Dewasa ini, sudah banyak bentuk-bentuk dokumen digital yang beralih dari Word ke PDF untuk keperluan penting seperti pelamaran kerja salah satunya. Banyaknya dokumen yang diekspor dalam bentuk PDF terpisah membuat pengguna harus tahu bagaimana cara menggabungkan file PDF dengan mudah.

Di artikel ini Anda akan diberitahu bagaimana cara menggabungkan PDF dengan menggunakan beberapa tools yang tersebar di Internet, baik online maupun offline. Berikut ulasan lengkapnya!

 

Cara Menggabungkan File PDF

Cara Menggabungkan File PDF Online dan Offline
Cara Menggabungkan File PDF Online dan Offline

Anda bisa menggabungkan PDF dengan mengunjungi beberapa situs yang ada di Internet, seperti situs yang akan di bahas kali ini.

1.ILovePDF

ILovePDF merupakan situs yang dibuat di Indonesia yang sering digunakan oleh calon pekerja maupun mahasiswa untuk mengerjakan dokumen PDFnya.

Selain untuk menggabungkan PDF menjadi satu, situs ini juga dapat Anda pakai untuk konversi PDF ke format lain seperti word, JPG, PPT, dsb.

Lalu dokumen PDF Anda juga dapat dikompres melalui situs ini. Untuk menggabungkan PDF, Anda hanya perlu mengunjungi situsnya dan langsung klik bagian “Pilih File PDF”.

Cari beberapa dokumen yang ingin Anda gabungkan dan pilih. Proses unggah akan dimulai, tunggu beberapa saat dan jangan beralih ke situs lain. Ketika selesai, Anda akan diminta untuk mengunduh file dokumen yang sudah digabungkan.

2.Smallpdf

Smallpdf menawarkan fitur kompresi dan gabung file PDF dengan sangat cepat dan aman. Terlebih lagi, smallpdf juga memiliki extension yang membuat penggabungan file semakin mudah menggunakan peramban Chrome.

Menggabungkan PDF di situs ini cukup mudah, Anda hanya perlu memilih dokumen yang ingin digabung “Choose files” atau bisa dengan drag file Anda. Selanjutnya, tunggu beberapa saat sampai proses unggah selesai. Ukuran dokumen dan kecepatan internet menentukan lamanya proses unggah.

Baca juga: 9 Cara Merubah PDF Ke Excel Secara Online & Offline

Jika sudah selesai Anda perlu mengklik “Merge PDF” di bagian kanan bawah, maka proses penggabungan akan dimulai. Kalau sudah Anda bisa langsung mengunduhnya kembali atau juga bisa langsung mengirimnya lewat email atau link.

3.PDF Joiner

Terakhir ada PDF Joiner, situs ini terbilang amat simpel dan sederhana dengan hanya ada layanan kompresi serta gabung file PDF. Menariknya, Anda dapat mengkombinasikan file PDF mencapai 20 file, bahkan juga dapat dikombinasikan dengan gambar.

Cara menggabungkan pdf di sini cukup mudah, hanya dengan memilih unggah file atau dengan menyeret file ke dalam kotak biru. Kemudian tunggu proses unggah selesai, setelah itu unduh kembali dengan memilih kotak “Gabungkan File”.

 

Cara Menggabungkan File PDF Offline

File PDF
File PDF

Kalau di atas tadi adalah cara menggabungkan file pdf yang terpisah dengan bantuan situs online. Kali ini hanya membutuhkan software khusus yang tersedia untuk Windows maupun Android.

 

1.Adobe Reader

Salah satu software pendukung untuk mengatur, membuat dan melihat file dalam format PDF, Adobe Reader dapat Anda gunakan untuk mengkombinasikan file Anda. Ikuti langkah berikut ini:

  • Install Adobe Reader dan buka softwarenya
  • Kemudian, masuk ke menu Tools dan pilih Combine Files
  • Klik Add Files dan cari file yang ingin Anda gabung
  • Langkah selanjutnya, pilih Combine untuk menggabungkan
  • File PDF telah digabung, Anda hanya perlu menyimpannya dengan pilih menu File > Save As

 

2.Foxit Reader

Salah satu tools buatan Foxit yang dibuat untuk keperluan edit, pengaturan dan pembuatan dokumen digital dalam bentuk Portable Document Format. Selain Adobe Reader, software ini ternyata juga bisa menggabungkan file PDF yang terpisah. Berikut caranya:

  • Buka Foxit Reader dan pilih File > Create > From Multiple Files
  • Pada bagian bawah windows, centang Merge multiple files into a single PDF file
  • Tambahkan file dengan klik Add File
  • Atur dokumen Anda sesuai urutan yang Anda inginkan, setelah itu pilih Convert
  • Cari atau buat folder di mana Anda ingin menyimpan dokumen tersebut

 

3. Combine PDF

Kalau sebelumnya adalah tools untuk pengguna Windows, maka Combine PDF diperuntukan untuk pengguna Android. Combine PDF cukup populer dan ratingnya juga mencapai 4.5. Berikut cara penggunaanya:

  • Unduh aplikasi di Play Store dan buka, pada halaman pertama pilih bagian Select PDF
  • Tampilan akan beralih ke halaman dokumen, pilih beberapa file yang ingin Anda gabung dan tekan tanda centang di pojok kanan atas.
  • File berhasil digabung, beri nama baru untuk file Anda dan tekan Ok
  • Anda bisa langsung menyimpannya atau bisa membagikannya ke rekan kerja atau teman Anda.

Baca juga: Cara Membuka File PDF yang Terkunci

 

4.Xodo PDF Reader & Editor

Aplikasi ini lebih lengkap fiturnya untuk menjalankan format dokumen PDF di Android. Anda bisa membaca, mengedit, memberi TTD dan pastinya menyatukan beberapa file PDF menjadi satu. Untuk caranya, simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Pilih tombol + di bawah kanan layar
  • Klik PDF From Document untuk menambahkan file-file
  • Kemudian, cari file dan pilih beberapa di antaranya yang ingin disatukan dan klik Merge
  • Jika sudah, beri nama baru untuk file Anda dan pilih Merge
  • Pilih lokasi penyimpanan untuk menyimpan file PDF Anda

 

Penutup

 

Itulah beberapa cara menggabungkan file PDF yang bisa sahabat Qwords lakukan dengan mudah dan cepat, baik di komputer maupun di smartphone. Hanya tinggal pilihan Anda saja, mau dilakukan secara online atau offline.

Jika dilakukan secara online, jangan lupa untuk menggunakan jaringan VPN (Virtual Private Network) agar koneksi internet semakin lancar dan stabil. Selain itu, akses VPN juga memiliki fungsi yang sangat beragam, di antaranya seperti mempercepat proses download, membuka situs yang diblokir oleh pemerintah Indonesia, serta meminimalisir adanya potensi pencurian data melalui malware yang disusupkan kedalam browser yang kita gunakan.

Bagaimana menurut sahabat Qwords?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *