Cara Mengunci Folder di Laptop & Komputer Dengan Aman

3 min read

Cara Mengunci Folder Laptop

Bagi Anda pengguna laptop atau komputer pastinya memiliki banyak sekali file-file yang tersimpan dalam hardisk. Dari berbagai banyak file yang dimiliki pastinya Anda memiliki beberapa file rahasia yang tidak boleh diakses oleh orang lain. Jika laptop atau komputer yang Anda gunakan hanya dipakai sendiri tidak terlalu masalah, tetapi jika laptop yang Anda gunakan milik kantor atau sering dipinjam orang lain pastinya akan berbahaya.

Memberikan kode password pada folder yang berisi file rahasia akan menghindarkan data-data rahasia tersebar luas. Hanya khusus kepada pengguna yang mengetahui passwordnya saja yang bisa mengaksesnya. Teknologi yang ada saat ini memungkinkan Anda untuk bisa mengunci folder pada komputer windows dengan mudah untuk menjaga privasi yang dimiliki. Lalu apakah Anda sudah tahu bagaimana cara mengunci folder di laptop dan komputer dengan aman dan cepat?

Cara Mengunci Folder Laptop
Cara Mengunci Folder Laptop

Perlu diketahui bahwa password adalah kumpulan dari karakter yang digunakan oleh pengguna untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan. Dalam pembuatan password juga tidak boleh asal apalagi yang mudah ditebak. Password yang baik adalah memiliki kombinasi antara huruf, angka dan simbol-simbol sehingga susah untuk ditebak. Hindari menggunakan password seperti 123456, qwerty, rahasia, nama sendiri, tanggal lahir dan lain sebagainya.

Tujuan Mengunci Folder

Ada beberapa tujuan kenapa Anda harus mengunci folder pada komputer :

  1.   Melindungi data-data pribadi seperti file, foto, video dan data rahasia lainnya.
  2.   Menghindarkan pencurian data oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  3.   Mengamankan data agar tidak disalah gunakan oleh orang lain.
  4.   Menyimpan data-data sensitif yang sekiranya tidak perlu diketahui orang lain.
  5.   Memberikan hak akses kepada orang yang berkepentingan saja.

Cara Mengunci Folder

Kami sudah menyiapkan tiga cara mengunci folder laptop dengan mudah, silahkan pilih satu mana yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan, berikut penjelasannya:

1. Mengunci folder laptop dengan easy file locker

Cara mengunci folder yang pertama adalah dengan menggunakan software Easy File Locker. Anda bisa mendapatkan software ini secara gratis tinggal melakukan download Easy File Locker. Aplikasi ini bisa memberikan keamanan pada folder yang Anda miliki dengan proteksi password yang kuat. Untuk langkah-langkah penggunaannya silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

  • Silahkan download terlebih dahulu dan kemudian install sampai selesai.
  • Silahkan buka software Easy File Locker kemudian pilih menu File & Folder > Add Folder > Browse for Folder.

    Easy Folder Lock
    Easy Folder Lock

  • Silahkan cari folder yang akan dikunci, jika sudah ketemu ada beberapa pilihan seperti Accessible, Writable, Deletable, Visible dan Anda juga bisa menambahkan password pada icon kunci pada bagian atas berwarna kuning.

    Fitur Easy Folder Lock
    Fitur Easy Folder Lock

2. Mengunci folder laptop dengan WinRAR

Cara mengunci folder yang kedua dengan menggunakan aplikasi pengarsipan WinRAR. Pada setiap komputer dan laptop hampir semuanya memiliki aplikasi ini, karena aplikasi ini memiliki banyak sekali fungsi penting terutama untuk file management pada komputer. Cara menggunakannya pun cukup mudah, pastikan Anda sudah menginstall aplikasi WinRAR pada komputer/laptop yang Anda gunakan. Setelah itu silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Silahkan cari folder atau file yang akan Anda berikan password kemudian klik kanan pilih “Add to archive”.

    Mengunci folder dengan WinRAR
    Mengunci folder dengan WinRAR

  • Pilih “Set Password” pada bagian bawah dashboard WinRAR yang muncul.

    Memasukan Password Pada WinRAR
    Memasukan Password Pada WinRAR

  • Silahkan masukan password Anda pada bagian “Enter password” dan “Re Enter password for verification”, jika sudah silahkan klik OK.

    Folder telah terkunci dengan password
    Folder telah terkunci dengan password

  • Silahkan cek file RAR yang Anda miliki sudah terkunci dengan password ataukah belum.

3. Mengunci folder laptop tanpa software

Cara mengunci folder yang terakhir adalah dengan tanpa menggunakan software. Untuk caranya jika dibandingkan sebelumnya ini tergolong lebih susah, karena ada beberapa proses yang harus Anda lewati untuk bisa mengunci folder dengan aman. Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Silahkan Anda mencari folder mana yang akan dikunci.
  • Selanjutnya silahkan masuk ke folder tersebut dan silahkan buat text document baru dengan Klik kanan > New > Text Document.

    Membuat Text Document Baru
    Membuat Text Document Baru

  • Silahkan copy dan masukan file dibawah ini :

cls @ECHO OFF title Folder Private if EXIST “HTG Locker” goto UNLOCK if NOT EXIST Private goto MDLOCKER :CONFIRM echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N) set/p “cho=>” if %cho%==Y goto LOCK if %cho%==y goto LOCK if %cho%==n goto END if %cho%==N goto END echo Invalid choice. goto CONFIRM :LOCK ren Private “HTG Locker” attrib +h +s “HTG Locker” echo Folder locked goto End :UNLOCK echo Enter password to unlock folder set/p “pass=>” if NOT %pass%== PASSWORD_DISINI goto FAIL attrib -h -s “HTG Locker” ren “HTG Locker” Private echo Folder Unlocked successfully goto End :FAIL echo Invalid password goto end :MDLOCKER md Private echo Private created successfully goto End :End

pada bagian PASSWORD_DISINI silahkan masukan password yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Masukan text dan isi password
Masukan text dan isi password
  • Silahkan berikan nama file locker dengan ekstensi .bat , jika Windows yang Anda gunakan tidak tersedia bisa langsung saja Anda rubah .txt menjadi .bat. Jika sudah silahkan Save as untuk melanjutkan.

    Simpan file dengan ekstensi .bat
    Simpan file dengan ekstensi .bat

  • Silahkan hapus file New Text Document lalu klik dua kali pada file locker, secara otomatis akan muncul folder Private.
  • Jika sudah selesai silahkan Anda menjalankan file locker, akan muncul dialog box warna hitam silahkan tekan “Y” lalu enter dan folder private pun akan hilang.
  • Untuk cara mengakses kembali silahkan klik pada file locker kemudian masukan password yang sudah Anda buat sebelumnya.

Nah bagaimana mudah bukan caranya? Silahkan Anda pilih salah satu dari tiga cara tersebut yang paling mudah. Rekomendasi dari kami lebih baik menggunakan WinRAR saja, karena pada setiap laptop biasanya tersedia aplikasi WinRAR. Demikian pembahasan mengenai cara mengunci folder laptop dan komputer dengan aman.

Perlu Anda ketahui bahwa Qwords sekarang ini menjadi salah satu penyedia layanan hosting domain terbaik di Indonesia yang selalu memberikan pelayanan terbaiknya kepada para konsumennya. Salah satu caranya dengan memberikan informasi-informasi menarik seperti artikel cara mengamankan folder seperti ini. Untuk Anda yang membutuhkan layanan domain  murah dan hosting untuk keperluan website langsung saja pesan di website Qwords.com.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *