai dari bidang SEO, IT, media sosial, hingga digital marketing. Selain itu, di situs Projects juga tersedia jual beli produk digital seperti desain kaos, eBook, template, dan lain sebagainya.

  • 99Designs

    99Designs.com
    99Designs.com

Sesuai namanya, 99Design merupakan situs freelance terbaik khusus orang yang memiliki keahlian tertentu yakni di bidang design grafis. 99Design merupakan situs freelance desain grafis indonesia yang bisa mengaplikasikan sistem kontes. Dengan demikian, karya yang terbaik akan dipilih dan diikutkan dalam project tertentu.

  • Upwork

    Upwork.com
    Upwork.com

Upwork merupakan situs freelance yang dikenal memiliki klien terbesar. Situs ini banyak digunakan oleh pebisnis dan pekerja lepas dengan kapasitas dan kemampuan yang beragam. Fitur yang ada di dalamnya juga praktis yang mungkinkan klien dan freelancer terhubung dengan sangat cepat.

  • Sribu

    Sribu.com
    Sribu.com

Situs ini merupakan  pengembangan dari Sribulancer. Akan tetapi situs ini hanya berfokus pada bidang jasa desain grafis mulai dari desain situs, logo, interior, maupun aplikasi mobile.

Itulah cara bagaimana menjadi freelancer dan daftar situs freelance yang ada di Indonesia. Kalau Anda tidak cocok bekerja kantoran, profesi freelancer layak dicoba.

Agar setiap pekerjaan freelance Anda selalu aman, pastikan untuk menggunakan layanan Virtual Private Network (VPN). VPN memungkinkan pengiriman data kepada klien Anda secara aman dan terenkripsi sehingga resiko peretasan data semakin kecil. Rekomendasi dari kami ada pada layanan VPN Murah dari Qwords bernama Diego VPN, cukup dengan biaya mulai dari 20 ribuan setiap bulan Anda sudah bisa menikmati layanan VPN terbaik dari Kami.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *