Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik

3 min read

Cara Mengelola Keuangan

Mengelola keuangan memang gampang-gampang susah apalagi di saat pandemi corona seperti saat ini. Jika tidak pandai menyusun dan mengelola keuangan. Anda akan kewalahan. Simak ulasan berikut untuk mengetahui secara lebih jelas bagaimana cara mengelola keuangan yang benar dan tepat.

Cara Mengelola Keuangan

Sejak virus corona yang mewabah hampir ke seluruh dunia, memang sangat berdampak pada perekonomian. Banyaknya tenaga kerja yang dirumahkan atau adanya pemotongan gaji merupakan dampak dari pandemi corona atau covid-19 yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Anda harus bisa mengatur ulang manajemen keuangan pribadi dan keluarga agar tetap stabil.

Cara Mengelola Keuangan
Cara Mengelola Keuangan

Tidak hanya karyawan saja, bagi Anda yang menjalankan bisnis kecil atau UMKM juga akan merasakan dampak negatif dari pandemi ini. Dengan diberlakukannya physical distancing dan social distancing, penghasilan yang didapat akan menurun drastis bahkan tak sedikit yang akhirnya gulung tikar. Ada beberapa cara mengelola keuangan yang bisa Anda lakukan yaitu sebagai berikut.

  1.   Melakukan Evaluasi Sumber Penghasilan Saat Ini

Bagi Anda yang memiliki penghasilan bulanan tanpa ada pemotongan gaji mungkin tidak merasa khawatir menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi kedepannya. Namun, bagi Anda yang mengalami pemotongan gaji atau penurunan pendapatan, Anda harus segera memutar otak dan mengevaluasi sumber penghasilan saat ini untuk mencegah kemungkinan terburuk.

  1.   Kurangi Kebiasaan Membeli Barang yang Tidak Terlalu Dibutuhkan dan Sistem Cicil

Di situasi seperti saat ini, kurangi kebiasaan membeli barang yang tidak terlalu penting, seperti handphone atau barang-barang branded yang mahal. Hindari pembelian dengan sistem cicilan yang berbunga untuk menghemat pengeluaran. Simpan kartu kredit Anda dan gunakan untuk hal-hal yang bersifat pokok, seperti pembelian kebutuhan sehari-hari saja.

Jika biasanya Anda membeli kebutuhan peralatan mandi hingga ratusan ribu, Anda bisa mengurangi barang-barang yang dirasa tidak terlalu penting. Anda bisa menyisihkannya untuk untuk ditabung atau dana darurat, sehingga ketika ada kebutuhan mendadak, Anda sudah tidak akan kelabakan lagi.

  1.   Cari Sumber Penghasilan Tambahan

Bagi Anda yang menjadi karyawan di sebuah perusahaan atau pabrik, mencari sumber penghasilan tambahan lainnya adalah solusi yang tepat. Hal ini bertujuan untuk menghadapi pemotongan gaji atau bahkan risiko terkena PHK. Anda bisa memanfaatkan berbagai peluang usaha, misalnya dengan berjualan makanan cepat saji, snack, atau frozen food secara online untuk menambah pendapatan.

  1.   Berhemat dan Sisihkan Uang untuk Investasi

Bagi Anda yang tidak mengalami pemotongan gaji, bukan berarti Anda bisa boros. Anda tetap harus berhemat dan menyisihkan sebagian pendapatan untuk investasi. Anda bisa mencoba investasi emas batangan atau antam online atau membuka tabungan berjangka sesuai kebutuhan.

Tips Berhemat

Tips Menabung
Tips Menabung

Agar Anda bisa berhemat selama pandemi corona, berikut ini merupakan tips yang bisa Anda coba dan lakukan.

  • Cermat dalam membelanjakan gaji dengan memprioritaskan kebutuhan pokok, seperti bahan makanan.
  • Periksa tunjangan perusahaan selama bekerja dari rumah atau work from home, seperti tunjangan kesehatan atau uang lembur yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan selama pandemi covid-19.
  • Jangan lupa untuk menabung dan sisihkan sebagian penghasilan untuk dana darurat untuk mengantisipasi kebutuhan di luar dugaan atau mendadak.
  • Hindari sikap suka membuang makanan yaitu membeli bahan makanan dengan cermat, menggunakan takaran memasak yang pas, dan jangan lupa periksa tanggal kadaluarsa produk makanan yang dibeli agar tidak terbuang sia-sia.
  • Manfaatkan cashback dan diskon yang ditawarkan oleh sejumlah marketplace atau aplikasi penyedia jasa. Dengan begitu, Anda bisa lebih hemat dan menekan biaya pengeluaran untuk berbelanja.
  • Bayaran tagihan listrik, air, dan lain-lain secara tepat waktu untuk menghindari denda atau bunga yang bisa membebani Anda.

Baca juga : Memulai Bisnis Dropship Tanpa Modal

Ide Usaha Online Kekinian

Menambah income
Menambah income

Mencari sumber penghasilan lain juga sangat disarankan untuk menghadapi situasi ekonomi selama pandemi corona. Berikut ini ide usaha online kekinian dengan keuntungan yang menjanjikan.

  1.   Online Shop

Di era serba digital seperti saat ini, banyak orang yang membuka toko secara online. Usaha online yang satu ini juga tidak memerlukan modal terlalu besar. Jika Anda tidak ingin mengeluarkan modal, Anda bisa memulainya dengan menjadi dropshipper terlebih dahulu. Anda cukup memasang foto produk dan mempromosikannya pada calon pembeli.

Banyaknya pelaku usaha online juga menuntut Anda untuk pintar-pintar menyusun strategi promosi dan cara mengelola keuangan bisnis yang benar agar bisnis online yang Anda tekuni dapat terus berkembang. Anda bisa mencoba berjualan baju, sepatu, atau makanan ringan secara online ataupun offline.

Untuk Anda yang membutuhkan layanan hosting, kami memiliki rekomendasi hosting WordPress murah dari Qwords. Dengan harga mulai dari 50.000/bulan Anda sudah bisa memiliki hosting untuk online shop Anda sendiri.

  1.   Usaha Catering Online

Bagi Anda yang tinggal di kota besar, Anda bisa mencoba peluang usaha yang satu ini. Di tahun 2020 ini, usaha catering merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan dan menjadi solusi bagi para pekerja kantoran untuk memudahkan mereka mendapatkan menu makan siang lezat dan sehat tanpa repot keluar kantor.

Baca juga : Rekomendasi Ide Bisnis Rumahan

  1.   Penulis Online

Bagi Anda yang gemar dan memiliki keahlian menulis, Anda bisa menjadikannya sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Anda bisa menjadi penulis online paruh waktu atau full time tanpa modal sepeserpun dan pekerjaan ini bisa dilakukan di manapun.

Cara mengelola keuangan seperti yang sudah dijelaskan di atas dapat Anda coba terapkan. Jangan lupa juga untuk menerapkan tips berhemat selama pandemi corona agar keuangan Anda tetap stabil.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *