Sedang tekun mempelajari Google Adwords? Maka Anda perlu menguasai cara menggunakan Keyword Planner yang menjadi bagian penting dari platform iklan online besutan Google tersebut. Fungsi dari keyword planner sendiri untuk membantu mengoptimalkan proses pemasangan iklan, sehingga lebih mudah mendapatkan tayangan, klik guna mendongkrak closing atau penjualan. Langkah pertama yakni Anda perlu mengenal keyword planner dan tata cara penggunaannya agar iklan semakin efektif. Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa Itu Google Keyword Planner?

Cara Menggunakan Keyword Planner Secara Mudah dan Tepat
Cara Menggunakan Keyword Planner Secara Mudah dan Tepat

Google Keyword Planner tools merupakan sebuah produk dari Google yang membantu kegiatan mencari kata kunci yang tepat. Kata kunci ini sendiri digunakan untuk memasang iklan supaya cepat tayang dan mendapatkan klik dari pengguna internet. Keyword planner akan membantu melihat kata kunci mana saja yang banyak digunakan pengguna internet.

Tidak hanya sampai disitu, tools satu ini juga memberi informasi mengenai tingkat persaingannya. Jika kata kunci digunakan oleh banyak pebisnis online untuk beriklan di Google Adwords maka status persaingannya akan tertulis ketat.

Persaingan kata kunci yang terlalu ketat memaksa Anda untuk meningkatkan nilai biaya iklan alias biaya per klik dari iklan yang dinaikan. Tujuannya tentu saja untuk memastikan iklan tidak kalah saing dan ditempatkan oleh Google di halaman pertama.

Namun Adword Keyword Planner ini tidak melulu hanya bisa digunakan untuk mencari kata kunci dengan tujuan beriklan saja. Namun bisa pula dimanfaatkan secara gratis untuk mencari kata kunci ideal yang akan diterapkan pada website. Yakni mendapatkan rekomendasi daftar kata kunci untuk dijadikan konten maupun dimasukan ke dalam konten.

 

Cara Menggunakan Keyword Planner

 

Jika sudah mengetahui definisi dari tools pencari kata kunci ini, maka langkah selanjutnya bisa mempelajari cara menggunakannya. Berikut adalah penjelasan detail mengenai cara menggunakan keyword planner yang bisa disimak:

Baca juga: Cara Riset Keyword Untuk Mencari Ide Konten Blog

1.Masuk ke Akun Google Ads

Google Adwords
Google Adwords

Fitur Google Keyword Planner hanya bisa diakses jika login ke akun Google Adwords, jadi pastikan Anda sudah membuat akun. Pembuatan akun gratis dan sudah bisa memanfaatkan fasilitas Google Keyword Planner free kapan saja dan dimana saja. Biaya baru akan dikeluarkan jika menaikan iklan melalui Google Adwords tadi.

Setelah berhasil masuk maka bisa langsung mencari menu Keyword Planner, yakni dengan menekan menu fitur yang bergambar obeng di bagian kanan atas. Nantinya akan muncul beberapa menu yang berhubungan dengan kata kunci atau keyword. Silahkan mencari menu Keyword Planner.

 

2.Buka Fitur Google Keyword Planner

Setelah berhasil membuka menu Keyword Planner, maka langkah selanjutnya dalam cara menggunakan Keyword Planner adalah menentukan fitur sesuai kebutuhan. Dalam Keyword Planner tersedia dua pilihan fitur utama dengan hasil pencarian yang berbeda. Yakni:

Find Keyword

Sesuai dengan namanya, fitur satu ini bisa digunakan untuk membantu menemukan kata kunci yang sesuai. Yakni disesuaikan dengan jenis dari barang ataupun jasa yang disediakan usaha Anda. Misalnya saja Anda ingin mencari kata kunci baju muslim, maka tinggal mengetik kata tersebut di kolom pencarian.

Selang beberapa detik Keyword Planner akan menampilkan daftar hasil pencarian kata kunci yang sesuai. Lengkap dengan volume pencarian dalam sebulan, tingkat kompetisi, dan biaya per klik tertinggi dan terendah yang digunakan oleh kompetitor yang memasang iklan dengan kata kunci tersebut.

Get Search Volume and Forecast

Pilihan fitur kedua adalah Get Search Volume and Forecast akan membantu Anda mendapatkan perkiraan biaya jika memasang iklan memakai kata kunci hasil pencarian. Menggunakan fitur ini akan membantu mengetahui perkiraan biaya klik, impresi, dan juga CTR atau Click Through Rate.

Namun biaya yang tercantum dari hasil pencarian masih berupa estimasi, Anda memiliki kebebasan untuk menentukan biaya klik. Sehingga dari hasil perkiraan Anda bisa menentukan apakah ingin menghemat budget iklan atau ingin sebaliknya.

Dari dua fitur ini, silahkan memilih yang sesuai kebutuhan. Menggunakannya tidak dipungut biaya karena sifatnya masih gratis. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk mencari kata kunci utama yang akan dioptimasi ke website tanpa harus memakainya untuk beriklan.

 

3. Ketik Kata yang Berhubungan dengan Bisnis Anda

Setelah memilih fitur mana yang akan digunakan, maka langkah berikutnya adalah mengetik kata kunci di kolom yang disediakan. Anda bisa mengetik kata yang berhubungan dengan produk atau jasa yang disediakan. Bisa pula dialihkan ke manfaat dari produk yang disediakan untuk menemukan rekomendasi kata kunci yang lebih kompleks.

Nantinya akan muncul daftar rekomendasi, dan bisa jadi jumlahnya mencapai ratusan bahkan ribuan. Dalam cara menggunakan Keyword Planner Anda bisa memilih kata kunci paling ideal dengan memperhatikan volume pencarian dan tingkat kompetisinya.

Baca juga: Cara Buat Blog Tetap Ramai Pengunjung Meski Jarang Update

Secara umum dalam menentukan kata kunci Anda bisa memilih yang tingkat kompetisinya rendah namun volume pencariannya tinggi. Sehingga saat memasang iklan besar kemungkinan Google akan menempatkan iklan Anda di halaman depan. Sekalipun mengatur biaya klik yang tidak begitu besar, sebab persaingannya rendah.

 

Penutup

 

Secara umum, cara menggunakan Keyword Planner sebenarnya tidaklah sulit, dan jika dimanfaatkan dengan benar maka Anda bisa mengoptimalkan iklan website untuk mendatangkan banyak pengguna. Jadi, silahkan mencermati kembali penjelasan mengenai cara menggunakan Keyword Planner di atas agar tidak salah langkah.

Terlepas dari itu, jangan lupa juga untuk menggunakan sertifikat SSL premium agar website atau blog Anda menjadi lebih aman ketika digunakan untuk menerima transaksi dari konsumen.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *