Menjadi seorang beauty blogger merupakan salah satu profesi kekinian yang menjadi idaman generasi milenial. Pasalnya, beauty blogger memiliki peran yang lumayan signifikan dalam membuat ulasan maupun review berbagai jenis produk kecantikan yang mampu membantu banyak orang.

Terlepas dari itu, profesi beauty blogger juga berpotensi mendatangkan pundi-pundi uang dengan angka yang cukup menggiurkan dari artikel sponsor maupun endorsment.

Proses menekuni karir sebagai seorang beauty blogger sendiri bisa dibilang susah-susah gampang, karena untuk menggeluti bidang ini diperlukan kreatifitas serta determinasi tinggi, dan tidak hanya bermodal tampang.

Lantas, bagaimana sih kiat-kiat untuk memulai karir sebagai seorang beauty blogger? Berikut kami hadirkan tips-tipsnya khusus untuk Anda.

8 Tips Memulai Karir Sebagai Beauty Blogger
8 Tips Memulai Karir Sebagai Beauty Blogger

8 Tips Memulai Karir Sebagai Beauty Blogger

 

1. Gunakan Brand yang Ear Catchy

Branding
Branding

First thing yang harus Anda siapkan ketika ingin membangun image sebagai seorang beauty blogger adalah brand. Ya, brand merupakan cerminan identitas yang bisa disimbolkan dalam bentuk nama atau logo yang mudah di ingat dan akrab di telinga.

Maka dari itu, pikirkanlah sebuah nama yang bisa menggambarkan pribadi layaknya beauty blogger ternama. Pilihlah nama yang menarik, tidak terlalu panjang dan tidak ribet ketika diucapkan, dengan begitu audiens bakal jauh lebih mudah jika ingin mengakses blog Anda.

2. Fokus Pada Satu Topik

Salah satu kesalahan yang kerap dibuat oleh blogger pemula adalah sistem managemen konten yang berantakan. Agar lebih mudah diknal sebagai beauty blogger yang expert, Anda harus lebih memfokuskan topik bahasan ke satu niche tertentu. Misalnya, khusus membahas soal tutorial makeup, review produk, atau sekadar berbagi kisah soal makeup experience.

Baca juga: Cara Termudah Menemukan Topik Konten Pada Blog

Meski begitu, hal ini tidak harus menjadi batasan untuk tidak menulis topik lain apalagi jika bahasan tersebut menurut Anda bisa menambah ketertarikan audiens. Pemilihan topik yang lebih terarah sejatinya hanya sebagai salah satu cara untuk menjaga ciri khas tersendiri yang suatu hari nanti bakal membantu Anda untuk tampil lebih menonjol dibandingkan kompetitor.

3. Perluas Networking

Networking yang luas dan beragam merupakan salah satu kunci kesuksesan di bidang apapun, begitu pula jika Anda ingin memulai karir sebagai seorang baeuty blogger. Dengan berbekal jaringan dan koneksi yang luas maka blog Anda bakal lebih mudah dikenal orang.

Selain itu, berjejaring juga bisa membantu Anda untuk mengumpulkan informasi terkait trend yang sedang banyak digemari hingga info klien yang mungkin tertarik untuk memasang iklan artikel berbayar sebagai salah satu bentuk promosi.

4. Perkaya Konten Media

Sebagai profesi yang berhubungan langsung dengan ranah teknologi, seorang beauty blogger memang dituntut untuk terus belajar memaksimalkan platform sosial media yang sedang banyak digemari. Saat ini para beauty blogger profesional sudah tidak bergantung pada konten tulisan lagi, melainkan sudah merambah ke video yang dipublikasikan lewat kanal YouTube atau foto sebagai pengisi konten Instagram.

Anda harus bisa memaksimalkan platform yang ada, belajarlah mengambil foto dan video yang baik, kalau perlu ambil kursus singkat untuk meningkatkan skill. Kemudian ajak para audiens di masing-masing platfrorm untuk mengunjungi website Anda.

 

5. Pertajam Riset

riset
riset

Proses pembuatan konten untuk niche beauty memang relatif lebih rumit dan segmented jika dibandingkan dengan travel blogger atau food blogger. Nah, agar tidak kehabisan ide konten berkualitas sebaiknya Anda membiasakan diri untuk melakukan riset, baik dari segi konten maupun selera konsumen.

Jangan lupa juga dengan segmen pembaca yang Anda targetkan. Pemilihan jokes dan tata bahasa untuk segmen anak muda usia 17-23 tahun tentu berbeda jika dibandingkan dengan perempuan karir usia 24-35 tahun.

6. Respon Tanggapan Pembaca

Kritik dan saran memang terkadang bisa menyebalkan, terlebih jika hal tersebut disampaikan oleh netizen yang “maha benar”. Tipsnya adalah jangan mudah baper, jadikan setiap respon negatif sebagai evaluasi dan respon positif sebagai cambuk untuk berkarya lebih baik lagi.

Baca juga: Cara Disable Comment WordPress Dengan Mudah

Pasanglah kolom komentar di setiap postingan agar para pembaca bisa lebih mudah dalam menyampaikan pertanyaan atau sekadar bertukar pikiran. Dengan begitu koneksi antara penulis dan pembaca bisa hidup dan terbangun.

7. Jadilah Diri Sendiri (Be Yourself)

Setiap orang pasti memiliki ruang dan sudut pandang tersendiri dalam memandang suatu hal. Jadi, jangan terlalu terpaku untuk mengikuti kiprah para beauty blogger terkenal agar potensi yang Anda miliki bisa tereksplore sepenuhnya.

Perlu diketahui, membangun sebuah blog sejatinya bukanlah untuk menciptakan kompetisi melainkan untuk saling berbagi.

8. Maksimalkan Performa Website

website professional
website professional

Tips terakhir yang bisa Anda jadikan pegangan ketika ingin memulai karir sebagai beauty blogger adalah dengan memaksimalkan desain tampilan website agar disukai banyak pengunjung. Gunakanlah pilihan warna yang menjadi kesukaan Anda, kemudian kombinasikan hal tersebut dengan menggunakan hosting berkualitas serta nama domain premium agar terlihat lebih professional.

Baca juga: Pentingnya Menggunakan Layanan Web Hosting Cepat

Beberapa blogger biasanya memang memulai dari platform blog dengan hosting dan domain gratisan sebagai langkah awal karena dianggap lebih menguntungkan. Namun, Anda bisa mengambil satu langkah lebih awal dengan langsung membuat website professional bermodal promo bundling domain + hosting murah meriah dari Qwords.com.

Penutup

Itulah 8 tips yang bisa Anda terapkan ketika ingin memulai karir sebagai seorang beauty blogger. Selain beberapa tips di atas sebenarnya masih ada kiat-kiat lain yang bisa Anda terapkan. Salah satunya adalah penerapan email marketing sebagai upaya untuk lebih dekat dengan para pembaca.

Kebetulan, beberapa waktu lalu Qwords.com baru saja meluncurkan layanan email marketing Indonesia terjangkau dengan biaya berlangganan mulai dari Rp66 ribu perbulan. Dengan layanan ini Anda akan diberikan akses untuk menyimpan alamat email unlimited dengan pilihan template premium serta statistik yang bisa memberikan data secara detail.

Jadi, bagaimana menurut Anda? Apakah tertarik untuk memulai karir sebagai seorang beauty blogger?

2 Replies to “8 Tips Memulai Karir Sebagai Beauty Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *